Menu
meme adalah
News and Lifestyle

Apa Itu Meme? Mengenal Meme dalam Bahasa Inggris

2021.06.24

Buat kamu yang suka berselancar di dunia maya atau media sosial, pasti istilah meme sudah bukan hal yang asing lagi. Tahukah kamu asal meme dan dari mana meme sebenarnya berasal?  Meme (dibaca seperti mim) adalah sebuah elemen budaya atau sistem yang berisi perilaku yang biasanya dibagikan oleh banyak orang karena mempunyai sebuah konteks yang dianggap mewakilkan.

Jika kamu penggemar meme atau sering melihatnya di media sosial, maka kamu wajib tahu asal-usulnya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sejarah Meme

grumpy cat meme

Istilah “meme” pertama kali dicetuskan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976. Awalnya, meme mengacu pada unit transimisi budaya yang berhubungan dengan imitasi. Seiring berjalannya waktu, para pengguna internet menganggap istilah ini mengacu pada kombinasi kata-kata dan gambar yang dibuat untuk membuat lelucon lucu atau biasanya untuk mengkritik fenomena sosial terkini.

Hampir 40 tahun sejak dicetuskan, istilah meme telah menjadi sebuah budaya dalam internet khususnya pada platform microblogging dan media sosial. Sekarang meme dilihat sebagai bentuk  perilaku, gaya hidup, kepercayaan, model, dan lain-lain, yang ditiru dan disebarkan untuk dibagikan dari satu individu ke individu lain.

Biasanya meme akan dibagikan melalui interaksi dengan menggunakan beberapa media seperti tulisan, gambar, video, atau fotografi.

Apa yang dianggap sebagai meme dapat bervariasi dan dapat berubah seiring waktu. Secara tradisional, meme terdiri dari kombinasi gambar atau slogan tetapi konsep tersebut telah menjadi lebih luas dan beragam.

Meme Modern

Semenjak penggunaan Internet semakin masif, istilah meme kini bagaikan sebuah kata umum yang diketahui semua orang. Meme menjadi sangat populer ketika gags hingga rage comic menghiasi platform-platform media digital seperti blog, websites hingga jejaring sosial.

Jika kamu sempat mengikuti budaya meme populer tersebut, tentu kamu tahu bahwa ada beberapa meme ‘legendaris’ yang hingga kini masih sering digunakan. Tanpa berlama lagi, yuk intip beberapa meme Internet populer di bawah ini!

“Tantangan diterima!”

rage comic meme

Jadi, Apa Arti Idiom ‘Break a Leg’?

rage comic

Apa Grammar-mu Sudah Benar?

nope and yes meme

Sedikit Menantang. Tapi Bisa, kan?

salt guy meme

Mungkin Teman-Temanmu Cuma Enggak Enak sama Kamu

squint eyes meme

Yuk, Latih Kemampuan Menulis Bahasa Inggrismu!

get away balloon meme

Dua-duanya Boleh Kok Jadi Motivasi Kamu 😎

press button meme

Dan yang Terakhir... Jangan Pernah Takut Mulai Belajar Bahasa Inggris!

say it louder in the back

Bagaimana? Dari meme di atas, yang mana yang menjadi favoritmu atau bahkan sangat mirip seperti apa yang sedang kamu alami?

Menggunakan meme sebagai budaya di Internet memang menyenangkan, tapi jangan lupa untuk hanya menggunakannya dalam konteks yang tepat! Misalnya saja, ketika kamu sedang bercanda dengan teman-temanmu. Walau berupa lelucon, pastikan juga bercandaanmu tidak akan menyinggung siapa pun.

Kamu juga bisa secara tidak langsung mengetahui slang atau bahasa gaul dalam bahasa Inggris melalui meme yang beredar di Internet. Sangat tidak sarankan untuk menggunakan slang ini saat kamu sedang mencoba berbicara bahasa Inggris dengan benar, jadi coba diskusikan dengan gurumu, ya!

Di EF, ada guru-guru yang menyenangkan dan tidak akan membuat pelajaran bahasa Inggris-mu terkesan membosankan. Seperti meme yang bisa kamu lihat di bawah ini....

cardboard guy meme

Yes! The good teachers will make your class fun! Di EF, kamu akan mendapatkan program kursus dengan metode unik yang dapat membuatmu makin jago dalam berbicara bahasa Inggris.

Apalagi, ada kelas demo GRATIS* yang bisa kamu dapatkan dengan mengisi voucher spesial yang bisa kamu temukan di artikel ini. Asyik, kan?

Yuk, tunggu apa lagi! Mari belajar bahasa Inggris menyenangkan bersama EF!