Menu
bahasa inggris pemula
Education Advice

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.19

Kamu ingin belajar bahasa Inggris, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Kamu juga bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang cepat dan mudah? Jangan khawatir, Tom akan memberikan kamu tips cara belajar bahasa Inggris untuk pemula. Simak terus ya! 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu bahwa semakin dini kita belajar bahasa Inggris, maka semakin bagus juga kesempatan kita untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat? Mengapa? Karena pada dasarnya kemampuan otak pada anak usia dini cenderung lebih cepat untuk merespons hal-hal baru. (Listening, Reading, Speaking, Writing, Vocabulary) 

Nah, berikut ini beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk pemula. Let’s check them out! 

1. Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris

kosakata bahasa inggris untuk pemula

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan mempelajari kosakata bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan, kosakata bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam setiap kalimat, jika kamu tidak mengetahui kosakata-kosakata bahasa Inggris maka kamu akan sulit memahami maksud dari kalimat-kalimat yang ada. 

Ada berbagai macam cara untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan membaca buku, mendengarkan lagu, menonton film, atau kamu juga bisa mencari tahu kumpulan kosakata bahasa Inggris pada EF Blog, loh!  

Setelah mempelajari kosakata bahasa Inggris, jangan lupa untuk mencatat kosakata bahasa Inggris tersebut dalam sebuah catatan agar kamu tidak melupakan kosakata yang baru saja kamu pelajari. 

2. Mendengarkan Lagu atau Podcast Berbahasa Inggris

podcast bahasa inggrisCara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendengarkan lagu atau podcast berbahasa Inggris. Dengan mendengarkan lagu atau podcast kamu dapat melatih kemampuan listening atau mendengarkan dalam bahasa Inggris. Telinga-Mu akan terbiasa untuk mendengar bahasa Inggris jika kamu terus berlatih dengan mendengarkan lagu atau podcast berbahasa Inggris. 

Selain itu, dengan mendengarkan lagu atau podcast kamu juga dapat mengetahui bagaimana pelafalan setiap kata-katanya. Kamu juga bisa mendapatkan kosakata baru dengan mendengarkan lagu atau podcast. Jangan lupa untuk mencatat kosakata-kosakata baru tersebut dan pelajari maknanya ya! 

3. Membaca Buku Bahasa Inggris

buku berbahasa inggris rekomendasiCara selanjutnya adalah membaca buku bahasa Inggris. Nah, dengan membaca buku bahasa Inggris kamu dapat melatih kemampuan reading atau membaca dalam bahasa Inggris, loh! Sudah pasti kamu juga akan menemukan banyak sekali kosakata-kosakata baru yang dapat kamu pelajari. Selain itu, dengan membaca buku berbahasa Inggris, kamu juga akan mendapatkan wawasan baru. 

Kamu juga bisa mempelajari grammar atau tata bahasa yang ada pada setiap kalimat. Selain itu, dengan membaca buku bahasa Inggris kamu dapat membiasakan diri untuk melihat kalimat-kalimat berbahasa Inggris. Jadi, ketika kamu dihadapkan dengan kalimat bahasa Inggris yang sangat banyak, kamu tidak akan pusing melihatnya. 

4. Menulis Kalimat dalam Bahasa Inggris

menulis dalam bahasa inggrisDari cara-cara sebelumnya kamu pasti sudah memiliki banyak kosakata-kosakata baru, bukan? Nah, sekarang saatnya kamu untuk melatih kemampuan writing atau menulis dalam bahasa Inggris. Kamu tidak perlu menuliskan kalimat-kalimat yang rumit, mulailah dari kalimat sederhana. 

Sebagai contoh, kamu memiliki kosakata ‘read’ (membaca), ‘book’ (Buku). Buatlah kalimat sederhana seperti “I read a book” (Saya membaca buku), dan seterusnya sesuai dengan kosakata-kosakata yang kamu miliki. 

5. Mulailah Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

berbicara dalam bahasa inggris untuk pemulaKalau kamu ingin melatih kemampuan speaking atau berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, mulailah dengan berbicara sendiri di depan cermin. Tadi, kamu sudah membuat beberapa kalimat bahasa Inggris, bukan? Kamu juga sudah mengetahui pelafalan setiap katanya dari mendengarkan lagu atau podcast. Nah, sekarang saatnya kamu untuk melafalkan kata-kata tersebut di depan cermin. 

Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa melatih kemampuan speaking dengan bernyanyi. Ketika kamu sedang mendengarkan lagu, bacalah lirik tersebut dan nyanyikan, secara tidak sadar kamu sudah berlatih kemampuan speaking-Mu. 

Kalau kamu sudah merasa percaya diri, kamu bisa mengajak orang sekitar-Mu untuk berbicara bahasa Inggris. Jangan malu ya, karena kalau kamu terus malu kemampuan speaking kamu tidak akan terlatih. 


Bagaimana? Mudah bukan belajar bahasa Inggris? Kalau kamu tipe orang yang sulit untuk belajar sendiri, kamu jangan khawatir. Gabung ke Free Demo Class EF saja, dengan bergabung di EF kamu akan dibimbing langsung oleh guru yang profesional, loh! Materi yang diajarkan juga sangat menarik tentunya. 

Jadi, tunggu apalagi? Daftar sekarang, sebelum kehabisan! 😉