Menu
webtoon, manga
Education Advice

Belajar Bahasa Inggris Lewat Webtoon dan Manga, Caranya?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.07.19

Apakah kamu sering merasa belajar bahasa Inggris sangat membosankan? Atau kamu merasa susah untuk menghafalkan kosakata atau vocabulary? Ada banyak metode seru belajar bahasa Inggris loh, salah satunya dengan Webtoon atau Manga.

Sudah tidak asing kan dengan Webtoon dan Manga? Kalau kamu belum tahu, jangan khawatir Tom akan menjelaskannya di artikel ini dan juga memberikan sedikit tips bagaimana belajar bahasa Inggris lewat Webtoon dan Manga. Simak terus ya! 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sebelumnya tahukah kamu apa itu Webtoon dan Manga? Webtoon adalah gabungan dari kata website dan cartoon yang diluncurkan oleh Naver Corporation. Dengan Webtoon kamu bisa membaca secara gratis banyak komik setiap harinya. Sementara Manga, adalah komik yang berasal dari Jepang. Saat ini Manga sudah banyak sekali diterjemahkan ke banyak bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Nah, berikut ini adalah tips belajar bahasa Inggris lewat Webtoon dan Manga! Let’s check it out!  

1. Ubah Pengaturan Bahasa Menjadi Bahasa Inggris

webtoon englishKamu pasti penasaran kan mengapa kamu harus mengubah pengaturan bahasa menjadi bahasa Inggris?

Jika kamu mengubah pengaturan bahasa menjadi bahasa Inggris, seluruh tampilan Webtoon dan Manga kamu akan berubah menjadi bahasa Inggris. Dengan mengubah pengaturan bahasa menjadi bahasa Inggris kamu juga bisa menambah kosakata atau vocabulary loh. Teknik ini seringkali digunakan oleh orang-orang untuk menambah vocabulary yang dimiliki. Mengetahui banyak vocabulary merupakan hal yang sangat penting untuk pembelajar bahasa Inggris loh.

Yuk, mulai perbanyak vocabulary bahasa Inggrismu!

2. Membaca Webtoon dan Manga dalam Bahasa Inggris

manga englishSetelah kamu sudah mengubah pengaturan bahasa menjadi bahasa Inggris, sekarang saatnya kamu membaca Webtoon atau Manga dengan bahasa Inggris. Untuk kamu yang pemula mungkin membaca seluruh Webtoon atau Manga dalam bahasa Inggris akan sedikit susah. Tapi kamu jangan khawatir, kamu bisa membacanya pelan-pelan dan jangan terburu-buru.

Mulailah dengan judul yang kamu sukai terlebih dahulu. Selagi kamu membaca kamu pasti menemukan kata-kata yang asing kan? Jangan lupa catat kata-kata tersebut dalam catatanmu ya.

Dengan membaca Webtoon atau Manga dengan bahasa Inggris, kamu akan semakin terbiasa melihat kata-kata dalam bahasa Inggris. Hal tersebut akan memudahkan kamu untuk belajar bahasa Inggris ketahap selanjutnya.

3. Buat Catatan!

bahasa inggris webtoon mangaKetika membaca tadi, kamu menemukan kata-kata yang sulit kan? Jangan lupa untuk catat kata-kata tersebut ya! Tapi, jangan hanya dicatat, kamu juga harus mencari tahu arti dari kata tersebut. Dengan melakukan hal ini kamu akan menambah kosakata bahasa Inggris kamu loh! Seru, kan? jadi jangan lupa catat kata-kata yang asing menurutmu ya. 

Selain mencatat kata-kata kamu juga bisa mencatat kalimat-kalimat yang menurutmu sangat berkesan loh, tapi sekali lagi, jangan lupa untuk mencari arti dari kalimat tersebut ya. Lakukan hal tersebut secara berulang kemampuan bahasa Inggris-mu akan menjadi lebih baik loh!

4. Banyak Berlatih

berlatih bahasa inggris webtoonNah, tips dari Tom yang terakhir adalah berlatih! Dengan memperbanyak latihan dengan mengulang terus bacaan dan menambah bacaan setiap harinya, secara tidak sadar kemampuan bahasa Inggris-mu juga akan semakin bertambah.

Tadinya mungkin kamu bisa membaca satu judul Webtoon atau Manga bahasa Inggris dalam satu bulan, dengan terus berlatih kamu bisa membaca beberapa judul Webtoon atau Manga dalam sebulan. Menarik, kan?

Selain akan menambah vocabulary bahasa Inggris dan kemampuan membaca bahasa Inggris, kamu juga bisa menambah kemampuan menulis bahasa Inggris-mu loh. Caranya dengan membuat kalimat sederhana dari kata-kata yang sudah kamu catat pada poin tiga tadi. Dengan begitu, kemampuan menulis kalimat bahasa Inggris kamu akan semakin baik.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris lewat Webtoon dan Manga. Bagaimana, seru bukan? Selain Webtoon dan Manga, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan media lain yang menurutmu seru loh. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris, penasaran apa saja? Yuk cari tahu di EF Blog!

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang seru-seru kamu juga bisa gabung di Free Demo Class EF. Disini kamu akan diajarkan oleh guru-guru yang profesional dan metode ajar yang digunakan juga seru-seru. Jadi, sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga ya! 😉