Menu
EF English First
Education Advice

Biaya Pendidikan Bahasa Inggis untuk Anak

2020.05.06

Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia telah mengalami kemajuan signifikan beberapa tahun belakangan ini. Hal ini disebabkan karena pandangan masyarakat terhadap pentingnya peranan bahasa Inggris dalam menghadapi era globalisasi yang sudah berlangsung cukup lama.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat serta diikuti dengan kualitas pendidikan bahasa Inggris yang ikut berkembang, maka kini biaya pendidikan bahasa Inggris untuk anak telah mengalami ragam perubahan pula.

Dua puluh tahun yang lalu, pendidikan bahasa Inggris bukan suatu keterampilan yang dianggap wajib untuk dipelajari. Kini karena tuntutan perkembangan jaman, bahasa Inggris menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai jika kita ingin maju berkarir di kota-kota besar Indonesia. Dengan demikian, telah banyak jasa yang menawarkan pelatihan bahasa Inggris, dari bahasa Inggris untuk anak-anak, remaja, hingga karyawan.

Untuk bahasa Inggris anak, yang membedakan dari segi biaya adalah dari tempat kursus itu sendiri. Untuk kursus privat biaya yang dikenakan akan jauh lebih mahal ketimbang kurus regular, di mana anak akan turut belajar bersama dengan anak-anak kecil lainnya. Keuntungan dari kursus privat adalah, fokus daripada guru yang mengajar akan sepenuhnya jatuh pada satu anak tersebut.

Kekurangannya adalah, anak tidak dapat mempraktekkan dan melatih keterampilan yang diperolehnya dengan anak seumurannya. Dan itulah kelebihan dari kelas regular anak-anak. Mereka dapat belajar dan bermain bersama dalam ruang lingkup bahasa Inggris. Namun, perhatian guru akan terbagi-bagi, dan terkadang anak yang lebih aktif akan mendominasi perhatian guru tersebut.

Pembedaan biaya pendidikan bahasa Inggris untuk anak lainnya adalah, dari ketersediaan alat pendukung belajar pada tempat kursus. Jika tempat kursus tersebut menyediakan peralatan belajar seperti komputer terbaru dan terhebat tahun ini, serta interactive white board, maka biaya kursus di tempat tersebut akan jatuh sangat mahal hingga 3 kali lipat dari harga kursus lainnya. Namun jika jasa pelatihan yang ditawarkan dimenawarkan peralatan apa pun, dan hanya buku teks saja, maka harganya akan cenderung lebih murah.

Kisaran dari biaya kursus itu sendiri jatuh di antara harga 1,5 juta hingga 5 juta rupiah pertingkatnya. Namun, untuk kursus privat, maka pengajar akan dibayar per jam, dan kisaran harganya sekitar 100 hingga 300 ribu per jamnya. Semoga informasi di atas membantu. You can’t put a price on education. Knowledge is priceless.

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku