Menu
membersihkan rumah
Education Advice

Cara Mengajari Kebersihan yang Seru dan Menyenangkan pada Anak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.05

Kebersihan merupakan kebiasaan penting yang sebaiknya diajarkan sejak dini pada anak. Selain dapat menjaga kesehatan, mengajari kebersihan pada anak juga membentuk karakter dan pola pikir yang positif loh!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mulai dari menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dan menyikat gigi, hingga menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggal. Menjaga kebersihan merupakan hal yang penting karena kebiasaan baik ini dapat membantu mencegah risiko penyakit. Terutama saat si kecil sudah masuk sekolah, tentunya akan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak teman. Oleh karena itu, yuk kita simak bersama bagaimana mengajarkan kebersihan pada anak!

mencuci tangan

1. Gunakan Alat Bersih-bersih yang Lucu

Dekatkan kebersihan dengan aktivitas yang menyenangkan. Gunakan alat-alat mandi berwarna-warni atau sabun berbentuk hewan untuk menarik perhatian anak. Dengan menciptakan pengalaman positif, anak akan lebih antusias untuk melakukan kegiatan kebersihan.

2. Buat Rutinitas Bersih-bersih Bersama

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan contoh yang baik dalam menjaga kebersihan. Ajak anak untuk menyikat gigi bersama-sama atau mencuci tangan setelah bermain. Melalui contoh ini, anak akan lebih mudah memahami pentingnya kebersihan.

3. Tempel Poster Lucu di Kamar Mandi

Anak-anak seringkali lebih mudah memahami konsep melalui cerita atau gambar. Bacakan buku cerita tentang kebersihan atau gunakan gposter edukatif dengan karakter lucu yang dapat menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan. Hal ini dapat memudahkan anak untuk mengerti dan mengingat pesan-pesan penting tentang kebersihan.

4. Jelaskan Lewat Mendongeng

Jelaskan konsep kebersihan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis atau rumit. Kamu bisa jelaskan pentingnya mencuci tangan dengan membuat dongeng singkat.

5. Libatkan Anak dalam Proses Kebersihan

Anak-anak cenderung lebih bersemangat jika mereka merasa terlibat dalam suatu kegiatan. Ajak anak untuk membersihkan mainan mereka atau membantu merapikan tempat tidur. Dengan melibatkan mereka, anak akan merasa memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan dirinya sendiri.

6. Berikan Penghargaan

Berikan pujian atau hadiah kecil setiap kali anak berhasil menjaga kebersihan dengan baik. Hal ini akan memberikan motivasi positif dan membuat mereka merasa bangga atas usaha mereka. Penghargaan tidak perlu selalu berupa barang, namun bisa berupa pujian hangat atau waktu bersama lebih banyak.

7. Berikan Penjelasan Tentang Dampak Positif Kebersihan

Jelaskan kepada anak mengenai dampak positif dari kebersihan, seperti tubuh yang sehat, terhindar dari penyakit, dan dapat beraktivitas dengan lebih baik. Ajarkan mereka bahwa kebersihan bukan hanya tugas rutin, tetapi juga investasi untuk kesehatan dan kenyamanan diri.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, EFparents bisa membantu anak memahami konsep kebersihan secara menyenangkan. Dengan begitu, kebersihan akan jadi kebiasaan yang tertanam kuat sejak dini dan akan mendukung tumbuh kembang anak secara positif.

Jadi, mari kita ajak anak-anak tumbuh bersama untuk masa depan yang lebih sehat lagi dengan menjaga kebersihan!

Ingin tahu hal lain yang akan membantu masa depan anak? Yup, belajar bahasa Inggris. Kamu bisa lho mendaftakan si kecil bergabung menjadi EF Student. Di EF, ada banyak materi yang akan dipelajari hingga anak jadi percaya diri saat mengungkapkan pendapatmu. Tentunya anak-anak akan ditemani oleh guru-guru yang profesional dan sudah bersertifikasi!

Yuk ikuti keseruannya dengan mencoba kelas EF GRATIS! Hanya dengan mengisi no. HP-mu di kolom yang ada pada website ini.

Tom tunggu di kelas ya!