Menu
Belajar Grammar
Grammar and Vocabulary

Apakah Belajar Grammar Penting? Cek di Sini Yuk!

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.02.05

Mungkin kamu pernah mendengar ada yang berkata bahwa kita tidak perlu terlalu ambil pusing dengan grammar atau tata bahasa saat mempraktikkan bahasa Inggris. Namun, tahukah kamu bahwa grammar sebenarnya memegang peranan sangat penting dalam bahasa Inggris? Mengapa?

Grammar merupakan salah satu komponen penting dalam bahasa Inggris yang sama sekali tidak boleh diabaikan. Agar punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kamu mesti mempelajari grammar. Berdampingan dengan penguasaan kosakata dan frasa yang mumpuni, grammar menjadi penunjang dalam berbicara dan menulis bahasa Inggris.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasan mengapa kamu harus belajar grammar!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kalimat dan Paragraf Mudah Dimengerti

Grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris merupakan aturan yang diberlakukan dalam penggunaan bahasa baik secara lisan maupun tertulis. Pemakaian grammar yang tepat akan menghasilkan kalimat dan paragraf yang jelas. Susunan kalimat dan paragraf terstruktur dengan rapi. Sehingga, apa yang dimaksudkan dalam kalimat dan paragraf jadi bisa dipahami.

Nah, untuk bisa menyampaikan gagasan agar mudah dimengerti, alangkah baiknya jika kamu belajar grammar. Mengaplikasikan grammar dalam berbicara ataupun menulis membutuhkan usaha dan waktu. Dengan terus menggali pemahaman tentang grammar dan mempraktikkan penggunaannya, kemampuanmu pasti akan terasah. Tidak lupa, telaten dalam belajar materi grammar yang cakupannya luas juga patut diterapkan.

Dengan begitu, kamu bisa mematuhi kaidah-kaidah dalam grammar, seperti tenses, punctuation, dan lain-lain. Nantinya, ucapan atau tulisanmu yang sesuai grammar pasti akan lebih mudah dimengerti. Begitu pula sebaliknya, pada waktu membaca buku atau mendengar orang lain berbahasa Inggris, kamu bisa lebih memahaminya jika tahu-menahu tentang grammar.

Komunikasi Jadi Lancar

Grammar juga memiliki peran yang signifikan dalam berkomunikasi. Komunikasi bersifat dua arah, di mana satu sama lain harus saling mengerti apa yang disampaikan. Untuk menghindari salah paham, maka kata-kata yang diucapkan atau dituliskan tidak boleh menyebabkan kebingungan. Di sinilah grammar berfungsi untuk memberikan makna yang jelas dari kata-kata tersebut. Menyambung poin sebelumnya, grammar menjadikan kalimat atau paragraf jelas. Dengan demikian, grammar berpengaruh dalam membuat satu sama lain paham dalam berkomunikasi.

Apabila kamu menguasai grammar, kamu jadi lebih komunikatif dalam berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Tanpa memperhatikan grammar, kalimat atau paragraf yang dibentuk cenderung memiliki pola yang tak beraturan dan arti yang ambigu. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, belajar grammar penting untuk dilakukan.

Memberi Warna pada Perkataan dan Tulisan

Dengan menguasai grammar, kamu bisa mengkreasikan kata-katamu secara menarik. Yes, tidak hanya membuatnya jelas, kalimat dan paragraf juga jadi lebih atraktif. Pasalnya, tatkala kamu mempunyai keterampilan dalam grammar, kamu dapat mengotak-atik kalimat dan paragraf sehingga lebih variatif. Maksudnya adalah apa yang terlontar dari ucapan maupun yang terbentuk dalam tulisan tidak itu-itu saja dengan tetap mengacu pada grammar yang benar. Dengan begitu, kamu menghadirkan bahasa lisan maupun tulisan yang berwarna.

Menyenangkan bukan kalau bisa mewujudkannya? Artinya, kamu tidak boleh meremehkan grammar dalam belajar bahasa Inggris.

Tanpa Kendala dalam Kepentingan Formal

Bagaimanapun juga, dalam hidup kamu pasti berurusan dengan kepentingan formal, seperti sekolah dan pekerjaan. Pada konteks informal, ketidaksesuaian grammar masih bisa diterima. Namun, di lingkungan akademik dan profesional, bahasa yang formal merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus menggunakannya.

Salah satu syarat dalam bahasa Inggris formal adalah penerapan grammar yang tepat. Kalau kamu mahir dalam grammar, maka hal itu tidak menjadi persoalan. Misalnya, ketika kamu harus menulis teks berbahasa Inggris di sekolah, kamu tak akan kesulitan untuk mengerjakannya. Atau kelak, saat kamu hendak melamar pekerjaan, kecakapan grammar yang dimiliki akan sangat membantu.

Maka dari itu, kamu dituntut untuk belajar grammar jika tidak ingin menghadapi kesulitan pada situasi formal.

Bagaimana? Dengan berbagai keuntungan yang diberikan sebagaimana penjelasan di atas, apakah kini kamu sudah yakin bahwa belajar grammar penting? Jadi, kamu mau mempelajari grammar mulai dari kapan nih?

Kamu bisa loh memperkaya pengetahuan dan mempraktikkan penggunaan grammar hanya dengan menekan tombol pink di bawah. Terdapat pengajar yang profesional dengan metode belajar seru yang menantimu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Jangan lewatkan kesempatan belajar di EF yang membuatmu semakin mencintai bahasa Inggris!

Ben Small Stars
Author
Ben