Menu
therefore dan consequently
Grammar and Vocabulary

Cara Menggunakan Therefore dan Consequently yang Tepat

grammarstructure
Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.29

Therefore dan Consequently digunakan untuk menhubungkan dua kalimat. Ketika menyusun sebuah kalimat, tidak jarang kita harus menggabungkan dua kalimat menjadi satu (conjunction).

Hal ini dilakukan agar penulisan kalimat menjadi efektif dan padu. Jika ingin menggabungkan dua kalimat, maka akan dibutuhkan kata-kata yang berfungsi sebagai penghubung antar kalimat.

Dalam bahasa Inggris, kata penghubung disebut dengan istilah Conjuction. Dalam menggunakan Conjuction, ada cara-cara yang harus diikuti agar tidak salah menerapkannya. Kamu perlu mempelajari cara-cara penggunaan conjunction agar kamu semakin mahir dalam berbahasa Inggris.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang penggunaan therefore dan consequently. Jika diartikan, therefore berarti “oleh karena itu” sedangkan consequently berarti “akibatnya”.

Lalu, seperti apa penggunaan therefore dan consequently yang benar? Simak contoh kalimatnya berikut ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Penggunaan Therefore

Dalam penggunaan therefore, kamu bisa menaruhnya di tengah kalimat di antara dua pernyataan. Namun, kamu akan membutuhkan bantuan dari tanda baca (;). Contohnya kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • The temperature in this room is getting hotter; Therefore, I need to turn on the Air Conditioner. (Suhu di ruangan ini semakin panas; Oleh karena itu, aku harus menyalakan AC.)

  • It has been very late; Therefore, we need to take a rest. (Harinya sudah semakin malam; Oleh karena itu, kita butuh istirahat.)

  • The competition is getting tougher; Therefore, you have to train harder. (Kompetisinya semakin sulit; Oleh karena itu, kamu harus berlatih semakin giat.)

  • I have spent too much money; Therefore I need to save more from now on. (Aku telah mengeluarkan banyak uang; Oleh karena itu aku menghemat di akhir bulan.)

Penggunaan Consequently

Hampir sama seperti therefore, kamu bisa menggunakan consequently dengan menaruhnya di tengah kalimat dan menyelipkan tanda baca (;). Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • He studied too much until late night; Consequently, he lacks of sleep and becomes ill. (Dia belajar terlalu banyak sampai larut malam; Akibatnya, dia kurang tidur dan jatuh sakit.) 

  • Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kata and sebelum kata consequently. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Tobi is joking too far, and consequently John is getting mad. (Tobi bercanda terlalu jauh, dan akibatnya John menjadi marah.)

  • Edward didn’t do his homework, and consequently he is punished by the teacher. (Edward tidak mengerjakan PR-nya, dan akibatnya dia dihukum oleh guru.)

  • I think the rain won’t stop in an hour; Consequently, I can’t go out for lunch. (Aku pikir hujannya tidak akan reda dalam satu jam; Akibatnya, aku tidak bisa pergi untuk makan siang)

Setelah menyimak penjelasan di atas, pengetahuan kamu mengenai grammar dalam bahasa Inggris tentunya semakin bertambah. Kamu dapat melatih penggunaan therefore dan consequently bersama orang-orang terdekatmu.

Belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan jika kamu bergabung dengan EF. Tidak hanya grammar therefore dan consequently, tetapi kamu juga bisa mempelajari grammar bahasa Inggris lainnya.

Jadi apa kamu tertarik? Pas sekali, karena EF sedang ada voucher khusus dan kelas Demo Gratis yang bisa kamu ikuti melalui halaman ini. EF selalu tahu yang terbaik untuk memperlancar bahasa Inggris kamu! Jadi yuk, daftar EF sekarang!

*S&K berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben