Menu
tanggal
Reading and Writing

Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

writing tipstips belajarcara menulis tanggal
2020.04.19

Pengucapan dan penulisan tanggal menjadi salah satu hal yang harus Anda ketahui saat πŸ”—belajar bahasa Inggris. Khususnya, jika Anda sering menulis jurnal atau berita yang mengharuskan Anda menuliskan tanggal. Dalam literature bahasa Inggris, pengucapan dan penulisan tanggal memiliki format yang jauh berbeda dengan bahasa Indonesia.

Setidaknya ada dua cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris, yang pertama adalah menuliskan hari dahulu sebelum bulan, atau menuliskan bulan terlebih dahulu sebelum hari. Anda juga bisa menggunakan tulisan, ataupun angka dengan akhiran bilangan bertingkat (st, nd, rd, atau th) dalam menuliskan format tanggal dalam bahasa Inggris. Belum lagi perbedaan format menulis tergantung referensi bahasa Inggris apa yang Anda gunakan, British atau Amerika.

Bisa dilihat contoh di bawah ini:

Selamat, Kamu Dapat Voucher dari EF!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini untuk klaim voucher diskon 10%* sampai tanggal 23 Oktober 2020. Yuk, keburu kehabisan!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

7th of August, 2013

Mari kita lihat penjelasan contoh penulisan tanggal dalam bahasa Inggris diatas. Contoh di atas menggunakan format penulisan tanggal yang dimulai dengan angka yang memiliki akhiran bilangan bertingkat yaitu 7th. Dan kemudian ditulis nama bulan menggunakan preposisi of sebelum menulis nama bulannya. Lalu dilanjutkan dengan tanda koma, dan tahun.

Cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris lainnya adalah dengan menggunakan angka, dengan bentuk yang paling umum adalah, 10/09/13 atau 10-9-13. Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris dengan cara ini. Terutama, karena bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika memiliki aturan yang berbeda.

Kita lihat langsung penjelasannya di bawah ini. Misalnya kita menggunakan contoh diatas yakni 10/09/13 atau 10-9-13. Jika kita membacanya menurut bahasa Inggris British, akan memiliki arti berbeda dengan bahasa Inggris Amerika.

Jika kita menggunakan bahasa Inggris British, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris tersebut memiliki arti 10 September 2013, karena di dalam aturan bahasa Inggris British, penulisan tanggal dimulai dengan tanggal, diikuti bulan lalu tahun.

Sementara, jika kita menggunakan bahasa Inggris Amerika, penulisan tanggal diatas akan dibaca sebagai 9 Oktober 2013. Mengapa bisa berbeda? Karena di dalam aturan bahasa Inggris Amerika, penulisan tanggal dimulai dengan bulan, tanggal lalu diikuti dengan tahun. Maka, penulisan 10/09/13, akan berarti 10 sebagai bulan 10 atau Oktober, 9 untuk tanggal 9, dan 13 sebagai tahun yaitu 2013.

Karena itu Anda harus berhati-hati dalam menuliskan tanggal, jika Anda bertujuan untuk menggunakan bahasa Inggris British, jangan sampai Anda salah menuliskkan format tanggal dalam kaidah bahasa Inggris Amerika.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, untuk menghindari kerancuan pada cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris tersebut, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Cara tersebut adalah dengan menggunakan cara lain yaitu Anda harus mengeja bulan atau dengan cara menggunakan singkatan.

Sebagai contoh, Anda bisa menuliskannya seperti contoh di bawah ini:

10 Sept 2013

The tenth of September 2013.

Atau bisa juga dengan cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris sebagai berikut.

Sept 10 2013

September the tenth 2013.

Agar tidak kebingungan menentukan singkatan apa yang tepat, dibawah ini adalah singkatan yang bisa Anda pakai untuk menuliskan nama bulan:

β€’ January menjadi Jan

β€’ February menjadi Feb

β€’ March menjadi Mar

β€’ April menjadi Apr

β€’ May menjadi May

β€’ June menjadi Jun

β€’ July menjadi Jul

β€’ August menjadi Aug

β€’ September menjadi Sep

β€’ October menjadi Oct

β€’ November menjadi Nov

β€’ Desember menjadi Dec

Selain singkatan nama bulan, masih banyak yang keliru mengenai penulisan angka bertingkat atau ordinal number. Beriku ini adalah contoh-contoh ordinal number yang bisa Anda lihat beserta cara membacanya.

β€’ 1 = 1st dibaca The first

β€’ 2 = 2nd dibaca The second

β€’ 3 = 3rd dibaca The third

β€’ 4 = 4th dibaca The fourth

β€’ 5 = 5th dibaca The fifth

β€’ 6 = 6th dibaca The sixth

β€’ 7 = 7th dibaca The seventh

β€’ 8 = 8th dibaca The eight

β€’ 9 = 9th dibaca The ninth

β€’ 10 = 10th dibaca The tenth

β€’ 11 = 11th dibaca The eleventh

β€’ 12 = 12th dibaca The twelfth

β€’ 13 = 13th dibaca The thirteenth

β€’ 14 = 14th dibaca The fourteenth

β€’ 15 = 15th dibaca The fifteenth

β€’ 16 = 16th dibaca The sixteenth

β€’ 17 = 17th dibaca The seventeenth

β€’ 18 = 18th dibaca The eighteenth

β€’ 19 = 19th dibaca The nineteenth

β€’ 20 = 20th dibaca The twentieth

β€’ 21 = 21st dibaca The twenty first

β€’ 22 = 22nd dibaca The twenty second

β€’ 23 = 23rd dibaca The twenty third

β€’ 24 = 24th dibaca The twenty fourth

β€’ 25 = 25th dibaca The twenty fifth

β€’ 26 = 26th dibaca The twenty sixth

β€’ 27 = 27th dibaca The twenty seventh

β€’ 28 = 28th dibaca The twenty eight

β€’ 29 = 29th dibaca The twenty ninth

β€’ 30 = 30th dibaca The thirtieth

Apa Anda sekarang sudah bisa menulis tanggal dalam bahasa Inggris? Ingat, untuk semakin mempertajam kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, teruslah berlatih dengan metode yang sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan Anda.

Apakah Anda tahu bahwa EF memiliki penawaran khusus untuk pembaca EF Blog yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris? Temukan lebih lanjut dengan klik tombol berikut.

Yuk, jago bahasa Inggris bersama EF!