Menu
ceremonial speaking
Listening and Speaking

Berani Tampil di Depan Umum, Ini Jenis Public Speaking dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.09

Pernahkah kamu mencoba berbicara di depan umum? Jika belum, kamu sebaiknya membaca artikel dari Tom ini sampai selesai. Ada banyak jenis public speaking yang bisa dipelajari dalam bahasa Inggris. Yuk simak, gaya public speaking seperti apa yang sesuai untukmu?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dengan menguasai keterampilan public speaking, kamu dapat mengungkapkan ide, menyampaikan pendapat, atau memengaruhi orang lain melalui kemampuan berbicara di depan banyak orang. Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita pahami terlebih dahulu, apa sebenarnya arti dari public speaking?

Pengertian Public Speaking

tujuan public speakin

Public speaking atau berbicara di depan umum, itu penting banget, lho! Ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap orang untuk menyampaikan suatu masalah atau topik secara lisan di depan banyak orang. Jadi, public speaking itu seperti keterampilan berbicara di hadapan orang banyak.

Nah, tujuannya ada tiga, yaitu memberikan informasi kepada banyak orang, menjadi alat persuasi atau ajakan, serta menghibur audiens. Jadi, ketika kamu berbicara di depan umum, kamu bisa memberikan info penting, mengajak orang untuk mempercayai atau melakukan sesuatu, dan juga membuat suasana jadi lebih menyenangkan buat pendengar.

Setelah memahami apa itu public speaking dalam bahasa Inggris, sekarang Tom akan membahasa mengenai jenis-jenis public speaking. Public speaking memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan tujuan dan pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Jenis-Jenis Public Speaking

macam-macam public speaking

Keterampilan public speaking atau kemampuan berbicara di depan orang banyak memiliki beragam jenis yang bisa disesuaikan dengan konten yang akan disampaikan kepada audiens. Kira-kira ada berapa jenis public speaking?

Demonstrative Speaking

Pertama, adalah bentuk public speaking yang bertujuan untuk menunjukkan atau melakukan sesuatu di depan audiens. Seorang pembicara akan menggambarkan atau memperagakan langkah-langkah atau prosedur secara lisan sambil mencontohkannya secara langsung. Demonstrative speaking ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mendorong pendengar untuk mengikuti contoh yang diberikan oleh pembicara. Contoh dari jenis ini bisa berupa chef yang mempraktikkan cara memasak di depan banyak orang.

Ceremonial Speaking

Kedua, ceremonial speaking adalah jenis public speaking yang dilakukan dalam konteks acara-acara seremonial atau formal. Biasanya diucapkan oleh MC atau moderator dalam acara resmi. Isi dari speaking ini seputar jalannya acara atau informasi terkait dengan kegiatan tersebut.

Informative Speaking

kemudian, informative speaking adalah bentuk public speaking yang bertujuan memberikan informasi kepada audiens. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pendengar dan seringkali berfokus pada penyampaian informasi secara jelas dan padat. Contohnya adalah guru yang memberikan informasi terkait ujian kepada siswa.

Persuasive Speaking

Lalu, persuasive speaking adalah jenis public speaking yang bertujuan untuk meyakinkan atau mengajak audiens untuk mengambil tindakan tertentu. persuasive speaking seringkali digunakan untuk mempromosikan ide, produk, atau layanan dengan cara yang meyakinkan.

Entertaining Speaking

Terakhir, entertaining speaking adalah bentuk pidato yang didesain untuk menghibur pendengar. Contoh paling umum dari jenis ini adalah pertunjukan stand-up comedy, di mana pembicara berusaha membuat audiens tertawa dan menikmati waktu mereka.

Sampai di sini, tentu kamu sudah memahami tentang pengertian dan jenis-jenis public speaking, bukan? Yang paling penting dalam public speaking adalah terbiasa berbicara di depan umum. Bagaimana caranya? Yap, dengan terus berlatih, karena latihan merupakan kunci keberhasilan dalam public speaking.

Supaya kamu tidak gugup saat public speaking, bagaimana kalau kamu mencoba langsung berlatih public speaking bersama EF? Di EF, kamu bisa mempelajari public speaking dalam bahasa Inggris dengan guru yang profesional menggunakan metode belajar yang menyenangkan. Selain itu, kelasnya interaktif sehingga kamu tidak akan mudah bosan saat belajar bahasa Inggris.

Penasaran dengan keseruan kelasnya? Yuk ikuti kelas demo gratisnya dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Kesempatan terbatas!

Tom tunggu di kelas ya!