Menu
pengertian tounge twister
Grammar and Vocabulary

Apa Saja Manfaat Belajar Tongue Twister

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.28

Kamu pasti sering mendengar tentang tongue twister, bukan? Contoh paling terkenal adalah "Peter Piper picked a peck of pickled peppers." Berbicara tentang touge twister, kali ini Tom akan menyampaikan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mempelajarinya. Simak manfaatnya bersama Tom disini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tapi, tahukah kamu bahwa belajar tongue twister itu lebih dari sekadar menyenangkan? Yup, tongue twister memiliki sejumlah manfaat yang menakjubkan, terutama bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Tapi sebelum mengatahui manfaat touge twister, cek pengertiannya terlebih dahulu ya.

Apa itu Tounge Twister

contoh tounge twister

Jadi, tongue twister itu adalah urutan kata atau frasa yang dirancang untuk sulit diucapkan secara cepat dan benar. Mereka seringkali mengandung banyak aliterasi (pengulangan suara yang mirip) dan bisa jadi alat untuk mengetes untuk keterampilan bicaramu dalam bahasa Inggris! Ada banyak sekali tounge twister yang bisa kamu gunakan untuk menambah kelancaran bicaramu, contohnya seperti berikut ini:

  • She sells seashells by the seashore.

  • How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood?

  • Betty Botter bought some butter, but she said the butter's bitter.

  • Unique New York, New York's unique.

  • Fuzzy Wuzzy was a bear, Fuzzy Wuzzy had no hair, Fuzzy Wuzzy wasn't very fuzzy, was he?

  • Peter Piper picked a peck of pickled peppers.

Selain menjadi hiburan, tongue twister juga sangat bermanfaat untuk mulut dan otakmu. Mereka membantu dalam pengucapan, konsentrasi, keterampilan bahasa, kepercayaan diri, dan bahkan merangsang otak! Selain itu, mereka juga bisa jadi trik keren untuk mengesankan teman-temanmu. Untuk lebih detailnya lihat manfaatnya dibawah ini:

Manfaat Tounge Twister

manfaat tounge twister

Melatih Pengucapan Bahasa Inggris

Belajar tongue twister bisa membantu EFriends melatih pengucapan, lho! Kata-kata yang sulit diucapkan dengan cepat dan benar dalam tongue twister akan membantu melatih otot-otot di mulut dan lidahmu. Dengan sering berlatih, kamu akan menjadi lebih jelas dalam berbicara dan lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Meningkatkan Konsentrasi

Mencoba mengucapkan tongue twister dengan cepat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. EFriends perlu fokus agar tidak salah ucap atau terbata-bata. Ini membantu melatih otakmu untuk tetap fokus pada tugas-tugas yang rumit dan meningkatkan kemampuan konsentrasimu secara keseluruhan.

Mengasah Keterampilan Bahasa

Tongue twister juga dapat membantu EFriends mengasah keterampilan bahasa. Ketika kamu berlatih mengucapkan kalimat-kalimat yang rumit, otakmu akan lebih terbiasa dengan struktur bahasa yang kompleks. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemahamanmu terhadap tata bahasa dan kosakata.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika EFriends berhasil menguasai sebuah tongue twister yang sulit, rasanya seperti meraih pencapaian yang besar! Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu karena kamu tahu bahwa kamu mampu mengatasi tantangan yang sulit. Kepercayaan diri yang tinggi akan membantumu menghadapi berbagai situasi di kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Menstimulasi Otak

Belajar tongue twister juga merupakan latihan otak yang baik. EFriends harus mengkoordinasikan antara otak, mulut, dan lidahmu dengan cepat dan tepat. Ini membantu merangsang berbagai bagian otakmu, termasuk area yang bertanggung jawab atas pembelajaran, memori, dan pemrosesan informasi.

Nah EFriends, itu dia beberapa manfaat menakjubkan dari belajar tongue twister! Selain menyenangkan, belajar tongue twister juga membawa banyak keuntungan bagi perkembanganmu secara pribadi. Jangan ragu untuk mencoba beberapa tongue twister favoritmu hari ini dan rasakan sendiri manfaatnya.

Jika kamu masih kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris dan ingin melancarkannya, kamu bisa lho bergabung dengan kelas gratis EF. Di EF, kamu akan belajar bahasa Inggris dengan berbagai macam metode yang dijamin membuat belajar bahasa Inggrismu, jadi anti bosan.

Yuk, daftarkan dirimu dengan mengisi nomor telepon pada laman ini.