Menu
pengertian conservation
Grammar and Vocabulary

Apa itu Conservation? Ini Pengertian dan Penjelasannya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.05

Konservasi? Pernahkah kamu mendengar istilah conservation atau konservasi? Tahukah kamu pengertian conservation atau konservasi? Kalau kamu belum tahu, simak artikel ini sampai tuntas ya, Tom akan menjelaskan pengertian conservation atau konservasi. 

Let's check it out! 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menurut KBBI Daring, Conservation atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah konservasi, berarti pelestarian atau perlindungan sumber daya alam untuk dikelola secara teratur demi mencegah kerusakan dan kemusnahan. Theodore Roosevelt pada tahun 1902 merupakan orang pertama yang mengemukakan istilah conservation ini.  

Conservation berasal dari kata con- yang berarti together atau bersama, dan servare yang berarti keep/save what you have atau memelihara sumber daya alam, seperti menjaga keanekaragaman spesies, gen, ekosistem, serta fungsi lingkungan, seperti siklus nutrisi. 

Menurut National Geographic Headquarters:  

“Conservation is the act of protecting Earth’s natural resources for current and future generations” 

Konservasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk melindungi sumber daya alam yang ada di bumi untuk generasi sekarang dan mendatang.  

Nah, sekarang apa saja ya yang termasuk ruang lingkup konservasi? 

Ternyata konservasi tidak hanya sebatas untuk flora dan fauna saja, loh. Tetapi ada lingkup lain yang membutuhkan konservasi, seperti: 

1. Konservasi Sumber Daya

Konservasi sumber daya merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengelola, melindungi, dan meningkatkan kualitas keragaman sumber daya. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan sumber daya tersebut agar tidak rusak dan punah dikemudian hari. Jadi, agar generasi mendatang juga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, manusia saat ini harus melakukan konservasi sumber daya.

2. Konservasi Ekologi

Nah, konservasi ekologi ini merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk menjaga sebuah ekosistem yang ada agar tetap seimbang. Biasanya konservasi ekologi dilakukan dengan cara mendata dan memastikan jumlah populasi pada lingkungan aslinya.

3. Konservasi Satwa Liar

Konservasi satwa liar dimaksudkan untuk melindungi dan menjaga satwa-satwa liar serta habitatnya. Lagi-lagi hal ini bertujuan agar satwa liar yang ada saat ini dapat juga dilihat di masa yang akan datang karena satwa liar tersebut belum punah.

4. Konservasi Warisan Budaya

Selain di alam, konservasi juga dapat dilakukan untuk warisan budaya, seperti candi, monumen, bangunan bersejarah, dan sebagainya. Tujuan diadakannya konservasi warisan budaya juga sama seperti konservasi lainnya, yaitu agar warisan budaya masih akan selalu diingat dan tidak hilang dikemudian hari, konservasi alam juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran budaya dan menumbuhkan rasa untuk peduli dan berujung melestarikan warisan budaya yang ada.


Jadi, itu adalah pengertian dari conservation dan sedikit penjelasan mengenai conservation. Ternyata konservasi sangat penting ya untuk keberlangsungan sumber daya di bumi ini. Yuk, kita jaga bersama bumi kita!

Setelah membaca artikel ini tanpa kamu sadari kosakata bahasa Inggris kamu sudah bertambah, loh. Mau belajar kosakata lainnya? Yuk gabung Free Demo Class EF!

Tidak hanya kosakata, kamu juga akan diberikan materi-materi bahasa Inggris lain yang tentunya seru-seru. Kamu juga akan diajarkan oleh guru profesional yang menggunakan metode yang menarik. Jadi, kamu tidak akan bosan ketika belajar bahasa Inggris. 

Tunggu apalagi? Daftar sekarang yuk, sebelum kehabisan! 😉