Menu
belajar di era new normal
Education Advice

Belajar di Era New Normal, Apakah Sulit?

parenting tips
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.07.20

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengenai perubahan sistem pendidikan di era new normal? Saat kebanyakan sekolah membatasi kegiatan pembelajaran tatap muka, Anda mungkin khawatir akan keberlangsungan pendidikan anak-anak Anda. Namun, apakah sebenarnya tantangan-tantangan yang muncul? Akankah hal-hal baru tersebut sulit untuk dihadapi?

Berbicara tentang new normal, era ini merupakan sebuah babak baru di dunia yang mempengaruhi berbagai sektor di dunia, termasuk di antaranya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu hal krusial. Dalam new normal, mungkin kegiatan pembelajaran tradisional akan dibatasi, dan muncul kekhawatiran tentang efektivitas kegiatan belajar dengan model yang baru ini.

Menghadapi tantangan tersebut, berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan dalam sektor pendidikan saat kita memasuki era new normal, serta bagaimana cara menghadapinya:

Munculnya Beragam Jenis Pembelajaran Model Baru

metode pembelajaran baru

Sepuluh tahun yang lalu, belajar online atau daring mungkin bukan suatu hal yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Namun, dalam setahun belakangan ini, metode belajar online menjadi alternatif yang populer untuk dipakai sebagai pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung.

‘Belajar online’ sendiri merupakan istilah yang dapat mencakup berbagai macam jenis model pembelajaran. Model-model tersebut dapat berupa pembelajaran daring yang interaktif, melalui platform media sosial, hingga artikel di blog atau website edukasi. Walau begitu, menurut penelitian, pembelajaran tatap muka atau interaktif tetap menjadi model yang paling efektif karena terjadi komunikasi antara pengajar dan kelas yang diajar. Karenanya, tetaplah memilih pembelajaran daring yang menawarkan fleksibilitas dalam komunikasi antara guru dan murid.

Apakah belajar online merupakan satu-satunya model pembelajaran baru yang dapat diandalkan pada era new normal? Memang terdapat beberapa metode lain yang bisa diaplikasikan, misalnya melalui media televisi atau radio. Namun, untuk saat ini pembelajaran online hanyalah satu-satunya metode yang dapat menawarkan kegiatan belajar-mengajar secara interaktif. Untuk beberapa waktu ke depan, tampaknya belajar online tetap akan menjadi metode yang paling bisa Anda andalkan.

Kompetensi Guru Diuji

mengajar saat online learning

Dalam metode pembelajaran yang baru, salah satu hal yang mungkin menjadi tantangan utama adalah mengenai tenaga pengajar. Berbeda dengan kelas tatap muka secara langsung saat sang pengajar dapat secara langsung melihat murid-muridnya, dalam pembelajaran online di era new normal, guru hanya dapat melihat mereka dari balik layar kaca. Dibutuhkan usaha untuk memastikan bahwa semua murid dapat memperhatikan pelajaran dengan baik. Pada saat itulah, kompetensi seorang guru diuji.

Tidak hanya dalam proses belajar mengajar, seorang guru bahkan dituntut untuk dapat mengerti teknologi-teknologi baru yang dapat mendukung kegiatan mengajar mereka secara daring. Mereka juga tetap harus meyakinkan murid dan wali murid bahwa kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilakukan dengan normal.

Selain itu, guru juga diharapkan dapat menjaga aktivitas belajar mengajar untuk menjadi lebih menyenangkan dan penuh interaksi. Hal ini dapat mengobati kerinduan anak-anak terhadap pembelajaran tatap muka secara langsung, serta membuat kelas menjadi lebih hidup.

Lembaga Pendidikan Harus Dapat Menjamin Keamanan dan Kenyamanan Murid dalam Proses Belajar Mengajar

belajar dengan aman dan nyaman

Penggunaan platform atau media digital untuk konferensi lewat video, atau bahkan aplikasi berbasis teks, menjadi pilihan favorit dari banyak lembaga pendidikan. Namun, apakah lantas kecanggihan ini menjamin keamanan dan kenyaman dari para murid saat proses belajar mengajar?

Saat semua informasi dikirimkan melalui Internet, lembaga pendidikan harus menjamin bahwa data para murid harus aman dan terjaga. Selain dari ancaman privasi data, lingkungan untuk para siswa yang dapat menjamin keamanan mereka baik dari cyber bullying hingga informasi pribadi. Lembaga pendidikan harus mempunyai solusi untuk menjamin bahwa para murid tetap dapat bisa mengikuti pelajaran tanpa rasa khawatir.

Pentingnya Komunikasi antara Murid, Wali Murid dan Pengajar

komunikasi orang tua dan guru

Karena kegiatan tatap muka secara langsung kini dibatasi, maka lembaga pendidikan harus mempunyai cara untuk melangsungkan komunikasi antara Anda sebagai wali murid dan para pengajar.

Pada era new normal, wali murid akan menghabiskan lebih banyak waktu mereka dengan anak-anaknya, dan mendampingi mereka saat belajar daring. Karena itulah, lembaga pendidikan harus dapat memberikan perhatian lebih kepada wali murid, dan memberikan kabar mengenai perkembangan murid-murid kepada orang tua.

Saat belajar daring, tidak hanya antara guru dan murid, komunikasi antar orang tua dan anak menjadi satu hal yang penting. Dalam satu penelitian, terbukti bahwa anak-anak akan lebih fokus dalam belajar ketika ada seseorang yang menemani mereka.

Karenanya, peran Anda sebagai orang tua adalah unsur utama dalam pendidikan new normal.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda merasa pendidikan di era new normal sulit? Walau Anda mungkin merasa demikian, jawaban yang sebenarnya adalah ‘tidak’.

Pilihlah program belajar dan lembaga pendidikan yang dapat membantu anak Anda serta Anda sebagai orang tua untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar tanpa rasa khawatir. Contohnya adalah seperti Program Online Learning milik EF, yang telah terjamin dalam memenuhi keempat poin penting di atas.

Selain itu, dalam rangka kembali ke sekolah, kini EF membuka penawaran khusus untuk memperoleh diskon* serta Free Merchandise* keren dari EF!

Bagaimana caranya? Anda cukup mengisi data diri Anda pada kolom di bawah dan course consultant kami akan menghubungi Anda.

Yuk, songsong era new normal dengan pendidikan terbaik untuk putra-putri Anda!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ben Small Stars
Author
Ben