Menu
cara belajar efektif
Education Advice

Melatih Inggris Anak Beberapa Minggu, Efektifkah?

2020.05.27

Anda mungkin sering melihat pamflet yang menyebutkan tentang ‘Lancar Bahasa Inggris dalam Beberapa Minggu!’ dan semacamnya saat sedang berada di jalan. Namun, apakah ajakan tersebut benar adanya? Metode pengajaran seperti apa yang kira-kira dapat membuat belajar bahasa Inggris jangka pendek menjadi efektif? Apa pengaruhnya bagi perkembangan anak-anak Anda?

Saat memasuki liburan sekolah, beberapa minggu waktu luang yang anak punya mungkin akan membuat Anda bingung. Pada saat itu, Anda mungkin akan mencari-cari kegiatan yang dapat membantu meningkatkan keahlian si buah hati, namun pada saat yang sama, tidak akan membuatnya jenuh.

Ini adalah saat ketika Anda harus mencari cara untuk meningkatkan kemampuan dasar anak Anda sambil melakukan kegiatan yang juga dapat menghiburnya. Bahasa Inggris adalah satu kemampuan utama yang anak-anak dapat pelajari di waktu luangnya saat ini. Namun, anak Anda hanya memiliki beberapa minggu waktu luang—yang berarti mungkin program pendidikan yang dapat Anda ambil hanyalah program yang berjangka pendek.

Apakah program pendidikan yang hanya dilalui dalam beberapa minggu dapat menjadi efektif? Metode pembelajaran apa yang paling baik yang bisa Anda berikan untuk mereka?

Belajar Bahasa Inggris Jangka Pendek: Efektif! Namun…

cara belajar efektif

Seperti hal pertama yang menjadi pertanyaan Anda saat ini: Apakah belajar bahasa Inggris jangka pendek dapat menjadi efektif?

Jawabannya: Tentu saja! Namun, untuk membuatnya menjadi efektif, hal ini harus dilakukan dengan metode yang tepat.

Tidak semua program belajar dapat mengakomodasi hal ini, dan metode yang digunakan juga tidak boleh asal-asalan. Satu hal yang menjadi tantangan yang mungkin dapat Anda lihat saat mencari program bahasa Inggris untuk anak, adalah bahwa mereka akan cepat merasa bosan dan tidak cukup percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri.

Metode apa yang lantas harus Anda cari dalam sebuah pembelajaran bahasa Inggris? Kita mungkin dapat mengambil Efekta sebagai jawaban paling baik.

Apa itu Efekta? Wendy George, Academic Operation Managers EF Kids and Teens Indonesia, menjelaskan bahwa Efekta adalah sebuah metode efektif yang digunakan dalam program kursus jangka pendek dan panjang. Metode ini telah diterapkan oleh EF dalam program kursusnya.

Terdapat 4 poin metode Efekta yang dapat Anda simak di bawah ini:

Learn (Mempelajari)

Minat anak-anak dikembangkan melalui lagu-lagu, yel-yel dan cerita yang menarik. Bahasa yang baru bagi mereka kemudian diperkenalkan melalui cerita-cerita dengan gambar yang menyenangkan. Sementara itu, aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara, membaca dan mendengar mereka melalui lingkungan yang nyaman dan seru juga harus menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan.

Try (Mencoba)

Anak-anak melatih kemampuan bahasa Inggris mereka melalui praktek yang dilakukan secara terus-menerus melalui aktivitas yang berbau reseptif(membaca dan mendengarkan) dan produktif(membaca dan menulis).

Apply (Menerapkan)

Anak-anak menggunakan bahasa asing yang baru mereka pelajari tersebut dalam kegiatan interaktif dalam pertunjukkan atau komunikasi dua arah menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka.

Certify (Menilai)

Guru-guru mengukur perkembangan kemampuan anak-anak secara menyeluruh dan menyampaikan pada orang tua. Hal ini dilakukan agar orang tua juga mengetahui perkembangan mereka. Di akhir program belajar, anak-anak diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah mengikuti program kursus sampai akhir.

Pengaruh pada Anak

pengaruh pada anak

Walau begitu, adakah bukti konkrit yang menyatakan bahwa metode di atas merupakan metode terbaik untuk pengajaran bahasa Inggris anak? Bagaimana cara Efekta meningkatkan kemampuan anak dan menumbuhkan minatnya dalam waktu yang singkat?

Sebagai seorang ahli pendidikan, Wendy George kemudian kembali menjelaskan hal ini.

“Para ahli setuju bahwa anak-anak lebih dapat menyerap pelajaran ketika lingkungan belajar mereka dapat menawarkan keamanan, kenyamanan dan kegiatan yang menyenangkan,” kata Wendy.

Hal ini bisa didapatkan, jelasnya, dalam program liburan EF yang bertajuk Storyteller. Dalam program pembelajaran tersebut, anak-anak dapat merasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dalam lingkungan yang ideal.

“Dalam Storyteller, misalnya, anak-anak yang bahkan belum pernah berada dalam lingkungan berbahasa Inggris dapat belajar dalam lingkungan yang menyenangkan, dan dapat menumbuhkan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris. Jika mereka telah mempelajari bahasa Inggris sebelumnya, mereka tetap dapat memperoleh banyak kosakata baru dan lebih banyak lagi paparan dalam bercakap-cakap dalam bahasa Inggris,” tambah Wendy kemudian.

Anak-anak juga dapat memperkuat kemampuan bersosialisasi mereka dalam program tersebut, seperti membangun percaya diri mereka, berpartisipasi dalam kerja tim, dan melatih imajinasi serta kreativitas mereka. Storyteller merupakan contoh terbaik bagaimana sebuah program belajar jangka pendek dapat menjadi metode yang efektif jika dilakukan dengan pendekatan yang tepat.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mengembangkan Kemampuan untuk Masa Depan

masa depan anak-anak

Setelah minatnya tumbuh dan mereka sadar mengenai asyiknya belajar bahasa Inggris sebagai sebuah bahasa yang baru untuk mereka, seorang anak biasanya akan termotivasi untuk lebih banyak belajar dan secara cepat mengembangkan kemampuan mereka.

“Setelah minatnya dikembangkan dalam program kursus jangka pendek, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan mereka dan menyalurkan minatnya dengan melanjutkan ke program dengan jangka yang lebih panjang. Ini adalah cara mempertahankan momentum mereka untuk terus menerus belajar bahasa Inggris,” jelas Wendy lagi.

Dengan terus menerus berlatih, tentunya seseorang dapat memperoleh kemampuan yang lebih baik. Namun untuk seorang anak, ‘berlatih’ tidak harus menjadi kegiatan yang terdengar membosankan.

Seorang murid di EF, memperoleh kecakapan bahasa Inggris yang sangat baik setelah merasakan pengalaman belajar dan lingkungan yang menyenangkan. Mereka akan termotivasi untuk belajar lebih banyak, memperoleh kemampuan yang lebih tinggi lagi serta mendapatkan kepercayaan diri. Ini adalah cara bagi anak-anak untuk kemudian terjun ke persaingan global, melalui kebebasan berkomunikasi yang dapat membantu mereka untuk melewati batas-batas antar budaya dan negara.

Jadi, apakah Anda akan mengisi liburan anak Anda dengan kegiatan terbaik yang bisa ia dapatkan?