Menu
budaya jepang
News and Lifestyle

Budaya Jepang Unik Ini Terkenal hingga Negara Barat!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.11.01

Selain karena canggihnya teknologi dan kedisiplinan masyarakat. Kebudayaan Jepang juga merupakan salah satu daya tarik terbesar dari negeri sakura tersebut, loh. Ada banyak sekali kebudayaan Jepang yang unik hingga terkenal hingga negara barat. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tahukah kamu bahwa kebudayaan Jepang pada mulanya dipengaruhi oleh kebudayaan China?

Tetapi, karena adanya kebijakan isolasionisme, yaitu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Jepang di mana Jepang membatasi hubungannya dan menutup diri dari pengaruh negara-negara lain. Nah, karena adanya kebijakan tersebut terbentuklah kebudayaan Jepang yang sangat khas dan unik.

Kira-kira apa saja budaya unik Jepang yang terkenal hingga manca negara?

Berikut ini budaya unik Jepang yang terkenal hingga negara barat!

Sado

Sado atau upacara minum teh ini merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang paling terkenal. Upacara ini bukan hanya sekedar upacara minum teh biasa, loh. Sado memiliki tata cara yang harus diikuti oleh setiap orang yang hadir dalam pelaksanaannya, upacara sado juga memiliki instruktur untuk mengarahkan jalannya upacara tersebut.

Hanami

Hanami merupakan salah satu festival yang diadakan untuk menyambut bunga-bunga sakura yang bermekaran. Festival ini biasanya diadakan hanya sekali setahun yaitu saat bunga sakura bermerkaran. Festival hanami merupakan festival yang sangat terkenal dikalangan wisatawan, loh!

Ada makna tersendiri dari diadakannya festival hanami. Bunga sakura merupakan pertanda bahwa musim semi akan datang. Bunga sakura sendiri hanya mekar selama dua minggu, hal tersebut dapat diibaratkan oleh siklus kehidupan. Kehidupan yang dijalani itu tidak berlangsung lama, jadi pada festival hanami ini masyarakat Jepang akan merenungkan hidup mereka dengan memandangi bunga sakura yang bermekaran.

Matsuri: Festival

Jepang memiliki banyak sekali festival setiap tahunnya, nah salah satu festivalnya adalah matsuri. Kata Matsuri sendiri merupakan bahasa Jepang yang dapat diartikan seperti festival, secara harfiah matsuri artinya persembahan. Itulah sebabnya matsuri tidak seperti festival pada umumnya, melainkan festival yang difungsikan sebagai acara berdoa dan bersembayang. Lalu, matsuri biasanya dilakukan di kuil Buddha dan kuil Shinto pada musim panas.

Tidak hanya untuk hiburan, festival ini juga terdapat unsur ritual di dalamnya, tujuannya adalah persembahan dan permohonan kepada dewa untuk selalu diberkati, diberikan kesejahteraan, dan dijauhkan dari malapetaka.

Origami

Origami, siapa yang tidak mengenal origami? Tahukah kamu bahwa origami ternyata berasal dari Jepang?

Yup, seni melipat kertas atau yang biasa dikenal dengan kata origami ini merupakan salah satu budaya Jepang yang terkenal, loh! Bahkan, di Indonesia origami sudah diajarkan sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Nah, origami sendiri dapat membantu untuk mengasah daya pikir dan kreatifitas anak. Menarik, bukan?


Nah, itu tadi beberapa kebudayaan Jepang yang unik dan terkenal hingga negara barat. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya dan berkunjung langsung ke Jepang?

Kalau kamu ingin pergi ke Jepang, kamu harus memiliki modal bahasa, loh! Tidak harus bahasa Jepang, setidaknya kamu harus menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Belum bisa berbahasa Inggris? Tenang saja, yuk bergabung di Free Demo Class, EF. Di EF kamu akan diajarkan materi-materi bahasa Inggris yang seru.

Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga ya!😉