Menu
gunung bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Cari Tahu Perbedaan Mount, Mountain & Volcano

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.27

Apakah EFriends pernah mendengar istilah "mount", "mountain", dan "volcano"? Mungkin kalian sudah familiar dengan ketiga kata tersebut, tapi tahukah kalian bahwa ketiganya memiliki perbedaan yang menarik? Yuk, simak Tom untuk mengetahui perbedaan antara ketiga istilah tersebut!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki gunung terbanyak dan terletak pada jalur ring of fire. Tahukah kamu dalam bahasa Inggris, "mount", "mountain", dan "volcano" semuanya termasuk dalam kategori kata benda (noun). Meskipun sama-sama kata benda, penggunaan ketiga kata tersebut tidak dapat digantikan lho. Berikut perbedaannya:

food vlogger

Mount

Pertama, kata "mount" sebenarnya merupakan singkatan dari "mountain" dalam bahasa Inggris. Ketika kalian mendengar kata "Mount Everest" atau "Mount Rinjani", itu artinya kita sedang berbicara tentang gunung tertentu.

Istilah "mount" biasanya digunakan dalam nama geografis untuk merujuk pada puncak atau gunung tertinggi di suatu wilayah. Contoh penggunaannya adalah pada peta, seringkali kata "mount" disingkat menjadi "mt.", seperti "Mt. Fuji" atau "Mt. Semeru".

Contoh kalimat:

"Mount Bromo is one of the most iconic volcanoes in Indonesia, known for its stunning sunrise views."

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi paling ikonik di Indonesia, terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang memukau

Mountain

Sekarang, mari membahas tentang "mountain" atau dalam bahasa Indonesia disebut "gunung". Kata ini lebih umum digunakan untuk mengarah pada gunung yang belum memiliki nama khusus atau sekadar gunung secara umum.

Tahukah kamu? Gunung adalah formasi geografis yang memiliki ketinggian yang signifikan di atas dataran sekitarnya. Mereka bisa memiliki puncak, lereng, dan lembah yang indah. Proses terbentuknya gunung bisa melalui berbagai cara, seperti lipatan kerak bumi, aktivitas vulkanik, atau erosi.

Contoh kalimat:

"Indonesia is home to many stunning mountains, such as Mount Bromo and Mount Merapi."

Indonesia adalah rumah bagi banyak gunung yang menakjubkan, seperti Gunung Bromo dan Gunung Merapi.

Volcano

Terakhir, ada istilah "volcano" atau "gunung berapi" mengarah pada gunung yang memiliki aktivitas vulkanik. Gunung berapi adalah jenis khusus dari gunung yang terbentuk melalui letusan material vulkanik dari dalam bumi.

Mereka memiliki kawah di puncaknya yang merupakan tempat letusan material vulkanik. Letusan gunung berapi bisa menghasilkan aliran lava, abu vulkanik, gas, dan bahan lainnya. Gunung berapi bisa aktif, tidak aktif, atau punah, tergantung pada aktivitas vulkaniknya.

Contoh kalimat:

"Mount Rinjani is a majestic volcano located in Indonesia."

Gunung Rinjani adalah gunung berapi megah yang terletak di Indonesia.

Agar EFriends tidak bingung, Tom punya infografis keren yang akan membantumu lebih mudah belajar dan menguasai gunung. Yuk klik tombol di bawah ini!

Meskipun ketiga kata ini terdengar mirip, ketiga noun diatas memiliki makna dan konsep yang berbeda. Sekarang, ketika kamu mendengar kata-kata ini lagi, kamu sudah paham perbedaannya, kan?

Kalau kamu masih kesulitan mendeskripsikan sesuatu menggunakan Bahasa Inggris, Tom siap membantumu! Ada kelas gratis di EF yang bisa kamu coba, untuk melatih kemampuan bahasa inggris mu.

Yuk ikuti pengalaman belajar seru di kelas EF bersama guru-guru yang asyik!