Menu
menghafal bahasa inggris
Education Advice

Cara Mudah Menghafal Kata Bahasa Inggris

2020.04.15

Kosakata merupakan salah satu faktor penting dalam belajar bahasa, termasuk saat 🔗 belajar bahasa Inggris. Dengan banyaknya jumlah kata yang ada dalam suatu bahasa, proses menghafal kata bahasa inggris ini pun bukan sesuatu yang mudah.

Namun tenang dulu, mempelajari dan mengingat kata dalam bahasa Inggris ini bisa jadi lebih mudah, asal kita tahu trik-triknya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Asosiasikan dengan kata yang sama

Cobalah untuk mencari kata dalam bahasa Indonesia yang memiliki pelafalan yang sama dengan bahasa inggris dan membuat koneksi dari keduanya. Misalnya saja kata masuk dalam bahasa Inggris adalah "entry" yang mirip dengan kata antri. Nah, kita bisa membayangkan antrian masuk yang panjang untuk mengapal kata "entry" ini.

Selain bahasa indonesia kita juga bisa menggunakan bahasa daerah atau bahasa lainnya. Ini tentunya jadi cara yang mudah sekaligus menyengangkan untuk menghapal karena kita bisa menciptakan beragam koneksi yang lucu atau aneh.

Pahami konteks

Dalam belajar bicara bahasa inggris, kita pasti tahu setiap satu kata kadang memiliki banyak arti tergantung dari konteks kalimatnya. Misalnya saja kata "get" (dapat) yang bisa memiliki arti berbeda ketika digunakan dalam kalimat, seperti berikut :

"I got out of home at 7 o’clock, after got myself some coffee at a nearby cafe, I got in the bus and got to the office."

Pada kalimat tersebut, kata “get” memiliki banyak makna yang tidak sekedar “dapat” saja. Bila kita berusaha untuk menghapal arti dari kata "get" dari kamus, maka mungkin akan memerlukan waktu yang lama. Karenanya, selain menghapalkan arti kata, memahami maksud atau makna dari konteks juga penting.

Banyak membaca

Salah satu cara untuk bisa memahami konteks adalah dengan membaca sebanyak mungkin. Misalnya saja 🔗novel atau berita dalam bahasa Inggris. Saat membaca ini, cobalah untuk menebak apa arti kata yang kita tidak tahu, kemudian lihat kembali di kamus bahasa inggris untuk memastikan apakah tebakan tadi benar atau salah. Biasanya cara ini membuat kita lebih hapal dengan kata-kata tadi.

Latihan, latihan, dan latihan

Latihan terus menerus akan membantu kita menguasai bahasa inggris dengan lebih baik.