Menu
asal usul surabaya

Cerita Asal Usul Kota Surabaya Dongeng Bahasa Inggris

english storiesfolkloredongengdongeng bahasa inggris
2020.06.02

Apa kamu mengetahui asal-usul dari nama kota Surabaya? Ada satu dongeng yang menceritakan tentang asal mula kota di Jawa Timur ini, loh! Kita juga dapat mengambil pelajaran dari cerita rakyat asal Surabaya ini, di antaranya adalah untuk tidak melanggar janji yang sudah dibuat. Selain mendapat pesan berharga, kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui EFolklore.

Kamu juga bisa menonton video-nya dengan meng-klik gambar di bawah ini:

Dalam animasi berbahasa Inggris di atas, terdapat penggunaan kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Apa itu kalimat pasif? Simak pada penjelasan berikut:

Dalam bahasa Inggris, ada kalimat yang disebut active voice dan kalimat passive voice. Active voice adalah kalimat yang subject (subyek) nya melakukan kegiatan atau tindakan. Sedangkan passive voice adalah kebalikannya. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjectnya dikenai kegiatan atau tindakan.

Di bahasa Indonesia, kalimat pasif dibentuk dengan menambahkan di- atau ter- di kata kerja (verb) contohnya: Kulkas sudah diperbaiki oleh pak Amat. Nah, bagaimana membuat kalimat pasif dalam bahasa Inggris? Simak pembahasan berikut ini yaa.

Kalimat pasif terbentuk dari auxiliary verb dan verb 3. Auxiliary verb terdiri dari is, am, are, was, dan were.

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

EFriends bisa menebak ada berapa jumlah kalimat pasif yang ada di dalam cerita ini? Jawabannya ada 6 kalimat. Apa saja kalimat tersebut? Yuk kita bahas bersama.

  • He was the ruler of the river and a predator who was feared by all the animals in the forest near the river. (Dia adalah penguasa sungai dan predator yang ditakuti oleh seluruh binatang di hutan dekat sungai.)

  • Finally, a fight could not be avoided, and the fight began. (Akhirnya, pertarungan tidak bisa dihindari dan pertarungan dimulai.)

  • For days, all of the animals in the forest were disturbed by the fight. (Selama berhari-hari, semua binatang di hutan terganggu oleh pertarungan tersebut.)

  • The deer was placed on the edge of the river, then Baya hid. (Rusa tersebut diletakkan di pinggir sungai, kemudian Baya bersembunyi.)

  • Okay, then our agreement is cancelled.” (Baiklah, kalau begitu perjanjian kita dibatalkan.)

  • Finally, Baya attacked Sura, a fight couldn’t be prevented. (Akhirnya, Baya menyerang Sura, pertarungan tidak bisa dihindarkan.)

Sekarang kamu sudah paham tentang kalimat pasif kaan. Selain mengetahui cerita daerah Indonesia, EFriends juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui EFolklore. Penasaran EFolklore dari daerah lain? Jangan lupa subscribe EF YouTube channel agar EFriends selalu mendapat update terbaru dari video-video EF lainnya.