Menu
reflexive pronoun
Grammar and Vocabulary

Apakah Itu Reflexive Pronoun?

2020.05.27

Peraturan:

Kita menggunakan reflexive pronoun (kata ganti refleksif) saat kita ingin merujuk kembali ke subjek suatu kalimat atau klausa. Reflexive pronouns diakhiri dengan โ€œ-selfโ€ (tunggal) atau โ€œ-selvesโ€ (jamak).

Terdapat 8 buah reflexive pronouns:

reflexive pronounTunggalMyself, yourself, himself, herself, itselfJamakOurselves, yourselves, themselves

Kita menggunakan โ€œby + reflexive pronounโ€ untuk memberi penekanan pada orang yang sama. Contohnya, kita memang bisa saja bilang โ€œI made it.โ€ Tapi, jika kita bilang โ€œI made it by myself,โ€ maka nada kalimatnya menjadi lebih kuat dan terdapat penekanan fakta bahwa KAMU-lah yang membuat semuanya sendiri.

Contoh:

  1. He sends a postcard to himself.

  2. Help yourself.

  3. โ€œGood breeding consists of concealing how much we think of ourselves and how little we think of the other person.โ€ (Mark Twain)

Video:

Belajar dari video:

  1. โ€œI made this cake by myself.โ€ Di sini, si pembicara menekankan bahwa dialah yang membuat kue tersebut, dengan menggunakan reflexive pronoun.

  2. โ€œYou made it by yourself? Thatโ€™s great.โ€ Karena terjadi perubahan narrator, maka si wanita menggunakan โ€œyourselfโ€ untuk merujuk pada si pria.

Latihan:

Isilah titik-titik di bawah ini dengan reflexive pronoun yang tepat.

  1. Dad and I washed the car by____________.

  2. The children made the holiday decoration on the classroom by____________.

  3. I blame __________ for breaking the glass.

  4. Never mind, __________ can finish it by ourselves.

  5. One shouldnโ€™t keep bragging about ___________.

Jawaban:

  1. ourself

  2. themshelves

  3. myself

  4. we

  5. oneself/himself.

Setelah mempelajari materi di atas, tentunya sekarang yang perlu kamu lakukan adalah melatih materi tersebut secara mandiri. Selain berlatih sendiri, akan lebih seru juga loh jika kamu bisa belajar dengan guru-guru dari EF! Apalagi, sekarang EF juga memiliki program Premium Online Learning, jadi kamu bisa mengikuti kelas eksklusif dari mana pun! Cek di sini sebelum kelasnya penuh!