Menu
beans
Grammar and Vocabulary

Bedanya Nut dan Bean, Jangan Sampai Salah!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.02

Bean dan nut dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai kacang. Kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang hijau, sejak dulu orang Indonesia menyebut mereka kacang. Karena hal ini, wajar saja kalau kita menganggap bean dan nut sama. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya bean dan nut berbeda? Ada yang tahu letak perbedaan bean dan nut? Kalau belum tahu, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai ya! I am going to spill the beans!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Perbedaan Bean dan Nut

Bean dan nut jika diartikan dalam bahasa Indonesia sebenarnya punya makna yang berbeda, yaitu biji dan kacang. Keduanya masih tergolong dalam satu keluarga. Lalu apa yang jadi perbedaan biji dan kacang?

Bean

Bean atau biji-bijian tergolong dalam tanaman polong-polongan atau legume. Sebenarnya biji-bijian masih bisa dibagi lagi menjadi grain dan seed, tapi kali ini kita hanya fokus membahas kelompok polong-polongan ya!

Jika dilihat dari bentuknya, polong-polongan punya tekstur kulit yang lembut dan mudah untuk dikupas dengan tangan. Biasanya dalam satu pod bisa berisi satu sampai enam biji. Yang membedakan biji-bijian dengan kacang-kacangan yaitu, biji bisa ditanam agar tumbuh tanaman baru. Misalnya kalau kamu menanam kacang hijau, dia akan tumbuh menjadi tauge.

Yang termasuk jenis polong-polongan yaitu

peanut

Peanut = kacang tanah

soybean

Soybean = kacang kedelai

mungbean

Mungbean = kacang hijau

peanut

Red bean = kacang merah

mungbean

Green pea = kacang polong

FYI!

Kacang tanah atau peanut memang termasuk dalam kelompok legume atau polong-polongan. Tapi di dunia kuliner, kacang tanah tergolong sebagai nut.

Nut

Sedangkan nut atau kacang-kacangan tumbuh di pohon. Nut bisa dibilang lebih mirip dengan buah yang keras karena tumbuhnya di atas pohon. Tidak hanya isinya yang keras, kulit yang melindungi kacang juga keras sehingga perlu alat bantu untuk mengeluarkan isinya.

Yang termasuk jenis kacang-kacangan yaitu

cashew

Cashew = kacang mete

hazlenut

Hazelnut = kacang hazel

pistachio

Pistachio = kacang pistachio

almond

Almond = kacang almon

walnut

Walnut = walnut

chestnut

Chestnut = kastanye

Manfaat Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Baik kacang atau biji, keduanya kaya nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat yang baik agar makanan yang ada di lambungmu bisa dicerna dengan baik sehingga kamu tidak cepat lapar. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan protein, vitamin B, selenium, kromium, vitamin E, fosfor, dan magnesium.

Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantumu menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang dan gigi, dan meningkatkan kecerdasan.

Untuk meningkatkan kecerdasan, kamu juga harus rajin belajar bahasa Inggris ya! Belajar bahasa Inggris di EF banyak manfaatnya, loh! Kamu bisa lebih cepat mahir speaking dan menghafal kosakata baru karena di EF kamu bisa belajar sambil bermain. Kamu bisa mendapat ilmu baru dan teman baru juga! Asyik kan?

Penasaran ingin belajar bahasa Inggris sambil bermain? Kamu bisa belajar tanpa bayar di Free Demo Class EF. Ayo ajak teman-temanmu dan daftar sekarang ya!