Menu
mogok sekolah
Education Advice

Atasi Anak Mogok Sekolah dengan Bekal Kemampuan Organisasi

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.17

Sekolah, tempat kursus, dan akademi apapun seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan untuk anak-anak agar menumbuhkan motivasi sekolah dan semangat menuntut ilmu. Tapi ada kalanya anak-anak tidak ada motivasi sekolah karena alasan yang bervariasi. Di artikel kali ini akan mengulas tips bagaimana mengatasi anak bolos atau mogok sekolah.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ada banyak faktor yang membuat anak mogok sekolah, internal atau eksternal. Bisa jadi alasan anak tidak ada motivasi sekolah dikarenakan mereka kurang bisa mengikuti penjelasan guru, kurang bisa bersosialisasi, atau yang paling serius, menjadi korban perundungan. Motivasi sekolah yang menurun punya pengaruh besar terhadap prestasi anak di sekolah

Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk memastikan anak-anak semangat menuntut ilmu. Anak-anak cenderung punya prestasi lebih baik di sekolah ketika orang tua mendukung upaya akademis mereka. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika anak mogok sekolah.

1. Terlibat dalam aktivitas sekolah

Sesibuk apapun, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menggali informasi tentang sekolah anak. Hadir dalam pertemuan orang tua jadi salah satu cara termudah untuk membantu Anda mengetahui agenda dan program yang dijalankan sekolah. Acara pertemuan orang tua juga bisa jadi kesempatan mengenal lebih jauh tentang lingkungan sekolah, para guru dan teman-teman anak. Dengan begitu, Anda bisa mendapat gambaran kira-kira apa yang membuat anak mogok sekolah atau bolos.

2. Pahami kebijakan sekolah

Masih berhubungan dengan tips pertama, sebagai orang tua Anda harus paham kebijakan sekolah, terutama yang menyangkut masalah perundungan atau bullying. Bila perlu, Anda bisa tanyakan secara rinci mengenai peraturan absensi, mencontek, berkelahi dan perundungan. Tindakan apa yang termasuk sebagai perundungan, konsekuensi bagi perundung, dukungan bagi penyintas, dan prosedur pelaporannya.

Mengetahui kebijakan sekolah secara rinci akan membantu Anda mengkomunikasikan hal ini ke anak dan mengetahui langkah apa yang harus diambil seandainya berhadapan dengan masalah tersebut.

3. Beri dukungan belajar

Salah satu faktor yang membuat anak punya motivasi sekolah yang rendah yaitu tidak mampu mengikuti penjelasan guru. Mereka merasa bodoh karena tidak mampu memahami materi dan akhirnya mendapat nilai rendah.

Di sini, memberi dukungan belajar punya peran penting. Sempatkan waktu untuk mendampingi mereka belajar. Saat mereka kewalahan dengan tugas yang banyak, tawarkan bantuan untuk membuat jadwal belajar dan menerapkan metode belajar yang efektif. Beri dorongan mereka untuk tidak malu meminta bantuan kepada guru saat diperlukan.

4. Pastikan anak sarapan sehat dan tidur cukup

Percaya atau tidak, kadang alasan anak bolos sekolah adalah karena mereka masih mengantuk dan ingin tidur lebih lama. Pastikan anak-anak mendapatkan tidur 8 jam yang berkualitas agar bisa bangun pagi dan semangat sekolah. Selain tidur cukup, sarapan yang sehat bisa membantu meningkatkan mood anak, membuat mereka kenyang sehingga tubuh dan otaknya siap menerima pelajaran.

5. Ajarkan anak kemampuan organisasi

Mengajarkan kemampuan organisasi dan keterampilan mengorganisir akan sangat membantu kehidupan sekolah anak. Sofskill ini memang tidak diajarkan secara eksplisit di sekolah, maka dari itu anak butuh bantuan orang tuanya. Ajarkan anak cara bernegosiasi, menyampaikan pendapat dan berpikir kritis. Ajarkan pula keterampilan mengorganisir seperti membuat to-do list tugas yang diberikan, mengelompokkan materi dan tugas, serta cara membagi tugas besar menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dikerjakan. Tanamkan juga pola pikir bahwa mereka harus melihat pekerjaan sampai akhir, menyelesaikan apa yang sudah dimulai.

6. Buka obrolan seputar sekolah

Ciptakan lingkungan yang terbuka dimana anak bisa bebas mengutarakan isi pikirannya. Sesekali, tanyakan tentang kehidupan sekolahnya, guru-gurunya, teman-temannya dan kegiatannya selama di sekolah. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa yang memotivasi anak untuk pergi sekolah setiap harinya.

Keenam tips di atas tidak hanya berlaku jika anak mogok sekolah saja, ya! Anda bisa terapkan juga di kasus lain, misalnya saat anak bolos les. Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui terlebih dahulu lingkungan tempat belajar anak agar mereka nyaman dan bisa semangat belajar.

Di EF, anak akan belajar bahasa Inggris di lingkungan yang nyaman bersama guru-guru yang menyenangkan. Metode pembelajaran EF yang mudah dimengerti serta dukungan penuh dari para guru dalam proses belajar mengajar akan menunjang pemahaman dan kemampuan anak dalam berbahasa Inggris.

Jika masih ragu dengan pembelajaran di EF, Anda bisa coba daftakan putra putri Anda mengikuti kursus bahasa Inggris gratis lewat program Free Demo Class EF. Cukup daftarkan nomor handphone, putra putri Anda bisa langsung mengikuti kelas gratis di EF Center di kota Anda.