Menu
pengertian adjektiva adjective
Grammar and Vocabulary

Apa Itu Adjektiva? Pengertian, Contoh, dan Penjelasan

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.09.01

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata adjektiva atau kata sifat, bukan? Nah, tapi tahukah kamu apa itu adjektiva atau dalam bahasa Inggris biasa kita kenal dengan adjective? Kalau mau tahu, simak artikel ini sampai tuntas, ya! 

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Adjektiva atau adjective adalah kata sifat, kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun). Sebagai contoh: 

Tom is very smart. (Tom sangat cerdas.)  

Pada kalimat di atas kata manakah yang berperan sebagai adjective? Yup, smart merupakan adjective. Mengapa? Karena kata smart mendeskripsikan kata benda (noun) yakni, Tom. Siapa yang sangat cerdas di kelas? Tom. 

Lalu, smart itu masuk ke dalam jenis adjective apa ya? Nah, smart merupakan jenis descriptive adjective. Selain descriptive adjective, ada banyak jenis adjective, loh! Penasaran apa saja?

adjektiva adalah

Berikut ini akan Tom beritahu jenis-jenis adjective. Let's check them out!

1. Possesive adjective

Possesive adjective merupakan kata adjective yang menjelaskan kepemilikan dari kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Kata-kata yang termasuk possesive adjective adalah my, your, his, her, its, our, their, dan whose.  

Contoh kalimat: 

Elise gave me her bag. (Elise memberikan tasnya untukku) 

Kata her pada kalimat di atas merujuk kepada Elise yang merupakan noun (kata benda). Jadi, kalimat di atas termasuk ke dalam possesive adjective

2. Descriptive adjective

Jenis adjective yang kedua adalah descriptive adjective, yaitu adjective yang menjelaskan informasi mengenai kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). 

Contoh kalimat: 

You look so worried . Is everything alright? (Kamu terlihat sangat khawatir. Semuanya baik-baik saja, kan?) 

Kata worried pada kalimat di atas merupakan descriptive adjective, karena worried menjelaskan informasi dari kata ganti (pronoun), you.

3. Quantitative adjective

Quantitative adjective adalah adjective yang menjelaskan jumlah suatu kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Adapun kata-kata dari quantitative adjective adalah a little, little, a few, few, any, several, some, a lot of, lots of, many, much, plenty of, a great many, dan all.

Contoh kalimat: 

Tom cried all day long. (Tom menangis seharian penuh) 

Kata all pada kalimat di atas merupakan quantitative adjective karena menjelaskan waktu Tom (noun) menangis.

4. Demonstrative adjective

Demonstrative adjective adalah kata adjective yang digunakan untuk menunjukkan secara spesifik posisi kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Kata-kata demonstrative adjective yang paling sering digunakan adalah thisthatthese, and those

adjective this dan these merujuk kepada objek atau seseorang yang dekat keberadaannya. Sementara adjective that dan those merujuk kepada objek atau seseorang yang jauh keberadaannya.

This dan that digunakan untuk menjelaskan singular nouns (kata benda tunggal), sementara these dan those digunakan untuk menjelaskan plural nouns (kata benda jamak).

Contoh kalimat: 

This food tastes delicious. (Makanan ini enak sekali) 

Kata this pada kalimat di atas merupakan bentuk demonstrative adjective, karena kata this menjelaskan bahwa the food atau makanan itu dekat.

5. Interrogative adjective

Jenis adjective yang kelima adalah interrogative adjective. Interrogative adjective adalah sebuah adjective yang digunakan untuk bertanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Adapun kata-kata dari interrogative adjective adalah what (apa), which (yang mana), dan whose (punya siapa).

Contoh kalimat: 

What color of the bag do you like? (Warna tas apa yang kamu sukai?)

Kata what pada kalimat di atas merupakan interrogative adjective.

6. Distributive adjective

Jenis adjective yang terakhir adalah distributive adjective, yaitu adjective yang ditujukan untuk menjelaskan jumlah dari suatu kata benda (noun), bermacam-macam atau sendiri-sendiri.

Contoh kalimat:

Each student will choose their favorite class. (setiap siswa akan memilih kelas favorit mereka)

Selain each, ada kata lain yang merupakan distributive adjective, yaitu every, either, dan neither.  


Itu tadi pengertian adjektiva atau adjective, contoh adjective, dan jenis-jenis adjective. Mudah kan belajar bahasa Inggris?

Tertarik untuk belajar materi bahasa Inggris yang lain? Yuk, bergabung di Free Demo Class EF. Di EF kamu akan diajarkan banyak sekali materi bahasa Inggris yang seru, kamu juga akan diajarkan oleh guru-guru yang profesional, jadi jangan khawatir ya!

Tunggu apalagi? Daftar sekarang yuk, sebelum kehabisan! 😉