Menu
arti eventually actually finally
Grammar and Vocabulary

Arti Eventually, Actually, Finally dan Penggunaannya

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.06.09

Ketika mempelajari bahasa Inggris, seringkali kita menemukan banyak kata-kata yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Beberapa jenis kata seperti eventually, actually, dan finally, digunakan untuk menciptakan kalimat yang lebih efektif dan jelas. Selain bentuk seperti noun, verb, atau preposition jenis apa lagi yang kalian tahu?

Salah satu bentuk kata dalam bahasa Inggris yakni adverb atau kata keterangan. Fungsi adverb adalah memberikan tambahan informasi mengenai suatu verb, adjective, atau adverb itu sendiri. Kali ini kita membahas tiga kata yang termasuk dalam adverb yakni: Eventually, Actually, dan Finally. Ketiga kata tersebut memiliki arti, fungsi, dan makna yang berbeda, lho!

Kira-kira kapan saat yang tepat untuk menggunakan eventually, actually, dan finally?  Kalau kamu penasaran, yuk simak penjelasan di bawah tentang eventually, actually, dan finally berikut ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Eventually

Arti kata eventually memiliki makna sama seperti “in the end” yang memiliki arti ‘pada akhirnya’. Kata eventually paling tepat digunakan ketika sesuatu telah melibatkan waktu yang lama, usaha atau masalah yang banyak. Ketika seseorang atau sesuatu telah melalui sebuah waktu yang terbilang panjang, eventually digunakan sebagai adverb atau keterangan.

Contoh:

  • Eventually, I did get better and returned to school. (Pada akhirnya, saya merasa baikan dan kembali ke sekolah)

  • This tree eventually reaches a height of 2 meter. (Pohon ini pada akhirnya mencapai tinggi 2 meter).

Actually

Kata actually yang berarti ‘sebenarnya’, digunakan untuk menyatakan sebuah fakta. Actually digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu situasi ada atau terjadi, atau untuk menekankan bahwa itu benar. Selain itu, actually juga bisa digunakan ketika membenarkan atau mengkontradiksi seseorang.

Contoh:

  • The chair price was not actually that expensive (Harga kursi itu sebenarnya tidak terlalu mahal)

  • No, I’m not a singer. I’m a doctor, actually (Tidak, saya bukan seorang penyanyi, sebenarnya saya seorang dokter).

Finally

Secara makna, finally dapat diartikan sebagai ‘akhirnya’ untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi setelah jangka waktu yang lama, biasanya lebih lambat dari yang diinginkan atau harapkan. Penggunaan kata finally biasanya digunakan setelah waktu yang lama atau pada akhir periode waktu tertentu.

Contoh:

  • I’m so happy to finally meet you (Saya senang sekali akhirnya bertemu denganmu)

  • Four hours later, the bus finally arrived (Empat jam kemudian, bus akhirnya datang)

Nah, itu dia merupakan arti dan cara menggunakan eventually, actually, dan finally dalam sebuah kalimat. Setelah diuraikan, mempelajari adverb terasa mudah, kan? Kamu bisa mempelajari adverb yang lain serta membuat contohnya sehingga kamu dapat berlatih untuk semakin mahir berbahasa Inggirs.

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, jangan khawatir karena EF akan membantumu dalam belajar. Di EF kamu akan lebih banyak mengetahui jenis dan penggunaan kata-kata bahasa Inggris lain dengan tepat. Pastinya dengan metode unik dan guru berpengalaman sehingga belajar bahasa Inggris akan menyenangkan.

Jika kamu mendaftar di bulan ini, kamu akan memperoleh diskon khusus spesial, lho! Apalagi ditambah dengan kelas Demo Gratis apabila kamu mengisi voucher di halaman ini.

Yuk segera daftarkan diri kamu sekarang!

Ben Small Stars
Author
Ben