Menu
menanyakan informasi dalam bahasa inggris
Listening and Speaking

Cara Menanyakan Informasi dengan Sopan kepada Orang Asing dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.04.17

Ketika sedang berada di suatu tempat yang baru, kita cenderung tidak banyak mengetahui informasi dari tempat tersebut. Kita perlu berusaha mencari informasi tentang tempat yang kita kunjungi itu agar kita tidak salah arah dan tujuan.

Bagaimana cara kalian untuk mengetahui informasi mengenai tempat yang belum pernah kalian kunjungi? Pernahkah kalian mencoba bertanya kepada orang asing saat berada di tempat baru?

Tidak ada salahnya kita bertanya kepada orang asing saat kita berada di tempat baru, selagi kita tetap menjaga tata krama dan sopan santun. Terutama ketika hendak bertanya mengenai suatu informasi yang kita perlukan. Oleh karena itu, sangat lah perlu untuk belajar cara menanyakan informasi dengan sopan kepada orang asing.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa contoh percakapan, untuk menanyakan informasi dengan sopan kepada orang asing dalam bahasa Inggris beserta artinya. Jadi yuk kita simak dan pelajari contoh-contoh percakapannya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Percakapan 1

Questioner: Excuse me, sir. What time is it now? My watch is going off.

(Permisi, tuan. pukul berapakah sekarang? jam tangan saya mati.)
Stranger: Oh, it is a quarter past twelve.

(Oh, sekarang pukul 12 lewat 15 menit.)
Questioner: Thank you, sir (Terima kasih, tuan.)
Stranger: You're welcome, mam. (Sama-sama, bu.)

Percakapan 2

Questioner: Good Afternoon. Would you like to tell me the fastest way to reach The Grand Mosque? (Selamat sore. Bisakah Anda memberitahu saya cara tercepat untuk sampai ke Masjid Raya?)
Stranger: Good Afternoon. To reach The Grand Mosque, it will be faster if you take the bus from the bus stop across the road. The bus will pass the place, just tell where you are going to the driver. (Selamat sore. Untuk sampai ke Masjid Raya, akan lebih cepat jika Anda menaiki bis dari perhentian di sebrang jalan. Bisnya akan melewati tempat itu, sampaikan saja kepada supirnya ke mana Anda mau pergi.)
Questioner: Thank you very much, have a nice day! (Terima kasih banyak, semoga hari mu menyenangkan!)
Stranger: My pleasure. (Sama sama)

Percakapan 3

Questioner: Good evening, may I ask you something, sir? (Selamat malam, bolehkah saya bertanya sesuatu, Pak?)
Stranger: Sure, how can I help you? (Tentu, apa yang bisa saya bantu?)
Questioner: Would you like to recommend me the best shopping place around here? (Apakah Anda bisa merekomendasikan tempat berbelanja terbaik di sekitar sini?)
Stranger: Oh, you can try to visit Big Land Mall. it is near the police office, just 10 minutes away by car. (Oh, Anda bisa mengunjungi Big Land Mall. Itu dekat dengan kantor polisi, 10 menit dari sini menggunakan mobil.)
Questioner: Well, thank you for the information. (Baik, terima kasih atas informasinya.)
Stranger: No problem. (Sama-sama.)

Percakapan 4

Questioner: Hello, is this the right direction to the national library? (Halo, apakah ini arah yang benar menuju perpustakaan nasional?)
Stranger: Oh hello, yes it is, sir. you can take a little more walk by passing 2 blocks. (Oh halo, iya benar, Pak. Anda bisa berjalan sedikit lagi melewati 2 blok.)
Questioner: Ah, thanks. I appreciate that. (Ah, terima kasih. Saya menghargai itu.)
Stranger: Never mind, sir. (Sama-sama, tuan.)

Percakapan 5

Questioner: Pardon me, mam, when will the next train to the city leave? (Mohon maaf ibu, kapankah kereta berikutnya akan berangkat ke kota?)
Stranger: Oh, the next train to the city will leave in an hour. (Oh, kereta berikutnya ke kota akan berangkat dalam satu jam.)
Questioner: Thanks, have a nice day! (Terima kasih, selamat pagi.)
Stranger: Anytime! (Sama-sama, selamat pagi.)

Setelah memperhatikan contoh percakapan seperti di atas, kalian tidak perlu khawatir lagi saat tiba di tempat baru. Karena kalian sudah mengetahui cara menanyakan informasi kepada orang asing dengan sopan. Kalian juga bisa mempraktikkan percakapan bahasa Inggris seperti di atas, ketika bertemu dengan orang asing dari negara lain, loh. Apalagi jika kalian sedang berlibur ke luar negeri atau berkunjung ke negara lain.

Bagaimana bermanfaat, bukan? Selain percakapan bahasa Inggris dengan orang asing, kamu dapat mempelajari percakapan dengan tema-tema seru lainnya bersama EF. EF akan menunjukkan kepadamu cara yang seru untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

Saat ini EF sedang ada diskon spesial buat kamu yang ingin daftar kursus sekarang juga. Kemudian kamu juga akan mendapatkan tambahan voucher kelas demo Gratis! Jadi tunggu apalagi? Yuk, pintar berbahasa Inggris bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben