Menu
mind-mapping bahasa Inggris
Reading and Writing

Cara Membuat Mind Mapping Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.10

Apakah kamu pernah berpikir bagaimana cara mempelajari suatu hal dengan cepat dan sederhana? Misalnya ketika kamu memiliki target untuk menghafalkan tenses bahasa Inggris, kira-kira perlukah membuat mind mapping?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mind mapping adalah bentuk visualisasi secara grafis untuk mewakili ide-ide atau konsep yang sedang kita pahami. Kekuatan dari mind mapping terlihat pada kesederhanaannya sehingga memberi ruang bagi otak dan membantu meningkatkan fungsi kognitifnya.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins, siswa yang memanfaatkan mind mapping sebagai metode pembelajaran mereka dapat meningkatkan nilai hingga 12%. Hal ini didorong oleh salah satu tujuan dari mind mapping itu sendiri, yakni brainstorming dan visualisasi konsep hingga menyederhanakan tugas dan manajemen dari materi yang sedang kita pahami.

Pada dasarnya, membuat mind mapping adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagi kamu yang ingin mempelajari cara membuat mind mapping bahasa Inggris yang keren, simak langkah-langkah di bawah ini yuk!

1. Tentukan fokus yang akan dijadikan sebagai subjek

mind mapping bahasa inggris

Langkah ini merupakan bagian awal untuk memetakan apa yang ingin kita kembangkan. Fokus yang harus kamu tentukan adalah “apa” dan “bagaimana”.

Misalnya tujuan kita adalah mind mapping bahasa Inggris dengan materi tenses, maka fokusnya adalah tenses.

Fokus utama ini diletakkan pada bagian tengah halaman.

2. Tentukan visualisasi dari tema utama

mind mapping bahasa Inggris

Ketika fokus atau tema utama sudah terbentuk, maka kamu perlu menentukan bentuk grafis yang cocok agar terlihat menarik.

Misalnya tema visualisasinya adalah dream, maka kamu dapat menggambarkan fokus utamanya dengan bentuk awan. Visualisasi selanjutnya pada materi atau isi dari fokus utama dapat kamu sesuaikan pada tema utamanya. Tentunya, kamu bisa memvariasikannya sekreatif mungkin ya! Mulai dari ukuran teks, warna, dan penataannya.

3. Bagikan topik-topik ke dalam beberapa ‘ranting’

contoh mind mapping

Berdasarkan poin nomor 1, kita juga harus melihat hal apa saja yang dapat dijadikan sebagai sub-pokok bahasan.

Contoh mind mapping bahasa Inggris ini adalah materi tenses. Seperti yang kita tahu, terdapat 16 tenses dan perlu kita petakan menjadi beberapa ranting. Misalnya, kamu bisa memetakannya berdasarkan kelompoknya masing-masing menjadi empat ranting.

4. Buat label topik secara singkat

contoh mind mapping bahasa Inggris

Hal yang terpenting dalam membuat mind mapping adalah kata kunci atau label yang harus ada di setiap ranting. Setiap label tersebut harus dituliskan secara singkat, jelas, dan padat sehingga kamu dapat mengingatnya dengan mudah. Selain berupa kata kunci, kamu juga bisa mencantumkan simbol atau gambar yang sesuai.

Jika materi pada sub-pokok bahasan yang kamu ingin masukkan panjang maka dapat kamu parafrase menjadi label yang singkat dengan kata kunci yang tepat.

5. Yay! Mind mapping sudah siap untuk dipelajari

cara membuat mind mapping

Apakah kamu sudah mengerjakan empat langkah di atas? Jika iya, selamat! Waktunya bagi kamu untuk menghias mind mapping jika diperlukan. Apabila kamu suka yang sederhana tanpa banyak variasi gambar itu boleh-boleh saja, karena mind mapping bukan hanya membuat rangkuman menjadi semakin menarik untuk di baca saja, melainkan dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang efektif.

Nah, sudah siapkah kamu menjadi juara di kelas dengan konsep mind mapping?

Membuat mind mapping bahasa Inggris hanya memerlukan perbendaharaan kosakata terkait subjek yang kita masukkan. Apabila kamu merasa sulit meningkatkan perbendaharaan tersebut, mind mapping juga dapat digunakan untuk menuliskan beberapa idiom atau kosakata apa pun sesuai dengan tujuanmu.

Namun, jika kamu memerlukan guru profesional yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat maka jawabannya dapat kamu lihat pada kelas demo GRATIS di EF.

Caranya mudah sekali! Hanya dengan mengisi formulir pada halaman ini, kamu sudah menjadi bagian dari kelas demo GRATIS.

Tertarik ingin mencoba? Yuk, ajak teman kamu dan DAFTAR sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben