Menu
cara belajar online di rumah

Kiat Belajar Online dari Rumah

trend and lifestyletips belajar
2020.08.05

Istilah belajar online tentunya sudah tidak asing di telinga. Tapi apa sih sebenarnya belajar online? Lalu bagaimana cara yang tepat untuk belajar dari rumah agar hasil yang diterima tetap maksimal?

Belajar online atau daring merupakan sebuah tantangan tersendiri karena sangat berbeda dengan metode pembelajaran sebelumnya. Biasanya kamu akan langsung bertatap muka dengan guru di sekolah, sedangkan sekarang kamu sudah bisa mendapatkan ilmu walaupun hanya dari rumah.

Jika dilakukan secara tepat, tentu sistem pembelajaran online ini menjadi salah satu lifestyle baru yang tak kalah efektif dalam mendapatkan sebuah ilmu. Agar proses belajar kamu menjadi semakin menarik dan efektif, terdapat beberapa cara paling tepat untuk mendukungmu belajar dari rumah. Apa saja?

YAY! KAMU DAPAT VOUCHER DARI EF!

Buruan isi data dirimu di sini untuk mengambil voucher DISKON TERBESAR EF sampai dengan 2 juta rupiah*! Cuma dari tanggal 11 sampai 30 September 2020!

Incorrect phone number
Ambil Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

ben saying hore
1. Ciptakan Sebuah Rutinitas Baru

belajar online dengan menciptakan rutinitas baru

Memang mengubah kebiasan itu tidak mudah, tapi agar belajar online-mu menjadi efektif, kamu perlu membuat sebuah rutinitas baru. Buatlah jadwal jam berapa kamu harus bangun, mandi, sarapan, dan lainnya.

Memiliki jadwal yang teratur dari bangun pagi hingga malam hari, tentu akan memudahkanmu untuk tahu kapan harus menyelesaikan berbagai tugas yang ada. Yang perlu kamu lakukan setiap harinya adalah disiplin.

2. Memiliki Area Belajar

cara tepat belajar di rumah dengan memiliki area belajar

Membuat batasan antara area belajar dan tempat lainnya akan sangat membantumu untuk tetap fokus selagi belajar dari rumah. Cari tempat yang kamu rasa akan menjauhkanmu dari berbagai macam gangguan.

Kamar bisa juga menjadi area belajar yang ideal. Namun jangan belajar di kasur ya, takutnya nanti kamu bukan belajar tetapi tertidur.

3. Buat Catatan

belajar online dengan membuat catatan

Selayaknya ketika kamu belajar di sekolah, mencatat hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru menjadi sebuah kebiasaan yang wajib untuk dilakukan agar kamu tetap ingat dengan materi yang sudah diberikan.

Begitu juga saat kamu belajar online. Mencatat apa yang disampaikan guru akan membuat kamu tetap fokus pada materi yang diberikan. Sehingga, kamu bisa menyerap ilmu dengan baik.

4. Buat Waktu Istirahat

belajar di rumah dengan membuat waktu istirahat

Belajar terus menerus tidak akan memberikan hasil yang bagus. Sebaiknya kamu membuat waktu istirahat di antara kegiatan belajarmu. Contohnya seperti setiap 45 menit sekali, kamu akan istirahat 5 menit.

5 menit ini dapat kamu manfaatkan dengan baik seperti melakukan perenggangan, berjalan ke luar, menghirup udara segar, dan lainnya agar tidak jenuh dengan aktifivas belajar.

5. Buat Study Plan

belajar di rumah dengan membuat study plan

Membuat study plan akan sangat membantumu dalam menentukan tugas mana yang menjadi prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya dengan menulis tugas untuk tiga hari ke depan.

Dengan memiliki study plan kamu akan lebih fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Selain itu kamu juga bisa loh mengajak teman untuk membuat study plan bersama. Jauh lebih seru bukan?

6. Hindari Multitasking

hindari multitasking saat belajar online

Multitasking perlu kamu hindari agar tetap fokus dan efektif dalam belajar. Kamu bisa menggunakan waktu yang kurang produktif untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Buatlah jadwal kamu senyaman mungkin agar selalu fokus ketika melakukan suatu kegiatan.

7. Tidur dan Makan yang Cukup

Tidur dan makan yang cukup saat belajar online

Apapun kegiatan yang sedang kamu lakukan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kunci utamanya adalah tidur dan makan yang cukup. Jika tidur dan makan kamu teratur pastinya ketika belajar kamu akan mudah fokus. Rasa ngantuk dan lapar tidak akan menghalangi kegiatanmu.

Bagaimana? Belajar online akan menjadi lebih efektif jika kamu menerapkan 7 cara di atas saat belajar dari rumah. Ingin tahu seputar belajar online lainnya? Yuk cek di News and Lifestyle section hanya di EF Blog.

Tidak hanya itu, EF juga menyediakan penasaran khusus buat kamu. Cukup klik tombol di bawah ini untuk menemukan caranya!