Menu
cara memesan menu dalam bahasa Inggris
Listening and Speaking

Cara Memesan Menu di Restoran dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.07.29

Tahukah kamu cara memesan menu di restoran dalam bahasa Inggris? Kalau kamu belum tahu, artikel ini tepat untuk kamu. Simak terus artikel ini sampai tuntas ya! 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ternyata untuk memesan menu di restoran dalam bahasa Inggris cukup mudah loh, tidak beda jauh seperti kita memesan menu dalam bahasa Indonesia. 

Nah, berikut ini adalah cara memesan menu di restoran dalam bahasa Inggris. 

1. Mencari tempat duduk

Ketika kamu sampai di restoran, lebih baik kamu mencari tempat duduk terlebih dahulu. Kamu bisa bertanya kepada pelayan restoran dengan menggunakan kalimat: 

“Hi, we need a table for four” (Halo, kami butuh meja untuk empat orang) 

menu bahasa inggris

2. Melihat menu yang disediakan

Ketika kamu sudah menemukan tempat duduk yang sesuai, kamu bisa melihat menu yang sudah disediakan di meja atau kamu bisa meminta kepada pelayan restoran dengan menggunakan kalimat: 

Hello Ms/Mr. Can I have a menu?” (Halo Pak/Bu. Bisakah saya meminta menu?) 

Setelah pelayan memberikan menu, kamu akan diberikan waktu untuk melihat menu yang ada.  Maksimalkan waktu yang ada untuk kamu melihat menu dan memesan sesuai dengan keinginanmu. 

3. Bertanya kepada pelayan

Jika kamu masih merasa bingung dengan informasi yang ada pada buku menu, kamu bisa bertanya pada pelayan restoran. Salah satunya bertanya mengenai porsi, seperti, “berapa harga satu porsi?” atau, “berapa potong dalam satu porsi?”. Kamu bisa bertanya mengenai porsi menggunakan kalimat: 

How many slices per serving for this Pizza?” (Berapa potong pizza yang bisa kita dapatkan dalam satu porsi?) 

Is this Pizza enough for 2 or 3 person?” (Apakah Pizza ini cukup untuk 2 atau 3 orang?) 

cara pesan makan di restoran

4. Memesan makanan

Ketika kamu sudah menemukan pilihan makanan dan minuman yang ingin kamu pesan, kamu bisa memanggil pelayan. Setelah pelayan hadir beritahu pelayan tersebut apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengucapkan “I would like to...”, “can I get ..., please?” atau “may I have ..., please” 

Contoh kalimat:  

Can I get fried rice and orange juice, please?” (Bisakah saya memesan nasi goreng dan jus jeruk?) 

Dengan kalimat tanya seperti di atas, kalimat yang kamu gunakan akan lebih terdengar lebih sopan. Jika kamu merasa kesulitan untuk memilih makanan, kamu bisa bertanya kepada pelayan dengan menggunakan kalimat: 

Can you tell me what is today’s special?” (Apakah saya boleh tahu menu spesial untuk hari ini?) 

could you please recommend me the best food/drink in this restaurant?” (Bisakah kamu memberi rekomendasi makanan atau minuman terbaik di restoran ini?) 

how to order food


Jika kamu sudah berhasil memesan menu makanan atau minuman hal yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah menunggu hingga pesanan tersebut selesai. Setelah itu kamu bisa menikmatinya dan membayarnya jika sudah selesai. 

Bagaimana? Mudah, bukan? Sekarang kamu sudah bisa memesan menu di restoran menggunakan bahasa Inggris.  

Latih terus kemampuan bahasa Inggris kamu dengan bergabung di Free Demo Class EF, Yuk! Kamu akan diberikan materi-materi bahasa Inggris seru dan di ajar oleh guru profesional yang menggunakan metode yang menarik. Jadi, kamu tidak akan bosan ketika belajar bahasa Inggris. 

Tunggu apalagi? Daftar sekarang yuk, sebelum kehabisan! 😉