Menu
cv bahasa inggris
Reading and Writing

Cara Menulis CV dan Lamaran dalam Bahasa Inggris

2021.08.23

Apakah kamu sudah pernah menulis Curriculum Vitae (CV)? Sebelum melamar pekerjaan atau bergabung ke organisasi tertentu, biasanya kita akan diminta untuk mengirimkan sebuah CV. Sebenarnya apa sih pentingnya memiliki CV itu?

Dalam CV adalah saat di mana kamu untuk menunjukkan skill dan kemampuan apa yang kamu miliki. Biasanya perusahaan atau organisasi akan melirik kandidat potensial yang pastinya pertama kali dilihat adalah melalui CV yang dikirimkan.

Pada persyarataan tertentu biasanya kandidat akan diminta mengirimkan CV berbahasa Inggris. Hal ini sekaligus bisa menjadi cara kamu untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Nah, jadi sudah tahu kan pentingnya menulis CV dalam bahasa Inggris?

Yuk, sekarang saatnya kamu simak bagaimana menulis CV dalam bahasa Inggris!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dalam penulisan CV dalam bahasa Inggris, kamu perlu memperhatikan dan mencantumkan hal-hal berikut:

Personal Information

Pada bagian ini, kamu harus mengisi identitas dirimu secara lengkap dan jelas. Hindari menuliskan informasi personal yang terlalu detil dan tidak terlalu penting seperti zodiac (zodiac), hobby (hobi), blood type (golongan darah), religion (agama).

  • Full name (nama lengkap)

  • Nickname (nama panggilan)

  • Address/Domicile (alamat/tempat tinggal)

  • Email (surel)

  • Phone number (nomor telepon)

Summary/Objective

Tuliskan secara singkat tentang dirimu, skill yang kamu miliki, goal atau tujuan yang ingin kamu capai, interest yang kamu miliki, dan tunjukkan alasan kenapa kamu ingin melamar pada organisasi/pekerjaan terkait.

Educational Background

Bagian ini merupakan hal penting yang harus dicantumkan di CV. Terutama jika kamu melamar dipekerjaan/organisasi yang mengharuskan kandidatnya memiliki riwayat pendidikan tertentu. Kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pendidikan yang kamu tempuh seperti TK, SD, atau SMP. Hanya tulis yang penting dan relevan saja.

  • Senior High School (SMA) atau Vocational High School (SMK)

  • University (Universitas) - Major/Faculty (Jurusan/Fakultas)

Job/Organizational Experiences

Perlu diingat jangan sampai kamu mengosongkan bagian ini. Kamu bisa mengisi dengan berbagai riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalankan atau pengalaman organisasi selama di sekolah.

Tuliskan pengalamanmu secara mendetil termasuk tahun dan apa yang kamu lakukan. Oh iya, jangan lupa juga menulis skill/kemampuan apa yang kamu kuasai supaya menambah nilai plus.

Contoh Lamaran dalam Bahasa Inggris

To whom it may concern at Photography Club,

My Name is Jane Doe. I’m writing this email in response to your candidate selection for a treasurer at your club. I would like to apply for the same.

I have strong analytical skills with excellent aptitude for numbers. Previously, I have been handling a few projects as a treasurer. Moreover, I am a very passionate photographer.

I am confident that my knowledge and skills perfectly match your requirements. Please find attached to this email my updated CV.

I hope you will consider my application and give me the opportunity to explore this role further through the recruitment process.

Thank you for your time and consideration. Have a nice day!

Kind regards,

Jane Doe.

Itu dia cara menulis CV dan lamaran dalam bahasa Inggris. Setelah kamu catat dan pelajari baik-baik, jangan lupa untuk mulai berlatih dan menyusun CV milikmu ya! Supaya ketika dibutuhkan kamu tidak kerepotan untuk membuat. Kamu juga bisa belajar dengan melihat contoh-contoh CV agar yang kamu tuliskan semakin baik.

Sebelum melamar pekerjaan menyiapkan CV memang penting. Namun, kamu juga harus mengimbangi dengan mengembangkan berbagai kemampuan lainnya untuk mempercantik CV yang kamu miliki.

Oh iya, tahukah kamu bahwa kemampuan bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang paling dilirik di CV? Kamu bisa mengasah skill bahasa Inggrismu dengan mulai berlatih bersama EF!

Tidak perlu ragu karena ada banyak materi seru yang diajarkan sehingga belajar bahasa Inggris akan terasa mudah dan menyenangkan! Yuk, coba dulu kelas demo GRATIS dengan cara tuliskan nomor teleponmu pada penawaran di halaman ini.

Sampai jumpa di kelas!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas