Menu
profesi
News and Lifestyle

Bukan Hanya Guru, Ini Dia Profesi untuk Penggemar Bahasa

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.01.27

Sebagian dari kamu pasti pernah mempertanyakan, kira-kira kalau belajar bahasa nanti sudah besar jadi apa ya? Pertanyaan tersebut sudah biasa kok dialami oleh seseorang yang mempelajari bahasa. Namun, belajar bahasa tidak mesti menjadi guru loh!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bahasa adalah salah satu jenis kecerdasan yang ada di dunia. Jika kamu merasa tidak pintar dalam matematika, olahraga, atau mata pelajaran lainnya, bukan berarti kamu tidak bisa apa-apa. Setiap orang tentu memiliki jenis kecerdasan yang berbeda. Bisa jadi kecerdasan kamu adalah di bahasa. Nah, kamu sudah tahu belum nih? Profesi apa saja yang bisa dilakoni oleh mereka yang menggemari bahasa?

Berikut daftar profesinya!

1. Penulis

penulis

Bagi kamu yang suka menulis, terus kembangkan bakatmu ya. Kamu bisa menjadi penulis dengan berbagai jenis tulisan loh. Seseorang yang suka menulis, tentu harus mahir berbahasa. Kamu bisa lihat berbagai penulis dengan jenis kepenulisannya.

2. Editor

editor

Selain penulis, profesi editor juga erat kaitannya dengan bahasa loh. Mengapa? Karena tahap setelah menulis adalah menyunting atau megedit, di mana seorang editor harus memeriksa ulang tulisan yang dikirim. Kemudian menyesuaikan korelasi cerita dan mengoreksi EYD. Ia juga harus mengecek kembali apakah tulisan tersebut enak dibaca atau tidak.

3. Sastrawan

sastra

Profesi yang satu ini erat kaitannya dengan puisi, drama, dan novel. Yup, ia adalah sastrawan. Kamu bisa belajar hal detail mengenai bahasa dalam puisi, drama, dan lain sebagainya loh. Banyak sastrawan yang juga berperan sebagai penulis sekaligus. Sudah pernah menjumpai karya sastrawan mana nih?

4. Penerjemah

penejermah

Jika kamu bisa dua bahasa atau lebih, baik bahasa asing mau pun bahasa daerah, kamu bisa menjadi seorang penerjemah. Misalnya, kamu bisa terjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Dengan menjadi penerjemah tentu kamu akan semakin mahir berbahasa Inggris. Kamu bisa hafal tata bahasa, menambah kosakata, dan tentunya bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar.

5. Public Relation

public-reaction

Pekerjaan yang satu ini mengharuskan kamu untuk bisa berbicara di depan umum. Kemampuan yang kamu gunakan adalah komunikasi dan tentu saja bahasa. Kamu akan menyampaikan suatu hal kepada orang lain dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tertata dengan baik.

6. Staff Diplomatik

diplomat

Kamu ingin aktif bekerja di lingkungan internasional? Nah, kamu bisa menjadi staff diplomatik dengan bekerja di kedutaan besar. Dengan pekerjaan ini, kamu harus jago bahasa asing, apalagi kalau bukan bahasa Inggris? Selain itu, kamu juga harus bisa berbicara bahasa Inggris dengan formal.

7. Enterpreneur

enterpreneur

Untuk kamu yang ingin memiliki usaha tapi tidak ingin melepaskan “bahasa”, kamu bisa menjadi seorang entrepreneur. Dari bahasa, kamu juga bisa berbisnis. Misalnya kamu buka kursus bahasa Inggris atau menjadi guru bahasa Inggris freelance.

8. Jurnalis

jurnalis

Ingin mencoba profesi yang menantang? Cobalah menjadi jurnalis. Selain mahir berbahasa, kamu juga harus sigap dan cepat, saat ada berita atau kasus baru yang muncul di masyarakat. Selain itu, seorang jurnalis juga harus menyampaikan laporan berita dengan cepat dan tegas dengan padanan kalimat yang efektif.

9. Ahli Bahasa

ahli-bahasa

Bahasa juga merupakan bidang ilmiah yang bisa diteliti. Biasanya seorang ahli bahasa disebut dengan linguis, karena bahasa secara sains disebut dengan linguistik. Kamu yang terjun di bidang ini, tentu akan membedah bahasa sedetail mungkin dengan beragam cabang ilmu linguistik. Dijamin seru!

10. Pemandu Wisata

pemandu-wisata

Kamu pernah berjalan-jalan dan didampingi oleh seorang pemandu wisata? Biasanya pemandu wisata ada di berbagai tempat, di mana nantinya ia akan memberi penjelasan terhadap obyek yang sedang dilihat atau sedang menjadi fokus oleh wisatawan. Selain kosakata yang dimiliki harus beragam, seorang pemandu wisata juga harus lancar berkomunikasi.


Bagaimana? Untuk kamu yang ngakunya suka bahasa, sudah tahu profesi di atas? Ada banyak sekali profesi yang berkaitan dengan bahasa. Terutama jika kamu menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Profesi tersebut membutuhkan orang yang tekun dan rajin belajar bahasa Inggris loh. Apakah kamu salah satunya?

Nah, untuk menjadi salah satunya, kamu perlu banget nih meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Yuk, ikut Kelas EF Gratis! Kamu akan didampingi oleh guru yang berpengalaman di bidangnya dengan materi yang interaktif dan menyenangkan!

Caranya? Mudah kok, hanya tinggal isi no hpmu di kolom halaman ini. Tom tunggu di kelas ya😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 30-01-2023