Menu
grammar mistakes
Grammar and Vocabulary

Cek Dulu, 5 Kesalahan Dasar Ketika Belajar Grammar

Ben Small Stars
Author
Ben
2023.04.26

Salah satu komponen bahasa Inggris yang seringkali ditakuti adalah grammar. Nah, tahukah kamu ternyata ketakutanmu berasal dari kesalahan ini lho. Cek yuk kesalahan apa saja yang bisa kamu hindari.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ketika ditanya apa sih materi bahasa Inggris yang kamu suka? Grammar pasti bukanlah jawaban yang terlintas pertama kali bukan?

Banyak dari mereka yang gagal ujian tes bahasa Inggris hanya karena penggunaan grammar yang salah. Tetapi jangan takut. Kalian bisa kok membuat materi yang seram menjadi menyenangkan kalau bisa menghindari kesalahan-kesalahan ini. Apa saja ya common mistakes yang wajib kamu hindari saat sedang belajar grammar? Cek di sini yuk.

Kurangnya Pemahaman "Struktur" Dalam Bahasa Inggris

Hayo jujur, siapa yang masih sering salah ketika membuat struktur tenses? pasti kita semua pernah mengalami masa-masa ini kan? Ben juga pernah, tapi hal ini bisa banget kamu hindari apabila kamu paham mengenai penggunaan strutktur bentuk tenses.

Pastikan kamu sudah hafal bentuk-bentuk tenses yang ada ya agar memudahkan kamu untuk membuat struktur kalimat yang baik dan benar.

Peletakan Tanda Baca yang Salah.

Salah satu kesalahan dasar yang sering dijumpai adalah penggunaan tanda baca. Terkadang kita suka salah menempatkan titik, koma, tanda apostrophe atau tanda kutip ketika membuat kalimat. Tahukah kamu kalau hal tersebut dapat mengurangi poin ketika ujian?

Hal tersebut bisa kamu hindari dengan rajin membaca, friends. Semakin sering kamu membaca buku, artikel bahkan pamflet sekalipun, kamu jadi lebih tahu kapan harus menggunakan tanda baca tersebut. Kamu juga bisa cek di situs EYD milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pola Kalimat yang Salah

Nah, selain bentuk tenses yang sering dijumpai, ternyata pembuatan pola kalimat juga bisa menjegalmu, lho! Terkadang kita suka terbalik-balik meletakkan verba dengan objek atau dengan bentuk kata lainnya.

Faktanya, struktur kalimat dalam bahasa Inggris hampir mirip dengan bahasa Indonesia, yaitu;

Subjek - Verba - Objek

Jadi, pastikan kamu memahami bentuk tenses dan struktur kalimat dengan benar ya friends.

Penggunaan Kosakata yang Salah

Ada yang bisa membedakan apa bedannya kata "advise" dan "advice"?

Kalau kamu bisa membedakannya, selamat! Kamu sudah menghindari salah satu kesalahan dasar yang sering banget dijumpai dalam belajar grammar.

Nah, kalau belum, berarti kamu wajib belajar lagi ya. Karena bedanya dari dua kata tersebut adalah bentuknya.

Kalau kata "advise" termasuk ke dalam kata kerja, sedangkan "advice" masuk ke dalam kategori kata benda. Salah satu trik dari Ben agar kamu bisa menggunakan kosakata sesuai dengan peruntukannya adalah....

sering-sering baca kamus. Ya, memang akan terasa membosankan sih. Tetapi dengan kecanggihan teknologi sekarang, Ben yakin banget kamu pasti bisa.

Penggunaan Pronoun

Berkaitan dengan 4 poin sebelumnya, penggunaan kata ganti orang juga ternyata memiliki pengaruh yang besar ya. Dalam bahasa Inggris kita tentu mengenal beberapa jenis kata ganti orang bukan? Mulai dari personal pronoun, hingga reflexive pronoun.

Terkadang masih sering ditemukan kesalahan ketika menggunakan kata ganti orang dalam kalimat lho.

Tips untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan memahami setiap bentuk pronoun. Bahkan dalam bentuk yang disingkat seperti "you're" yang berasal dari kata "you are" atau "it's" yang berasal dari kata "it is".

Mudah bukan? Dengan kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan seperti ini, dijamin deh, belajar grammar akan menjadi mudah dan menyenangkan.

Selain menghindari kelima hal tadi, tentunya dengan sering berkonsultasi kepada guru akan sangat membantu. Tenang saja, di EF, kamu bisa berkonsultasi dengan guru-guru yang sudah ahli banget di bidang grammar. Kamu juga akan sering diberikan latihan agar kemampuanmu makin terasah.

Selain guru yang ahli, kalian bisa melakukan peer review bersama teman-teman lho. Semua kenyamanan ini bisa banget kamu nikmati di EF

Jadi, tunggu apalagi? Yuk coba kelas gratis di EF dan rasakan sensasi belajar yang beda banget dan menyenangkan!

Ben Small Stars
Author
Ben