Menu
membantu anak belajar bahasa inggris
Education Advice

Cerita Membantu Anak dalam Belajar Bahasa Inggris

parenting tipstips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.05.05
Cerita dan Dongeng Dalam Bahasa Inggris Membantu Cara Belajar Anak

Saat ini, bahasa Inggris sudah dipelajari dari sejak anak masih berusia dini. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan bahasa Inggris anak saat ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Kondisi ini, dipengaruhi oleh era globalisasi yang mewajibkan masyarakat untuk mampu menguasai bahasa asing. Dan karena bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di kancah internasional, sehingga banyak yang lebih tertarik mempelajari bahasa ini dibanding dengan bahasa lainnya.

Agar kemampuan bahasa Inggris anak dapat berkembang dengan baik, tentunya akan dibutuhkan peran aktif orang tua juga.

Setidaknya, orang tua bisa membantu anak untuk mengulang kembali materi belajar bahasa Inggris anak SD yang sudah dipelajarinya di sekolah. Misalnya dengan bertanya tentang apa yang dipelajarinya di sekolah, namun mintalah anak untuk menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, orang tua juga bisa menanyakan tentang apapun mengenai kegiatan anak di Sekolah. Mintalah anak untuk menceritakannya, juga dalam bahasa Inggris.

Pada saat anak menjawab pertanyaan orangtua, atau menceritakan suatu hal pada orang tua dengan bahasa Inggris, biarkan anak menjawab dengan caranya sendiri. Jangan buru-buru mengoreksinya ketika terdapat kesalahan, kecuali jika kesalahan ini membuat kita tidak mengerti maksud dari cerita anak. Setelah anak selesai bercerita, barulah ajak anak untuk mereview ulang, dan perbaiki kesalahan yang dilakukan oleh anak. Saat melakukan hal ini, jangan pernah menunjukkan rasa kecewa atau merendahkan anak, karena akan membuat rasa percaya diri anak hilang. Tetaplah berikan semangat meskipun anak banyak melakukan kesalahan, dan katakan bahwa ia telah melakukannya dengan cukup baik. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan grammar anak, dan kepercayaan diri anak.

Selain melatih bahasa Inggris anak dengan cerita dari anak, orang tua juga bisa melatihnya dengan cerita dari orang tua sendiri. Misalnya, ceritakan tentang sebuah kisah yang disukai anak dengan menggunakan bahasa Inggris. Gunakan gesture tubuh untuk membantu anak memahami isi cerita. Ketika anak tidak mengerti kata yang diucapkan orang tua, maka cobalah untuk menjelaskan arti kata tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini, secara tidak langsung akan menambah jumlah kosakata yang dikuasai oleh anak.

Perlu orang tua ketahui, belajar bahasa Inggris bisa dengan mudahnya dan cepat. Penasaran? Anda bisa mengisi nomor pada kolom dibawah dan dapatkan caranya!

Beli Kursus, Bisa Gratis Kursus?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF dengan potongan harga khusus* dan kesempatan mendapatkan program gratis*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben