Menu
perbedaan diner dan dinner
Grammar and Vocabulary

Antara Diner dan Dinner, Ini Lho Bedanya

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.26

Mengeksplor dunia kuliner memang tidak ada habisnya. Mulai dari mengeksplor cita rasa yang kompleks sampai tempat makan yang memanjakan mata. Tapi dalam keseruan mengeksplor kuliner, ada dua kata yang cukup membuat bingung, yaitu “diner” dan “dinner”. Hanya berbeda satu huruf “N” bukan berarti typo ya EFriends. Keduanya punya arti yang berbeda.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Ketika kata-kata memiliki beberapa arti yang terkait, kamu harus mengandalkan konteks untuk mengurai arti sebuah kalimat. Ketika ada kata-kata yang sangat mirip punya arti yang mirip, memahami kalimat jadi lebih sulit. Misalnya kalimat berikut:

“Me and Olive just had our dinner at the nearest diner.”

Dalam kalimat tersebut kamu menemukan dua kata yang mirip: diner dan dinner. Keduanya merupakan kata benda (noun) yang punya makna berbeda, tapi masih tetap berhubungan dengan makanan. Yuk kita bahas perbedaanya lebih detail.

Diner: Tempat Bertemunya Cita Rasa

diner

Pertama, cara pengucapan kata “diner” adalah /ˈdīnər/ (dibaca: dai-ner). Kata “diner” punya dua makna.

1. Orang yang menikmati makanan

Dalam konteks ini, "diner" merujuk pada seseorang yang aktif makan. Ini adalah istilah umum yang mencakup semua orang mulai dari pecinta makanan cepat saji hingga pecinta makanan mewah di restoran berbintang.

Contoh:

  • The diner devoured the steak with gusto, savoring each juicy bite. (Orang itu melahap steak dengan penuh semangat, menikmati setiap gigitan yang lezat.)

  • The diner at the table near the window finished his main course and asked for dessert. (Orang di meja dekat jendela itu sudah menghabiskan hidangan utamanya dan meminta makanan penutup.)

2. Restoran sederhana

Makna yang kedua dari “diner” adalah restoran atau kedai makanan sederhana. Istilah “diner” ini lebih banyak digunakan di Amerika. Ukuran sebuah diner biasanya lebih kecil dari restoran dan menawarkan suasana santai serta makanan seperti burger, kentang goreng, dan sandwich.

Contoh:

  • Diners are a popular place to grab a quick but hearty meal. (Kedai makanan adalah tempat yang populer untuk menikmati makanan cepat namun lezat.)

  • The local diner is famous for its homemade pies, drawing crowds from miles around. (Restoran lokal itu terkenal dengan pai buatannya, menarik banyak orang dari berbagai tempat.)

Dinner: Makanan yang Menyatukan Orang

dinner

Setelah membahas “diner”, waktunya kita berpindah ke kata “dinner”. Cara pengucapan kata “dinner” adalah /ˈdinər/ (dibaca: din-ner). Kata yang satu ini punya beberapa arti tergantung konteksnya.

1. Makan malam utama

Secara tradisional, makan malam mengacu pada makanan terbesar dan paling penting pada hari itu, biasanya disantap di malam hari. Ini adalah waktu bagi keluarga dan teman untuk berkumpul, berbagi cerita, dan menjalin ikatan sambil menikmati makanan lezat.

Contoh:

  • What's for dinner tonight? I'm craving something warm like chicken soup. (Makan malam apa malam ini? Aku ingin sesuatu yang hangat seperti sup ayam.)

  • Ken is hosting a potluck dinner where everyone brings a dish. (Ken mengadakan makan malam potluck dimana setiap orang membawa makanan.)

2. Acara formal yang melibatkan makanan

Dinner juga bisa menandakan acara yang lebih formal yang berpusat pada makanan, seperti jamuan bisnis atau pesta. Pertemuan ini seringkali melibatkan full-meal course, suasana elegan, dan aturan berpakaian tertentu.

Contoh:

  • The company is hosting a client dinner to celebrate the new partnership. (Perusahaan mengadakan makan malam klien untuk merayakan kemitraan baru ini.)

  • The governor is hosting a Christmas dinner. He invites the most influential people across different industries. (Gubernur sedang mengadakan makan malam Natal. Dia mengundang orang-orang paling berpengaruh di berbagai industri.)

EFriends, itulah penjelasan tentang perbedaan diner dan dinner. Sekarang, Tom mau memberi contoh ketika dua kata ini digunakan dalam satu kalimat.

  • Having dinner at a diner. (Makan malam di kedai makanan.)

Ini menggabungkan kedua arti dengan sempurna! Menikmati makan malam yang lezat dalam suasana restoran yang sederhana.

  • Dinner for two at the diner. (Makan malam untuk dua orang di restoran sederhana.)

Ini menentukan jumlah orang dan jenis restoran untuk makan malam.

  • Diner-style dinner. (Makan malam ala restoran.)

Ini menggambarkan hidangan yang disiapkan di rumah dengan semangat restoran klasik, seperti burger lezat dan kentang goreng.

Dari penjelasan dan berbagai contoh di atas, kamu sudah bisa menggunakan kata “diner” dan “dinner” dengan tepat kan, EFriends? Jangan sampai tertukar ya!

Kalau kamu mau lebih jago bahasa Inggris lewat cara yang menyenangkan seperti belajar bahasa Inggris sambil membuat pizza atau sambil belanja, yuk bergabung di EF! Ada banyak aktivitas seru yang sudah disiapkan oleh guru-guru EF supaya momen belajarmu jadi lebih seru dan bermkna.

Mau intip keseruannya? Yuk ikut kelas gratis dengan mendaftarkan nomor HP-mu di form yang ada di atas! Sampai ketemu di kelas ya!