Menu
menulis essay dalam bahasa inggris
Reading and Writing

Belajar Menulis Essay Bahasa Inggris

writing tipslangkah menulistips menulis
2020.04.16

Apakah kamu sering mendapatkan tugas untuk menulis essay dalam bahasa Inggris? Jangan terintimidasi! Dalam artikel berikut ini, ada beberapa tahapan dengan penjelasan singkat untuk mempelajari cara menulis essay bahasa Inggris secara efektif. Yuk, simak bersama-sama!

Essay merupakan jenis tulisan singkat yang membutuhkan ragam kemampuan dari murid, seperti membaca, menganalisa, melakukan perbandingan dan kontras, melakukan bentuk tulisan yang persuasif, ringkas, jelas dan mudah dimengerti. Untuk menguasai kemampuan di atas, beberapa keterampilan dalam bahasa Inggris perlu dipelajari dan digunakan, seperti kosakata-kosakata untuk menghubungkan dua argumen yang kontradiktif, atau ungkapan-ungkapan umum yang digunakan dalam mengulas suatu hasil penelitian.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tujuan dari essay sendiri adalah untuk mendorong pelajar mengembangkan ide serta konsep yang dihasilkan sendiri dari hasil analisa mereka ke dalam bentuk tulisan, dengan beberapa arahan akademis. Oleh sebab itu, bentuk essay sendiri pada dasarnya memiliki penjelasan yang ringkas, serta jelas tujuan dan arah akan argument dalam essay tersebut. Dengan demikian, tulisan harus terstruktur, perkembangan alur harus jelas dan tidak keluar dari topik atau tujuan dari penulisan essay.

Dalam belajar menulis essay bahasa Inggris, perlu diketahui bahwa terdapat empat genre, yaitu:

1. Expository

Expository adalah jenis essay yang memerlukan keterampilan pelajar untuk menginvestigasi sebuah ide, evaluasi bukti, mengembangkan ide, serta menyampaikan sebuah argumen yang sesuai dengan topik dengan cara yang jelas dan ringkas. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan ragam perbandingan dan kontras akan konsep topik, juga menggali definisi secara mendalam dan analisa lainnya. Kamu dapat melatih kemampuan, misalnya dengan menulis esai yang membahas tentang konsep belajar online, bisa juga diperluas dengan membandingkannya terhadap belajar offline.

2. Descriptive

Descriptive essay menuntut pelajar untuk menjelaskan sesuatu secara mendetil. Bentuk essay satu ini mendorong pelajar untuk berpikir secara kreatif dalam menuangkan gagasannya ke dalam kata-kata yang rinci. Dengan demikian, pembaca dapat memiliki gambaran yang jelas tentang topik yang disampaikan. Contoh esai yang dapat kamu tulis adalah esai yang mendeskripsikan tentang anggota keluarga, hobi, hewan peliharaan, dan sebagainya.

3. Narrative

Essay dengan bentuk naratif memiliki alur layaknya cerita. Pelajar dapat bereksperimen lebih dalam dan luas dengan menghasilkan bentuk tulisan yang personal, dan menggunakan filosofi yang menguatkan ide. Narrative essay banyak digunakan untuk menuliskan pengalaman pribadi yang dikombinasikan dengan landasan akademis. Kamu bisa mencoba mempelajarinya dengan membuat esai untuk kepentingan mendaftar kuliah dan beasiswa.

4. Argumentative

Argumentatif di sini menghruskan pelajar untuk melakukan analisa dan penelitian topik yang mendalam dan menyeluruh terlebih dahulu. Data yang diperoleh untuk essay ini umumnya berasal dari hasil wawancara, survey, studi pustaka, dan observasi dari ragam perspektif orang yang berbeda. Oleh karena itu, argumentative essay bersifat ilmiah dan kebanyakan dipraktikkan di dunia akademis. Misalnya, esai yang menuliskan tentang isu-isu sosial dan politik di masyarakat.


Itu dia beberapa cara menulis essay bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Ingin mengetahui tips menulis dalam bahasa Inggris lainnya? Kamu bisa simak artikel lainnya yang terdapat di reading & writing section.