Menu
arti I'm tired
Listening and Speaking

Artinya I'm Tired dan Cara Lain Mengucapkannya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.07.28

Kamu pasti sering mendengar kata I’m tired, bukan? Tahukah kamu apa artinya I’m tired? I’m tired merupakan sebuah frasa bahasa Inggris yang berarti ‘aku lelah’. Contoh kalimatnya: I slept early last night because I was tired artinya ‘Aku tidur cepat kemarin malam karena aku lelah.' 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Nah, ternyata ada banyak cara lain yang bisa kamu ucapkan ketika kamu lelah selain I’m tired, loh. Penasaran apa saja? Simak artikel ini sampai tuntas agar kamu bisa menggunakan kata yang lebih bervariasi. 

Let’s check this out! 

Cara Lain Mengucapkan I'm Tired

mengucapkan lelah dalam bahasa Inggris

1. I’m exhausted

Frasa I’m exhausted merupakan frasa yang sedikit lebih sopan dan lebih formal dibandingkan I’m tired. Kata exhausted sendiri berarti sangat lelah, jadi kamu bisa mengganti frasa I’m tired menjadi I’m exhausted ketika kamu sangat lelah. 

2. I’m beat

Frasa ini merupakan ungkapan umum yang sering digunakan untuk mengucapkan bahwa kamu lelah.

3. I am worn out

Nah, kalau frasa yang satu ini merupakan frasa yang sering digunakan oleh para native speakers. Frasa ini merupakan salah satu frasa yang harus kamu tahu. Frasa ini biasanya digunakan ketika kamu lelah karena sudah sangat bekerja keras dan menggunakan banyak energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. I am weary

Weary merupakan kata yang lebih formal yang dapat digunakan untuk mengungkapkan bahwa kamu lelah. Frasa ini lebih sering kita temukan pada buku atau karya tulis lain.

5. I am sleepy

Kamu bisa mengganti kata tired dengan sleepy. Frasa ini lebih spesifik memberitahu bahwa kamu ingin tidur atau perlu tidur karena kelelahan.

cara lain mengucapkan I'm tired

6. I am fatigued

Fatigued juga merupakan salah satu kata yang memiliki arti sama dengan tired. Hal tersebut dikarenakan arti kata fatigued sendiri memiliki arti yang sangat mirip dengan tired, yakni lelah.

7. I am wiped out

Frasa ini bisa digunakan untuk mengganti frasa I’m tired. Kamu dapat menggunakan frasa ini dalam situasi apa pun. Frasa ini merupakan frasa yang sangat mirip dengan frasa I’m tired. Wiped out artinya selesai, berarti ketika kamu sedang lelah dan mengucapkan kata wiped out berarti kamu sudah selesai dan tidak mau melanjutkan apa yang kamu kerjakan lagi.

8. I’m burnt out

Frasa ini biasanya digunakan ketika kita telah kehilangan gairah atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Frasa ini bisa kamu gunakan ketika kamu ingin menunjukkan bahwa kamu lelah karena melakukan sesuatu dalam jangka waktu yang panjang.

9. I am fried

Frasa ini merupakan bahasa gaul atau slang yang berarti aku sangat lelah dan otakku terasa terpanggang. Jadi, situasi di mana kamu sangat lelah dan tidak berpikir secara baik.

10. I am drained

Kamu bisa memakai frasa I am drained ketika kamu benar-benar sangat lelah dan sudah tidak memiliki sisa energi.

lelah bahasa inggris


Sekarang kamu sudah mengetahui arti dari I’m tired dan cara lain mengucapkannya, kan? Mulai dari sekarang coba yuk untuk menggunakan kata lain selain I’m tired untuk mengungkapkan ‘aku lelah’.  

Kalau kamu penasaran dengan materi bahasa Inggris lain, kamu bisa loh gabung belajar di FREE demo class EF. Di sini kamu akan diberikan pengetahuan berbahasa Inggris yang seru dan tentunya di ajar oleh guru-guru yang profesional. 

Jangan sampai kehabisan, daftar sekarang juga ya! 😉