Menu
Cara Membuat Motivation Letter dalam Bahasa Inggris
Reading and Writing

Cara Membuat Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.06

Menulis kalimat motivasi sering kali kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kalimat motivasi agar semangat belajar untuk meraih beasiswa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut kita juga memerlukan motivation letter sebagai salah satu persyaratannya. Bagaimana cara membuat motivation letter dalam bahasa Inggris?

Motivation letter adalah tulisan berupa esai yang berisi tentang who are you, what are your life goals, what potential do you have, educational background, dan apa harapan kamu nanti yang berkaitan dengan bidang tersebut.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain untuk beasiswa sekolah, motivation letter juga biasa digunakan sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan. Pada dasarnya, hal ini menjadi sangat penting karena berperan sebagai pintu utama yang digunakan tim seleksi untuk memutuskan apakah kita berhak mendapatkan beasiswa, atau posisi yang kita lamar.

Menelusuri cara membuat motivation letter adalah langkah tepat yang sudah kamu lakukan. Apalagi kebanyakan dari motivation letter pasti menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu masih bingung cara membuatnya dalam bahasa Inggris, simak artikel ini sampai tuntas ya! 😉

1. Riset lebih dalam tentang beasiswa atau perusahaan yang dituju

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah seberapa jauh kamu mengenal beasiswa dan perusahaan yang kamu tuju. Jika mereka melampirkan guiding questions, maka jadikan panduan tersebut sebagai senjata agar kamu fokus pada poin yang harus disampaikan.

Dengan fokus pada poin penting tersebut, kamu akan tetap konsisten dengan apa yang akan kamu tonjolkan dalam motivation letter. Karena apa yang kamu tulis bukan berarti harus menjelaskan CV, melainkan keunikan apa saja yang kamu miliki sehingga mereka harus mempertimbangkan kamu dalam tahap seleksi tersebut.

Jangan lupa juga untuk tulis kalimat secara terstruktur ya! Caranya adalah dengan membuat outline atau poin penting yang harus ada dalam motivation letter sesuai dengan guiding questions. Jika tidak ada, kamu dapat mengacu pada poin di bawah ini:

  • What attracted you to this specific program?

  • What are your skills or qualities that match the specific program, and how do you benefit them?

  • Why do you fulfill the requirements?

2. Buat pembukaan yang menarik

Pada bagian pembuka kamu perlu memberikan pesan tersirat yang menggambarkan who you are, what are you applying for, dan why are you applying. Selain itu, gunakan kalimat yang menarik sehingga reviewer tertarik untuk membaca motivation letter kamu lebih lanjut.

Contoh motivation letter bagian pembuka:

Dear XXX,

My name is Sarah, and I would like to express my interest in applying for the Bachelor's program in Communication Science at XX University. I've always dreamed of being someone who can contribute to my country, especially to improve the quality of news in the community to avoid hoax news. I believe that a bachelor's degree in Communication Science from XX University would set me miles ahead to reaching my goal.

3. Filter poin penting dalam bagian isi

Bagian isi merupakan kesempatan yang perlu kamu manfaatkan sebaik mungkin. Agar reviewer semakin tertarik dengan motivation letter yang kamu buat, harus terdapat tulisan yang dapat menjual kualitas diri kamu di bagian isi. Tentunya harus didasarkan pada kualitas kamu di bidang tersebut.

Hal yang perlu dimasukkan pada bagian ini adalah pengalaman, motivasi, dan tujuan.

Berikut frasa yang bisa digunakan dalam membuat motivation letter bahasa Inggris.

  • I have been a part of … for … months/years. …

  • My passion for …

  • … resonates with me because …

  • I want to … because …

  • I remember once when I …., which made me realize that …

  • I developed my passion for …

  • Working/study in … allowed me to get …

4. Buat penutup yang mengesankan

Agar lulus mendapatkan beasiswa atau tempat kerja impian, kita perlu membuat akhir yang membuat reviewer semakin tertarik. Di bagian penutup ini kita harus menunjukkan hal apa yang akan dilakukan setelah lulus dan kenapa mereka harus memilih kita.

Kamu bisa menggunakan frasa seperti, I’d love to be a part of … it would allow me to …

Setelah motivation letter yang kamu buat selesai, jangan lupa untuk melakukan proofread agar terlihat lebih profesional dan mencegah salah pengejaan atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Jika saat ini masih kurang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa loh ikutan kelas demo GRATIS di EF. Caranya mudah sekali, hanya dengan isi formulir pada halaman ini kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional.

Yuk, daftar sekarang juga sebelum kehabisa tempat!! 😮

Ben Small Stars
Author
Ben