Menu
apa itu modifier more
Reading and Writing

Apa Itu Modifier "More" dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.18

Pernah dengar kata "modifier" saat belajar grammar bahasa Inggris? Nah, modifier ini ibarat bumbu penyedap dalam kalimat. Fungsinya untuk mengubah makna kata atau kalimat, dan membuatnya lebih menarik. Salah satu modifier yang sering dipakai adalah "more".

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Dengan adanya modifier, mengembangkan serta menuangkan ide yang EFriends miliki ke dalam tulisan atau lisan akan jauh lebih mudah. Nah, ada banyak jenis modifier yang umum digunakan dan salah satunya adalah modifier "more."

Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian modifier, modifier more dan contoh-contohnya dalam bahasa Inggris.

bentuk modifier more

Apa Itu Modifier?

Modifier adalah kata, frasa, atau klausa yang memberikan informasi tambahan pada sebuah kalimat. Modifier membantu penulis menyampaikan idenya dengan lebih jelas dan akurat kepada pembaca. Jenis-jenis modifier dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Modifier sebagai Adjective: Modifier jenis ini berfungsi untuk menjelaskan kata benda (noun).

  • Modifier sebagai Adverb: Modifier jenis ini berfungsi untuk menjelaskan kata kerja (verb), kata sifat (adjective), atau kata keterangan (adverb) lain.

Modifier dapat muncul sebelum atau setelah kata yang dimodifikasinya. Modifier yang muncul sebelum kata yang dimodifikasi disebut pre-modifier, sedangkan modifier yang muncul setelah kata yang dimodifikasi disebut post-modifier. Dengan memahami modifier, kita dapat menulis kalimat yang lebih jelas, informatif, dan akurat.

Pengertian Modifier More

Modifier "more" adalah salah satu kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Kata ini memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan dalam berbagai situasi.

Fungsi utama dari "more" adalah untuk menunjukkan perbandingan. Dalam bentuk komparatif, "more" digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu lebih banyak, lebih besar, atau lebih baik daripada sesuatu yang lain. Berikut beberapa bentuk dari modifier more:

Bentuk Komparatif

Pertama, digunakan dengan kata sifat yang lebih dari satu suku kata. Modifier more dalam bentuk komparatif menunjukkan bahwa sesuatu lebih banyak, lebih besar, atau lebih baik daripada sesuatu yang lain.

Contohnya

  • The red car is more beautiful than the blue car.
    Mobil merah lebih cantik daripada mobil biru.

  • My brother is more intelligent than me.
    Kakakku lebih pintar daripada aku.

Kata Keterangan (Adverb)

Kedua, modifier more digunakan sebagai adverb dalam kalimat dengan mengarah pada peningkatan suatu tindakan maupun perasaan. Kebalikannya dari "more" adalah "less".

  • He runs more quickly than his brother.
    Dia berlari lebih cepat daripada saudaranya.

  • She speaks English more fluently than I do.
    Dia berbicara bahasa Inggris lebih fasih daripada aku.

Kata Benda (Noun)

Ketiga, modifier more berbentuk noun menyatakan keinginan untuk lebih banyak sesuatu. Biasanya modifier more dengan bentuk noun digunakan tanpa kata benda setelahnya jika konteksnya jelas.

Contohnya:

  • I am more interested in science than in art.
    Aku lebih tertarik pada sains daripada seni.

  • I need more time to finish this project.
    Aku membutuhkan lebih waktu untuk menyelesaikan proyek ini.

More and More

Terakhir, more and more biasanya sebelum kata sifat yang berfungsi untuk menyatakan sesuatu menjadi cara tertentu. Agar EFriends tidak bingung, Bayangkan EFriends punya banyak sekali permen favoritmu. Semakin lama, EFriends ingin lebih banyak lagi permen itu, bukan?

Nah, "more and more" seperti rasa ingin memiliki permen yang semakin banyak itu. Frasa ini digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu semakin lama semakin menjadi seperti apa yang kita inginkan.

Contohnya:

  • More and more people are liking K-Pop these days.
    Semakin hari semakin banyak orang yang menyukai K-Pop.

  • More and more people are using the internet than television.
    Lebih banyak orang yang menggunakan internet daripada televisi.

Nah, itu tadi beberapa bentuk dari modifier "more". Modifier more memang sering digunakan dalam bahasa Inggris dan penting banget untuk EFriends kuasai. Dengan memahami modifier "more", EFriends bisa lebih mudah untuk mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris.

Yuk, mulai sekarang coba gunakan modifier "more" dalam kalimatmu sendiri!

Ingat, practice makes perfect! Semakin sering kamu menggunakannya, semakin jago kamu dalam bahasa Inggris.

Jika EFriends butuh bantuan dalam pelajaran bahasa Inggris, kamu bisa lho mencoba kelas demo gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Ada berbagai metode belajar yang seru yang bikin kamu ketagihan belajar bahasa Inggris. Buruan daftar. kesempatan terbatas!

Sampai ketemu di kelas ya!