Menu
Apa itu Public Speaking? Ini Arti dan Tips-Tipsnya
Listening and Speaking

Apa Itu Public Speaking? Ini Arti dan Tips-Tipsnya

speaking tips
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.10.30

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang public speaking sebagai salah satu kemampuan yang penting dimiliki saat ini. Apakah kamu sudah pernah melakukannya?

Baik sudah maupun belum pernah, public speaking sebetulnya merupakan suatu kemampuan yang juga harus terus dilatih agar kita bisa menguasainya. Supaya kamu bisa semakin jago dan pede melakukannya, yuk pelajari dulu arti dan tips-tips seputar public speaking!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apa itu Public Speaking?

Singkatnya, public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang. Contoh-contoh kegiatan public speaking adalah saat kita melakukan presentasi di depan kelas atau menyampaikan pidato.

Tips-Tips Seputar Public Speaking

1. Kenali Tujuan dan Audiens dengan Baik

Saat akan melakukan public speaking, kamu pastinya memiliki sebuah tujuan dan menginginkan agar apa yang kamu sampaikan dapat diterima oleh audiens dengan baik. Oleh karenanya, sebelum menyusun materi, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi tujuanmu. Misalnya kamu ingin menyampaikan materi tentang bahaya sampah plastik ke teman-teman yang belum tahu sama sekali tentang isu ini. Jadi, kamu pun harus menyesuaikan materi dan gaya bahasamu menjadi lebih sederhana agar mereka bisa mencernanya secara mudah.

2. Susun Poin-Poin Penting yang Ingin Disampaikan

Selanjutnya, kamu bisa mulai menyusun materi yang ingin disampaikan. Mungkin ada banyak hal yang ingin kamu sampaikan, tapi karena ada durasi waktu, kamu harus menyortir materimu. Pilih poin-poin penting yang ingin disampaikan sebagai bahan panduanmu dan juga agar pembicaraanmu tidak melebar ke mana-mana. Kamu bisa membuat outline naskah public speaking-mu seperti menyusun outline untuk esai.

3. Persiapkan Alat Bantu jika Diperlukan

Jika kamu ingin dan situasinya memungkinkan, kamu juga bisa menyiapkan alat bantu seperti slides presentasi untuk menampilkan gambar atau cue card yang berisi poin-poin yang akan kamu bahas. Tapi, kamu harus tetap ingat bahwa alat bantu ini sifatnya hanya sebagai penunjang. Jangan menulis terlalu banyak kata di dalam slides presentasimu agar fokus audiens tidak terpecah antara membaca tulisan di slides atau mendengarkan presentasimu

4. Kuasai Materi dengan Berlatih Terus Menerus

Practice makes perfect. Ini dia poin terpenting agar public speaking-mu berjalan dengan lancar. Kalau kamu sudah selesai mempersiapkan materi dan alat bantu, kini adalah saatnya berlatih. Latihan tidak cukup hanya dilakukan sekali atau dua kali, tapi harus berkali-kali hingga kamu sudah benar-benar lancar. Kamu bisa meminta satu orang temanmu untuk menonton latihan ini agar ia bisa memberikanmu komentar dan saran.

5. Perhatkan Aspek Non Verbal

Latihanlah seakan-akan kamu sudah berada di atas panggung atau di depan banyak orang. Jadi, jangan hanya terpaku pada materi kamu saja, ya. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti volume suaramu, intonasi, tempo, kontak matamu dengan audiens, hingga posisi berdiri. Berlatihlah di depan cermin agar kamu bisa melihat dirimu sendiri saat sedang melakukan public speaking. Selain itu, kamu juga bisa merekam latihanmu ini sebagai bahan evaluasi diri sendiri.

6. Be Confident

Kini adalah saatmu untuk tampil! Kamu sudah menguasai materimu dengan baik, sudah berlatih berulang kali, tapi masih juga merasa gugup sesaat sebelum tampil. Jangan khawatir, karena hal ini wajar terjadi, kok. Yang perlu kamu lakukan adalah mencoba untuk rileks dengan mengambil nafas panjang lalu hembuskan. Kemudian, saat sudah berada di depan banyak orang, kunci utamanya adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri! Kamu sudah mempersiapkan segalanya, jadi apa lagi yang perlu kamu takuti? Semuanya pasti akan berjalan dengan baik!

Nah, itu dia tips-tips seputar public speaking yang bisa kamu coba terapkan. Sama seperti kemampuan lainnya, kamu pasti bisa jago public speaking jika sudah berlatih dan melakukannya berulang kali.

Jadi, kalau misalnya percobaan pertamamu belum begitu lancar, jangan khawatir! Kamu pasti akan semakin baik di kesempatan-kesempatan berikutnya hingga bisa menjadi seorang ahli. Terus semangat, ya!

Ben Small Stars
Author
Ben