Menu
Bahasa Inggris tangan dan bagiannya
Grammar and Vocabulary

Bahasa Inggris Tangan dan Bagiannya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.10.15

Apakah kamu pernah memperhatikan bagian-bagian dari tangan? Jika bahasa Inggris tangan adalah hand maka bahasa Inggris jari tangan yaitu finger. Jari tangan kita masing-masing memiliki lima bagian. Kira-kira, apa saja bahasa Inggrisnya?

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Biasanya kita menggunakan tangan untuk memegang sesuatu, menulis, melukis, bermain piano, dan banyak kegiatan lainnya. Jika kita perhatikan semua bagian pada tangan berfungsi secara bersama-sama, terutama jari tangan.

Apabila kamu belum tahu bahasa Inggris dari bagian tangan, yuk pelajari bersama di artikel ini sampai tuntas. Check this out!!

bahasa Inggris tangan

Thumb

  • Gambar tangan 1

Thumb merupakan bagian dari jari tangan yang disebut juga sebagai jempol atau ibu jari. Thumb lebih pendek dan gemuk dari jari lainnya. Biasanya, kita menggunakan thumb untuk menekan sesuatu, atau memegang sebuah benda dengan bantuan dari jari lainnya.

Selain itu, kita juga akan menggunakan thumb untuk mengekspresikan bahwa kita setuju atau menyukai sesuatu dengan mengacungkannya.

Index finger

  • Gambar tangan 2

Index finger adalah jari tangan kedua setelah thumb. Dalam bahasa Indonesia, index finger disebut sebagai jari telunjuk.

Index finger biasanya yang paling peka dari jari lainnya, serta kerap kita gunakan untuk menunjuk sesuatu. Ada pepatah yang mengatakan bahwa menunjuk ke arah seseorang merupakan hal yang tidak sopan. Pepatah tersebut juga dimaknai sebagai satu jari yang menunjuk seseorang maka empat jari yang lain menunjuk dirinya sendiri.

Middle finger

  • Gambar tangan 3

Sesuai dengan namanya, middle berarti tengah dan finger berarti jari. Middle finger atau jari tengah ini merupakan jari yang terpanjang di antara bagian lainnya.

Di beberapa negara, terutama negara Barat, mengacungkan jari tengah dianggap tidak sopan atau sebagai penghinaan. Beda halnya jika middle finger dan index finger diluruskan bersamaan maka akan berbetuk “V” yang berarti tanda peace dengan arti kedamaian atau victory yang berarti kemenangan.

Ring finger

  • Gambar tangan 4

Jari tangan ini adalah jari manis karena merupakan jari yang dipilih sebagai tempat cincin kawin berada. Ketika tunangan, calon mempelai akan mengaitkan cincin ke jari manis di tangan kirinya. Setelah itu, akan dipindahkan ke jari manis di tangan kanannya.

Little finger

  • Gambar tangan 5

Jari tangan ini adalah jari terkecil di tangan. Secara informal, little finger disebut juga sebagai pinky yang berarti jari kelingking dalam bahasa Indonesia.

Sejak zaman dahulu, kita menggunakan little finger untuk melakukan janji kelingking agar dapat menjaga rahasia masing-masing. Selain itu, janji kelingking juga kerap digunakan sebagai tanda bahwa mereka sudah berteman lagi atau berbaikan.

Fingernail

  • Gambar tangan 6

Fingernail atau kuku jari adalah bagian tangan yang ada di ujung jari. Dengan adanya fingernail, jari kita akan terlindungi dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Palm

  • Gambar tangan 7

Bagian tangan yang satu ini sudah umum kita ketahui. Palm dalam bahasa Indonesia adalah telapak tangan. Kadang kala peramal akan membaca telapak tangan kita untuk mengetahui hal-hal tentang kita di masa depan.

Wrist

  • Gambar tangan 8

Wrist merupakan sendi di antara tangan dan lengan. Nah, biasanya kita akan memakai jam maupun gelang di pergelangan tangan atau wrist.

Nah, itu lah bahasa inggris tangan dan bagiannya. Apakah kamu sudah menghafalkannya? Jika belum, kamu bisa ikut kelas demo GRATIS di EF untuk menghafalkan banyak vocabulary dengan mudah dan cepat.

Caranya mudah sekali, nih! Hanya dengan isikan data diri kamu pada halaman ini, kemudian kamu sudah mendapat kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan guru yang profesional.

Jika tidak sekarang, kapan lagi? Yuk, gabung dengan EF!

Ben Small Stars
Author
Ben