Menu
rekomendasi lagu barat
Listening and Speaking

Cek Rekomendasi Lagu Barat 2022 untuk Anak dan Remaja

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.02

Tahukah kamu bahwa dengan mendengarkan lagu bisa membuat kemampuan bahasa Inggris kita bertambah? Belajar bahasa Inggris lewat lagu merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh guru-guru untuk melatih kemampuan listening siswanya. 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Belajar bahasa Inggris lewat lagu merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Hanya dengan mendengarkan lagu kamu bisa mendapatkan kosakata atau vocabulary baru, melatih kemampuan listening, bahkan bisa melatih kemampuan speaking dan reading bahasa Inggris kamu, loh. 

Sebelum memberikan rekomendasi lagu barat untuk kamu belajar bahasa Inggris, Tom akan memberikan sedikit tips belajar bahasa Inggris dengan lagu. 

  • Gunakan headphone/earphone untuk memperjelas pengucapan lirik lagu yang dinyanyikan. Hal ini bisa untuk mengetahui bagaimana kata-kata pada setiap lirik dieja. 

  • Bacalah lirik lagu tersebut agar kamu mengetahui kata-kata apa saja yang baru saja dinyanyikan oleh penyanyi. Hal ini bisa untuk melatih kemampuan membaca bahasa Inggris-Mu dan juga menambah kosakata atau vocabulary baru. 

  • Untuk melatih kemampuan speaking, kamu bisa mencoba untuk ikut bernyanyi sambil mendengarkan lagu yang kamu sukai. 

  • Jika kamu menemukan lirik yang menurutmu sulit, ulangi terus lirik tersebut dan dengarkan kembali bagaimana cara pengucapan yang benar. 

  • Buatlah catatan jika kamu menemukan kosakata atau vocabulary baru.  

  • Setelah membuat catatan, cobalah untuk membuat kalimat sederhana dari kosakata atau vocabulary tersebut. 

Nah, setelah tahu tips belajar bahasa Inggris lewat lagu seperti di atas, tandanya kamu sudah siap untuk belajar bahasa Inggris lewat lagu. Tom akan memberikan kamu beberapa rekomendasi lagu bahasa Inggris yang mudah untuk kamu belajar bahasa Inggris. 

Let's check it out!

1. For the First Time in Forever - Kristen Bell and Idina Menzel (ost Disney Frozen)

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan film Disney satu ini? Yap, Disney Frozen. Salah satu ost yang dinyanyikan adalah "For the First Time in Forever", lagu ini cukup mudah untuk dimengerti karena bahasa yang digunakan merupakan kosakata yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang.

2. Easy On Me - Adele

Lagu "Easy on me - Adele" merupakan salah satu lagu barat yang bagus untuk belajar bahasa Inggris, karena lagu ini merupakan lagu yang memiliki tempo tidak terlalu cepat. Dengan tempo yang lambat memudahkan kamu untuk mencerna terlebih dahulu kata-kata yang ada pada lirik lagu tersebut.

3. Say You Won't Let Go - James Arthur

Dengan lagu James Arthur yang berjudul "Say you won't let go" kamu bisa mempelajari beberapa past tense. Lirik pada lagu ini ditulis dalam bentuk kalimat lampau dan menggunakan kata kerja tak beraturan.

4. It's you - Sezairi

Lirik lagu "It's you - Sezairi" ditulis dengan kosakata yang mudah dipahami. Tempo yang digunakan juga tidak terlalu cepat. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menangkap kata-kata yang diucapkan oleh penyanyi.

5. Beauty and the Beast - Ariana Grande and John Legend (ost Beauty and the Beast)

Dengan mendengarkan lagu "Beauty and the Beast - Ariana Grande, John Legend", kamu bisa mendapatkan kosakata-kosakata baru, selain itu pengucapan penyanyi lagu ini terdengar dengan jelas dan mudah untuk ditirukan. Lirik lagu ini pun cukup mudah dimengerti karena bahasa yang digunakan tidak terlalu sulit.

Bagaimana? Apakah menurutmu menyenangkan belajar bahasa Inggris? Ada lebih banyak metode yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, loh. Simak terus artikel di EF Blog, ya!

Kalau kamu ingin mencoba berbagai metode lain untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa bergabung dengan Free Demo Class EF, loh! Kamu akan mendapatkan materi bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan dan tidak akan membuatmu bosan. Jangan khawatir, guru-guru yang mengajar merupakan guru yang profesional.

Jadi, kamu tunggu apalagi? Daftar sekarang juga yuk, sebelum kehabisan!😉