Menu
cara membuat cerita pendek bahasa Inggris
Reading and Writing

Cara Membuat Cerpen Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.11.25

Apakah kamu hobi menulis cerita pendek? Pada umumnya, cerita pendek atau cerpen merupakan karya sastra yang sering dijadikan sebagai wadah untuk menuangkan ekspresi bagi penulisnya. Menulis cerita pendek dalam bahasa Indonesia memang sudah biasa. Namun, apakah kamu pernah mencoba membuat cerpen atau short story dalam bahasa Inggris?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mungkin kamu pernah satu dua kali mencoba menulis dalam bahasa Inggris. Baik itu menulis tentang keseharianmu atau peristiwa yang membuatmu terinspirasi untuk menjadikan hal tersebut sebagai alur yang menarik untuk dibaca oleh orang lain.

Namun, apakah kamu tahu bahwa menulis bahasa Inggris merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkaya kosakatamu dalam bahasa Inggris?

Karena fokus kita kali ini adalah cara membuat cerpen bahasa Inggris, kamu perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini agar cerpen yang kamu buat menarik untuk dibaca hingga menjadi sumber inspirasi bagi pembacanya.

Langsung saja yuk, simak tips di bawah ini! 😉

1. Perbanyak referensi bacaan bahasa Inggris

cerpen bahasa Inggris

Hal yang paling utama untuk kamu lakukan adalah dengan membaca banyak referensi cerpen bahasa Inggris untuk menambah kosakata, dan jenis cerita pendek seperti apa yang ingin kamu buat.

Cerita pendek atau cerpen memiliki tiga jenis yang berbeda, hal ini tergantung seberapa panjang cerita yang kamu tuliskan. Cerpen yang pendek memiliki jumlah kata berkisar antara 500-700 kata, cerpen sedang berjumlah 750-1000 kata, dan cerpen panjang berkisar 1000 kata atau lebih.

Satu tips yang dapat kamu temukan saat membaca cerpen bahasa Inggris yaitu setiap kalimat yang dituliskan selalu memiliki makna mendalam. Dalam artian, beberapa cerpen bahasa Inggris rata-rata menggunakan idiom sebagai aksesoris yang mempercantik tulisan mereka.

2. Ketahui unsur-unsur utama cerpen

unsur cerpen bahasa Inggris

Sebelum menulis cerpen bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui unsur-unsur cerpen seperti theme, plots, background, characters, conflict, dan point of view.

Theme atau tema cerpen merupakan ide utama dari cerita pendek yang ingin kita buat. Beberapa contoh tema cerpen bahasa Inggris yang dapat kamu angkat di antaranya adalah romansa, persahabatan, pengalaman, komedi, atau pun kesehatan.

Dalam menentukan tema, kamu harus memilih tema yang menurut kamu penting untuk ditulis dan dapat menggambarkan ide yang ada di pikiranmu. Oh iya, kamu juga bisa loh menggabungkan tema yang berbeda dalam satu cerita seperti cerita pendek yang bertema romansa komedi.

Selain tema, plots atau alur cerita ini juga tidak kalah pentingnya untuk kamu ketahui. Cara membuat cerpen dengan membuat alur yang menarik dapat menimbulkan persepsi yang berbeda bagi para pembacanya.

Biasanya characters, conflict, dan point of view dari cerita pendek yang kita angkat harus di dasari oleh plots dari cerpen tersebut. Cerpen bahasa Inggris yang baik adalah cerita pendek yang dapat menimbulkan rasa penasaran bagi para pembacanya.

Oleh karena itu, buatlah alur yang menarik hingga para pembaca penasaran dengan akhir dari kisah yang telah kamu tuliskan dalam cerpen bahasa Inggris.

3. Sisipkan pesan yang emosional

idiom bahasa Inggris

Cara membuat cerpen bahasa Inggris yang menarik ialah dengan menyisipkan pesan yang dapat membuat para pembacanya merasa “baper”. Tentunya kamu harus memilih idiom bahasa Inggris dengan arti yang mendalam dan penuh emosional.

Untuk melihat beberapa contoh idiom dalam bahasa Inggris, dapat kamu lihat pada artikel ini.

4. Minta pendapat seseorang untuk review cerpen bahasa Inggris

life at ef

Satu-satunya hal yang sangat krusial ketika kita membuat cerpen bahasa Inggris adalah grammar.

Beberapa orang selalu bertanya apakah saya telah memasukkan struktur kalimat yang tepat dalam bahasa Inggris? Apakah bentuk tenses dalam kalimat ini sudah sesuai? Kira-kira, apa yang harus kamu gunakan; present tense atau past tense?

Khusus untuk kamu yang kurang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa meminta pendapat seseorang untuk mereview cerpenmu. Secara tidak langsung, dengan menulis cerpen bahasa Inggris kamu juga bisa belajar grammar sekaligus vocabulary dari setiap kalimat yang kamu tuangkan.

Jika menurutmu membuat cerpen bahasa Inggris masih cukup sulit, kamu bisa loh ikut kelas demo GRATIS belajar bahasa Inggris di EF. Di sini kamu akan diajari cara mudah dan cepat memahami grammar dan vocabulary dengan guru yang profesional.

Jadi, tunggu apa lagi? Tag tempatmu sekarang juga!

Ben Small Stars
Author
Ben