Menu
mengucapkan tidak dalam bahasa inggris
Reading and Writing

Cara Bilang Tidak dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2020.08.14

Sering terjebak pada situasi yang mengaharuskanmu untuk mengatakan tidak, namun merasa sulit untuk menolaknya? Jangan khawatir, karena artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai cara bilang tidak dalam bahasa Inggris.

Bilang tidak saat orang lain menawarkan atau meminta bantuan adalah hal yang wajar. Tapi kebanyakan orang terkadang merasa sulit untuk menolak. Di dalam bahasa Inggris, kata yang biasanya digunakan untuk menolak sesuatu adalah "no". Namun, kamu bisa loh mencoba memakai kata lain.

Ingin tahu berbagai cara bilang tidak dalam bahasa Inggris? Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Nope/Nah

Cara pertama yang dapat kamu lakukan ketika ingin mengatakan tidak adalah nope/nah. Kedua kosakata ini bisa kamu pakai saat situasi yang informal seperti dengan teman. Mudah diingatkan kosakatanya?

Contoh 1:

A: Do you want to help me cook dinner?

B: Nah.

Contoh 2:

A: Do you want me to help me cut vegetables?

B: Nope.

2. I'm all set/I'm all good!

Ketika kamu ditawari makanan atau minuman, namun kamu sudah merasa kenyang atau tidak ingin memakan makanan tersebut, maka katakanlah I'm all set atau I'm all good. Kedua kata tersebut masih terbilang cara menolak yang sopan. Diingat ya kata-katanya!

Contoh 1:

A: Do you want some food?

B: I'm all set.

Contoh 2:

A: Do you want another coffee?

B: No, I'm good. I don't need any more coffee today!

3. I'd love to, but I can't.

Selain yang di atas, untuk menolak ajakan secara sopan kamu dapat mengucapkan I'd love to, but I can't. Saat diundang ke suatu acara, kamu bisa memulai dengan berterimakasih karena telah diundang, dan katakan kalau kamu sangat ingin datang tetapi ada satu dan lain hal yang membuatmu tidak bisa.

Contoh:

A: Do you want to come to my party?

B: Thank you so much for inviting me. I really would love to go, but I can't make it today.

4. I wish I could, but I can't

Masih mirip dengan yang sebelumnya, I wish I could, but I can't, juga masuk kategori sopan saat ingin menolak suatu hal. Kamu bisa menggunakannya untuk kondisi atau situasi yang formal maupun informal.

Contoh:

A: Hey, do you wanna hang out this weekend?

B: I wish I could, but I can't. I am going camping this weekend.

5. I'm afraid I can't

Lalu cara bilang tidak dalam bahasa Inggris lainnya adalah I'm afraid I can't. Kata afraid di sini bukan berarti kamu ketakutan, tetapi kamu merasa bahwa sepertinya tidak bisa memenuhi ajakan atau suatu permintaan.

Contoh:

A: Would you like to join us for dinner tomorrow?

B: I am afraid I can't meet you for dinner tomorrow.

6. Absolutely not.

Kata absolutely not ini memiliki makna yang tegas. Itu tandanya bahwa kamu benar-benar tidak bisa menerima atau menolak suatu hal. Tapi hati-hati ya ketika menggunakan kata ini, karena maknanya yang tegas kamu harus tahu kapan bisa menggunakannya dan siapa orangnya.

Contoh:

A: Can I go with you to Bali?

B: Absolutely not. I go to Bali for work, not holiday.

7. Not in a million years

Cara bilang tidak yang juga memiliki makna tegas adalah not in a million years. Sebenarnya kalimat ini bisa digunakan untuk hal yang lucu saat sedang bersama teman-teman. Namun jika kamu gunakan dengan orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi dibandingkan kamu, maka maknanya akan terlihat kasar.

Contoh:

A: You think she is going to forgive you that easily?

B: Not in a million years!

Nah itu dia beberapa cara bilang tidak dalam bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan sehari-hari. Ingin tahu tips menulis dalam bahasa Inggris lainnya? Yuk cek di EF Blog, khususnya Reading and Writing section.

Sekarang belajar bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis loh. Mau tau caranya? Segera isi nomormu pada kolom di bawah ini dan dapatkan jawabannya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben