Menu
apa itu root word
Reading and Writing
tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.27

Apakah kamu pernah mendengar istilah "root word" saat belajar bahasa Inggris? Root word adalah salah satu hal penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kali ini, Tom akan membahas apa itu root word dan bagaimana hal itu bisa membantu EFriends memahami makna kata-kata dalam bahasa Inggris.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kata dasar atau root word adalah inti dari sebuah kata dan membentuk dasar dari banyak kata lain dalam bahasa Inggris. Masih bingung? Mari lihat pengertian dan contoh dari root word di bawah ini. Simak sampai habis ya!

Pengertian Root Word

pengertian root word

Root word merupakan kata asli yang membentuk dasar dari kata-kata lain dalam bahasa Inggris. Kata dasar tidak memiliki awalan (prefix) atau akhiran (suffix) tambahan yang mengubah maknanya. Root word ini adalah bentuk dasar yang membantu kamu memahami makna kata-kata yang lebih kompleks dalam bahasa Inggris.

Kamu pernah mendengar kata action? atau activity? Nah, kedua kata tersebut berasal dari root word yang sama yaitu "act" yang ditambahkan akhiran hingga membentuk kedua kata tersebut.

Contoh Root Word

root word examples

Perhatikanlah beberapa contoh kata dasar (root word) dalam bahasa Inggris beserta contoh awalan (prefix) dan akhiran (suffix) yang dapat ditambahkan untuk membentuk kata-kata baru:

  • Root word: "happy" (bahagia)
    Dengan awalan: unhappy (tidak bahagia)
    Dengan akhiran: happiness (kebahagiaan)

  • Root word: "friend" (teman)
    Dengan awalan: unfriend (tidak berteman)
    Dengan akhiran: friendly (ramah)

  • Root word: "work" (kerja)
    Dengan awalan: overwork (kerja berlebihan)
    Dengan akhiran: worker (pekerja)

  • Root word: "like" (suka)
    Dengan awalan: dislike (tidak suka)
    Dengan akhiran: likewise (demikian pula)

  • Root word: "read" (membaca)
    Dengan awalan: reread (membaca ulang)
    Dengan akhiran: reader (pembaca)

  • Root word: "help" (membantu)
    Dengan awalan: self-help (membantu diri sendiri)
    Dengan akhiran: helpful (membantu)

  • Root word: "play" (bermain)
    Dengan awalan: replay (memainkan kembali)
    Dengan akhiran: player (pemain)

Pentingkah Root Word?

communication root word

Memahami root word dalam bahasa Inggris sangat penting karena itu dapat membantu kamu dalam memahami makna kata-kata yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Ketika kamu tahu root word-nya, kamu dapat menguraikan kata-kata yang lebih kompleks dan memahami hubungan antara kata-kata tersebut.

Selain itu, memahami root word juga dapat membantumu dalam berbicara dan menulis dengan lebih baik. Root word juga akan membantu kamu memperluas perbendaharaan kata dengan lebih cepat. kamu dapat mengaitkan kata-kata baru dengan kata-kata dasar yang sudah kamu kenal atau pelajari sebelumnya.

Yang terakhir, ketika kamu sudah memahami root word, kemampuan kamu memahami makna kata-kata secara lebih mendalam akan membantumu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lebih baik.

Jadi, itulah pengertian dan manfaat dari root word dalam bahasa Inggris. Dengan belajar kata dasar, kamu dapat menjadi pembelajar bahasa Inggris yang lebih mahir. Jangan ragu untuk menggali lebih dalam ke dalam dunia kata dasar bahasa Inggris!

Ingin belajar bahasa Inggris sambil mengeksplorasi kegiatan yang menyenangkan? Kamu bisa lho bergabung menjadi EF Student! Di EF, kamu akan belajar bahasa inggris sambil melakukan aktivitas di luar kelas. Tentunya kamu akan dibimbing oleh guru-guru profesional. Wah, pasti seru sekali ya! Kamu juga bisa ambil kelas GRATIS-nya lho! Caranya adalah dengan mengisi nomor teleponmu pada form yang ada di halam ini. Mudah kan?

Tom tunggu di kelas ya!