Menu
cerpen tentang sekolah
Reading and Writing

Cerita Tentang Sekolahmu Yuk! Pakai Tema Cerpen Menarik Ini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.17

Siapa yang kalau dapat tugas mengarang cerpen dalam Bahasa Inggris selalu bingung harus menulis tentang apa? Kamu beruntung karena kamu menemukan artikel yang tepat!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kalau sudah kembali ke sekolah, artinya ada tugas yang menunggu. Ada satu tugas yang selalu ada di kelas berapapun kamu. Yup, apa lagi kalau bukan tugas mengarang? Tugas ini umumnya adalah tugas mata pelajaran bahasa seperti mata pelajaran Bahasa Inggris. Kalau kamu sering bingung mengerjakan tugas cerpen Bahasa Inggris, I got your back! Kali ini, Tom mau bagikan beberapa tema yang bisa kamu pakai saat membuat cerpen Bahasa Inggris tentang sekolah.

Tema Cerpen 1: Suasana Sekolah

Tema pertama yang bisa kamu pakai yaitu menceritakan tentang suasana sekolah. Kamu bisa menjelaskan ada apa saja di sekolah, apa yang menarik dari sekolahmu, atau bahkan tentang tradisi yang selalu dilakukan di sekolah.

Contoh karangan tentang suasana sekolah:

My school is very wide. It has a large garden with trees all around it so the air is always cool. Apart from the garden, we also have a multi-purpose field where we carry out ceremonies, sports, and many other activities.

In addition to the garden, my school has a comfortable library. There is a large collection of books ranging from textbooks, literary works to general knowledge books. I feel comfortable being at school.

Artinya:

Sekolahku sangat luas. Ia mempunyai taman yang luas dengan pohon-pohon di sekelilingnya sehingga udara selalu sejuk. Selain taman, kami juga punya lapangan serbaguna tempat kami melakukan upacara, olahraga dan banyak kegiatan lainnya.

Selain taman, sekolahku punya perpustakaan yang nyaman. Ada banyak koleksi buku mulai dari buku pelajaran, karya sastra hingga buku pengetahuan umum. Aku merasa nyaman berada di sekolah.

Tema 2: Suasana Kelas

Salah satu tema yang paling mudah ditulis adalah kalau kamu menulis cerpen Bahasa Inggris tentang suasana kelas. Ya, tempat yang kamu singgahi hampir setiap hari. Pasti banyak cerita yang bisa kamu sampaikan lewat tulisan.

Contoh karangan tentang suasana kelas:

My class is a very fun learning place. In class, we have a creative corner to display our friends' best work. There are paintings, sketches, and don't forget our photos. In front of the class, we have a small garden planted with several types of flowers such as roses, jasmine, and bougainvillea. We always take turns watering the plants every day.

My class is not only a place to study but also a place for me and my friends to let out our creativity and have fun.

Artinya:

Kelasku adalah tempat belajar yang sangat menyenangkan. Di kelas, kami punya sudut kreatif untuk memajang hasil karya terbaik teman-teman. Ada lukisan, sketsa, dan tidak lupa foto-foto kami. Di depan kelas, kami punya taman kecil yang ditanami beberapa jenis bunga seperti mawar, melati, dan bugenvil. Kami selalu bergantian menyirami tanaman tersebut setiap hari.

Kelasku bukan hanya tempat untuk belajar, tetapi juga tempat aku dan teman-teman mengeluarkan kreativitas dan bersenang-senang.

Tema 3: Tempat Favorit

Apakah kamu dan teman-temanmu punya tempat favorit di sekolah? Kantin? Kelas? Laboratorium? Perpustakaan? Atau taman? Tempat favoritmu bisa jadi sumber inspirasimu menemukan judul cerpen yang menarik! Seperti contoh cerpen Bahasa Inggris di bawah ini!

Contoh karangan tentang tempat favorit di sekolah:

There are many interesting places in my school. But my favourite place is the library. I go there almost every day. I think the library is the most comfortable place in school. There are tables that can be used for doing assignments. If you want to relax while reading a novel, there is a relaxing corner with bouncy beanbags. The collection of books owned by the school library is very diverse, ranging from books for developing academic skills to developing hobbies. There is a librarian who is friendly and ready to help when you need something.

Artinya:

Ada banyak tempat yang menarik di sekolahku. Tapi tempat favoritku adalah perpustakaan. Aku pergi ke sana hamper setiap hari. Menurutku perpustakaan adalah tempat paling nyaman di sekolah. Ada meja-meja yang bisa digunakan untuk tempat mengerjakan tugas. Kalau ingin bersantai sambal membaca novel, ada sudut santai dengan beanbag yang empuk. Koleksi buku yang dimiliki perpustakaan sekolah sangat beragam mulai dari buku untuk mengembangkan kemampuan akademik, sampai untuk pengembangan hobi. Ada pustakawan yang ramah dan siap sedia membantu saat kamu membutuhkan sesuatu.

Itu tadi beberapa contoh karangan cerpen Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan inspirasi. Sekarang giliran kamu membuat cerita tentang sekolah versi kamu ya! Tom penasaran deh cerpen Bahasa Inggris seperti apa yang akan kamu buat.

Dari beberapa contoh dialog Bahasa Inggris di atas, apakah kamu jadi punya ide untuk memulai percakapan Bahasa Inggris di kelas?

Jangan takut untuk terus berlatih ya, agar bisa jadi Np. 1! Kamu juga bisa lebih sering latihan percakapan Bahasa Inggris kalau kursus di EF. Ada guru-guru yang selalu supportif membantumu berhasil. Yuk segera daftar agar kamu bisa nikmati promo diskon khusus!

See you at the class!