Menu
gre
Education Advice
tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.11.13

Apakah EFriends tahu apa itu GRE Test? Mungkin sebagian dari kamu jarang atau bahkan belum pernah mendengar tes yang satu ini. Saat kamu mencari informasi tentang pendidikan lanjutan, seringkali kamu akan mendengar kata-kata seperti "GRE". Tetapi apa sebenarnya GRE dan apakah penting?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ketika berbicara tentang melanjutkan studi di luar negeri, Tes GRE adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Ada berbagai hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan agar memudahkanmu pada saat melaksanakan tesnya. Jadi, apa sih sebenarnya GRE itu? Yuk, simak penjelasan Tom berikut ini!

Apa Itu GRE?

GRE test adalah singkatan dari "Graduate Record Examination." Ini adalah tes standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir kritis, berkomunikasi secara efektif, dan memecahkan masalah matematis. Tes GRE digunakan sebagai salah satu faktor penentu dalam proses penerimaan ke program pascasarjana di berbagai universitas di seluruh dunia. Jadi, jika kamu bermimpi untuk melanjutkan pendidikan sampai S2, tes GRE mungkin akan menjadi bagian penting dari perjalananmu.

Apa yang Diuji dalam GRE Test?

Tes GRE terdiri dari beberapa bagian yang mengukur berbagai aspek kemampuanmu:

  • Verbal Reasoning: Bagian awal ini mengukur kemampuan kamu dalam memahami teks tertulis, mengevaluasi argumen, dan menemukan makna kata dan kalimat.

  • Quantitative Reasoning: Tes ini mengukur kemampuan matematika kamu, termasuk pemahaman tentang konsep-konsep matematika dasar dan kemampuan untuk memecahkan masalah matematis.

  • Analytical Writing: Bagian ini menilai kemampuan kamu dalam mengekspresikan pemikiran secara tertulis. Kamu akan diminta untuk menulis dua esai: satu tentang analisis argumen dan satu lagi tentang analisis isu.

Tips Sukses GRE Test

Persiapan untuk GRE bisa memakan banyak waktu. Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan buku-buku panduan, kursus persiapan, atau bahkan materi online untuk mempersiapkan diri. Ingat, persiapan yang baik adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang bagus. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan supaya sukses mengerjakan GRE Test:

  • Berlatih, berlatih dan berlatih: Persiapkan dirimu dengan mengerjakan soal-soal latihan dan ujian praktik GRE. Semakin banyak kamu latihan, semakin percaya diri kamu akan menghadapi tes sebenarnya.

  • Manajemen waktu yang baik: Tes GRE memiliki batasan waktu untuk setiap bagian. Pelajari cara mengatur waktu dengan baik sehingga kamu dapat menjawab semua pertanyaan yang mungkin.

  • Hilangkan rasa gugup: Jangan biarkan kecemasan menghambat performamu. Cobalah untuk rileks dan percayalah pada kemampuanmu. Ingatlah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.

Jadi, apakah kamu sudah mengenal GRE Test? GRE Test adalah tes yang akan membantumu membuka pintu ke dunia pendidikan yang lebih tinggi. Jangan takut untuk memulai persiapan dan berlatih dengan tekun. Semua usaha itu akan membawamu lebih dekat ke masa depan yang kamu impikan. Semangat!

Setelah mengetahui GRE Test, kamu harus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu supaya mudah saat mengerjakan tesnya. Kamu bisa mulai mengetahui kemampuan Bahasa Inggrismu bersama EF. Kamu bisa terus berkembang dan jago bahasa Inggris.

Jika kamu ingin belajar bahasa inggris yang menyenangkan, yuk bergabung dengan EF! Ada banyak guru profesional yang akan memberikan pelajaran dengan metode unik dan pengalaman berbeda loh. Makin maksimal dan seru deh belajar Bahasa Inggris. Penasaran? Coba dulu kelas gratisnya

Sampai jumpa di kelas ya!