Menu
bangun ruang
Grammar and Vocabulary

Ayo Mengenal Nama Bangun Ruang dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.03

EFriends, apakah kamu tahu apa bentuk bumi? Bentuk topi ulang tahun? Bentuk rubik? Hari ini, ayo kita belajar tentang nama-nama bangun ruang dalam bahasa Inggris!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sudah tahu macam-macam bangun ruang? Bangun ruang, atau dalam bahasa Inggris disebut three-dimensional shapes. Disebut tiga dimensi karena bentuknya yang punya lebar, panjang dan tinggi. Bangun ruang tidak cuma balok, kubus, bola dan kerucut saja, lho. Masih ada bentuk lainnya. Mau tahu apa saja?

rubik

Kubus = Cube

Bentuk kubus itu seperti kotak yang semua sisinya sama panjang. Apakah kamu punya rubik atau dadu? Mereka adalah contoh benda yang berbentuk kubus.

kotak pensil

Balok = Cuboid

Jangan tertukar dengan kubus, ya EFriends! Balok ini lebih panjang daripada lebar dan tingginya. Ingat kotak pensilmu? Itu bisa disebut sebagai balok! Sstt, apakah kamu tahu nama lain dari balok?

bola

Bola = Sphere

Hayo, siapa yang baru tahu kalau bahasa Inggrisnya bentuk bola adalah sphere? Jangan sampai keliru dengan ball seperti basketball, atau soccer, ya! Bentuk bola ini kalau kita lihat dari segala arah, bentuknya tetap bulat sempurna. Asyik, kan?

jeruk

Setengah bola = Hemisphere

Dinamai setengah bola karena memang bentuknya adalah bola yang dibagi dua. Seperti buah jeruk yang dibagi dua, atau seperti mangkuk! Apakah kamu bisa menyebutkan benda apa lagi yang bentuknya menyerupai setengah bola?

sedotan

Tabung = Cylinder

Coba ambil sedotan dan perhatikan bentuknya. Yup, namanya adalah tabung. Bentuknya panjang, tapi kedua sisinya berbentuk lingkaran.

es krim

Kerucut = Cone

Bentuk dasarnya lingkaran, tapi lancip ke atas. Kalau dilihat tegak dari depan seperti segitiga. Itulah kerucut. Kamu bisa bayangkan cone es krim atau topi penyihir seperti yang ada di film.

arsitektur bangunan

Limas segitiga = Triangle pyramid

Sekarang, ayo kenali limas segitiga. Limas segitiga ini unik karena kamu akan melihat bentuk segitiga di setiap sisi. Bayangkan kamu punya 4 buah segitiga yang digabung setiap sisinya. Bentuk ini biasanya bisa kamu temukan di dekorasi atau arsitektur bangunan.

piramida

Limas segi empat = Square pyramid

Limas segi empat ini mirip dengan limas segitiga, tapi segitiga di dasarnya digantikan oleh sebuah persegi. Salah satu contoh limas segi empat adalah piramida yang ada di Mesir.

atap rumah

Prisma segitiga = Triangular prism

Berbentuk seperti balok, tapi kedua sisinya berbentuk segitiga, lalu sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Apakah kamu tahu benda apa yang berbentuk prisma segitiga? Ya, benar! Atap rumah!

american football

Elipsoid = Ellipsoid

Bentuk satu ini memang unik, EFriends. Kamu bisa bayangkan bentuk oval dalam versi tiga dimensi, itulah elipsoid. Kamu mungkin pernah melihat buah pepaya berbentuk elipsoid, atau bola yang ada di olahraga American football.

Itu tadi beberapa macam bentuk bangun ruang. Bentuk apa yang baru kamu tahu EFriends? Tom mau menantang kamu agar petualangan dan observasimu jadi semakin menarik! Coba sebutkan nama bangun ruang dengan melihat benda-benda yang ada di sekitarmu.

Bagaimana? Seru kan belajar mengenal bangun ruang dalam bahasa Inggris bareng Tom? Kamu mau belajar hal seru lainnya? Yuk belajar bareng di EF! Banyak aktivitas keren yang bikin belajar makin seru. Kamu bisa coba ikut kelas gratis dulu, ya. Cukup daftarkan nomor HP-mu pada form yang ada di halaman ini.

Tom tunggu di kelas ya!