Menu
Cara pengucapan bahasa Inggris
Listening and Speaking

Cara Mengucapkan Chair, Chip, dan Kata Berawalan Ch dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.24

Apa kamu tahu cara benar mengucapkan chair, chip atau kata berawalan ch lainnya? Berbicara dalam bahasa Inggris seringkali menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi ketika menjumpai kata rumit yang menyebabkan kebingungan cara membacanya.

Apakah kamu tahu dalam bahasa Inggris ada yang disebut sebagai digraph consonant? Digraph consonant adalah dua atau lebih konsonan yang ketika bergabung bersama menghasilkan satu bentuk suara.

Mempelajari cara mengucapkan digraph consonant akan meningkatkan kemampuan membaca, pengucapan, dan ejaan yang kamu miliki. Untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, tentunya tidak lengkap jika belum mempelajari teknik pengucapan yang baik dan benar.

Ada banyak contoh digraph consonant dalam bahasa Inggris, kali ini kita akan membahas salah satu jenisnya yaitu penggabungan konsonan huruf “C” dan “H” menjadi “Ch”. Penasaran bagaimana cara pengucapannya? Yuk simak contoh di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pengucapan “Ch” dalam Bahasa Inggris

Sebelum masuk pada cara pengucapan kata-kata berawalan “Ch”, simak dulu bagaimana cara pelafan “Ch” pada awal kata.

Video ini bisa menjadi dasar untuk pedoman kamu belajar nantinya.  Perhatikan dan dengarkan dengan seksama, jangan lupa tirukan pengucapannya pada video berikut:

Contoh Pengucapan Chair, Chip, dan Cheek

Setelah mendengar cara mengucapkan “Ch”, sekarang saatnya kamu berlatih untuk mengucapkan kata-kata berawalan “Ch”.

Audio di bawah ini akan memberikan contoh pengucapan kata Chair (kursi), Chip (kepingan), dan Cheek (pipi). Pastikan kamu dengar baik-baik dan contoh bagaimana cara pengucapannya.

Chair

Chip

Cheek

Nah, sekarang kamu sudah mengerti bagaimana cara mengucapkan kata-kata berawalan “Ch” dalam bahasa Inggris. Ternyata mudah ‘kan untuk menirukan pengucapan yang telah dicontohkan? Ketika kamu belajar untuk berbicara bahasa Inggris kamu harus mengetahui dasar-dasar dan tekniknya sehingga kamu tidak akan kesulitan. Kamu juga harus memastikan untuk berlatih mengucapkan kata tersebut berulang-ulang sehingga pelafan yang kamu ucapkan semakin baik.

Masih ada banyak contoh pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang lain. Kamu bisa mempelajari itu semua di EF loh! Bersama EF kamu akan mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan dan juga wawasan yang semakin bertambah. Kemampuan bahasa Inggrismu pastinya akan berkembang karena EF memiliki guru-guru yang profesional.

Jadi, apalagi yang ditunggu?

Segera daftarkan dirimu di EF!

Ben Small Stars
Author
Ben