Menu
determiners
Grammar and Vocabulary

Apa Itu Determiners dalam Bahasa Inggris?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.12

Dalam aturan grammar bahasa Inggris, determiner punya peran penting dalam membentuk makna dan struktur kalimat. Di artikel kali ini, Tom akan menjelaskan tentang determiner yang terdiri dari a, an, the, my, his, her, our, dan yang lainnya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EFriends, apakah kamu tahu apa itu determiners? Eits, jangan sampai tertukar dengan determinan yang ada di istilah matematika ya. Determiners adalah kata penentu yang digunakan untuk membuat maksud kalimat jadi lebih jelas dan tepat.

Pengertian Determiners

Determiners adalah kata yang diletakkan sebelum noun untuk memberikan konteks, Batasan dan kejelasan pada noun yang mengikutinya. Determinets punya banyak fungsi lho EFriends, mulai dari menunjukkan kepastian, jumlah, kepemilikan, dan masih banyak lagi. Determiners bisa berupa articles, demonstratives, possessives, quantifiers, atau angka. Oh iya, determiners juga dikenal sebagai limiting adjective.

Macam-macam Determiners

Determiners ada banyak macamnya, EFriends. Tapi secara umum bisa dikelompokkan menjadi

Articles

Articles ini terdiri dari definite dan indefinite. Kalau definite ada “the” yang gunanya untuk menunjukkan kata benda spesifik yang sudah bisa diidentifikasi. Bisa untuk kata benda yang sebelumnya sudah disebutkan atau yang kamu anggap sudah diketahui oleh lawan bicaramu.

Contoh:

The camera on the chair is Edward’s. (Kamera di atas kursi milik Edward)

Kamera pada kalimat di atas mengacu pada kamera yang mungkin sudah diketahui oleh lawan bicara.

Nah kalau indefinite ada artikel “a” dan “an” yang digunakan untuk memperkenalkan kata benda baru atau yang tidak spesifik. Pilihan antara "a" dan "an" bergantung pada bunyi pertama kata berikutnya. Gunakan "a" sebelum bunyi konsonan ("a mango") dan "an" sebelum bunyi vokal ("an elephant").

Contoh:

A pair of red shoes. (Sepasang sepatu merah.)

Sepatu merah pada kalimat di atas mengacu pada sepatu yang tidak spesifik. Bisa jadi sepatu merah apapun.

Demonstrative

Determiner yang ini digunakan untuk menunjukkan posisi/lokasi suatu kata benda yang ada hubungannya dengan pembicara. This (singular) dan these (plural) digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dekat dengan posisi pembicara.

Contoh:

This bag is my favorite bag. (Tas ini adalah tas favoritku.)

These marbles are shiny. (Kelereng-kelereng ini bersinar.)

That (singular) dan those (plural) digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang jauh dari posisi pembicara.

Contoh:

That cat is so cute (Kucing itu sangat lucu.)

Those boxes belong to Ben. (Kotak-kotak itu milik Ben.)

Possessive

Determiner ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Fungsinya mirip dengan possessive pronoun, tapi posisi determiner berada sebelum noun. Yang termasuk possessive determiner adalah my, your, her, his, our, their, dan its.

Contoh:

Kev lost his wallet. (Kev kehilangan dompetnya.)

This is our home. (Ini rumah kami)

Quantifiers

Sesuai namanya, quantifier adalah determiner Bahasa Inggris yang digunakan untuk menentukan jumlah suatu kata benda. Quantifier menunjukkan jumlah yang tidak terbatas, seperti "some," "any," "a little," "a lot of," "much," "many," "enough," "few," dan "little."

Contoh:

A few people went to the night market. (Sedikit orang pergi ke pasar malam.)

Emily has so many ribbons. (Emily punya banyak pita.)

Numeral

Determiner ini menggunakan bilangan pokok (cardinal number) dan bilangan urut (ordinal number) yang digunakan untuk menentukan jumlah pasti suatu kata benda.

Contoh:

One bottle of apple juice (Satu botol jus apel.)

It is my second meal of the day. (Ini adalah makanan keduaku hari ini.)

Distributive

Kalau kamu menemui kata-kata seperti each, every, all, half atau both, mereka adalah distributive determiner. Determiner yang ini bisa kamu gunakan untuk menekankan elemen individu atau sebagian dari suatu kelompok.

Contoh:

Every customer at the diner must be given free sample. (Setiap pelanggan di kedai harus diberi sample gratis.)

Both students must go to the headmaster’s office. (Kedua siswa harus pergi ke kantor Kepala Sekolah.)

EFriends, determiners itu penting kamu pahami ya. Mereka ibarat kunci yang memberi kita petunjuk untuk memahami konteks suatu kalimat. Mulai dari menunjukkan spesifikasi, kepemilikan, sampai jumlah atau seberapa banyak sesuatu.

Kalau kamu masih bingung dengan determiners, kamu bisa belajar dan bertanya langsung dengan guru-guru di EF lho. Caranya gampang, kok! Kamu bisa daftar di kelas gratis yang tersedia di semua sekolah EF di Indonesia dengan mengisi nomor HP-mu di form yang ada di atas. Segera klaim kursimu sekarang ya, karena kuota kelasnya terbatas!