Menu
generasi alpha
Education Advice

6 Alasan Generasi Alpha Lebih Suka Belajar Lewat Nonton Video

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.02

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa generasi alpha cenderung punya gaya belajar visual dan lebih suka menonton video, kamu tidak sendirian. Yang harus kamu tahu, belajar lewat video bukan berarti lebih buruk dari belajar dengan membaca buku, kok! Mau tahu alasannya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Generasi alpha adalah sebutan untuk mereka yang lahir setelah tahun 2010. Lahir di era perkembangan teknologi digital yang pesat, tidak heran kalau generasi alpha punya screen time lebih lama. Salah satu ciri-ciri generasi alpha yaitu suka hal-hal berbau visual. Inilah kenapa mereka lebih suka belajar lewat video daripada membaca buku.

Tapi, apakah belajar lewat video bagus? Apa sih kelebihannya?

belajar lewat video

Menstimulasi imajinasi dan kreativitas

Video tidak hanya sekadar alat pembelajaran; tapi juga bisa jadi sumber inspirasi bagi kreativitas anak-anak. Misalnya, video animasi edukatif akan merangsang imajinasi dan memotivasi mereka untuk mencoba hal-hal baru. Ingat ya EFparents, kamu harus selektif memilih konten yang mendukung nilai-nilai positif dan mengajarkan keterampilan kreatif yang bisa dicontoh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudahan akses kapan saja dan di mana saja

Gadget seperti tablet dan smartphone sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari generasi alpha. Mereka sangat mudah mengakses video pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Kemudahan ini membuat pembelajaran lebih fleksibel dan cocok dengan gaya hidup modern yang dinamis dan juga bagi mereka yang mudah bosan dan ingin belajar dengan suasana baru.

Meningkatkan fokus

Seperti yang kita tahu, anak-anak punya rentang fokus yang lebih singkat. Apalagi generasi alpha yang sehari-harinya menggunakan sosial media. Salah satu cara agar mereka bisa fokus belajar lebih lama yaitu dengan menyediakan video yang punya visual dan narasi yang menarik.

Menggugah interaksi dan rasa ingin tahu

Lewat canggihnya teknologi dan kreativitas, video kini jadi media pembelajaran interaktif. Tidak cuma statis mendengarkan orang berbicara, tapi juga memberikan kesempatan bagi generasi alpha untuk terlibat aktif lewat kuis, menjawab pertanyaan, dan berinteraksi dengan materi pelajaran. Ini bisa jadi taktik meningkatkan rasa ingin tahu dan motivasi belajar anak lho EF parents.

Membantu mengingat informasi lebih lama

Banyak video pembelajaran dirancang dengan karakter animasi yang menarik dan cerita yang seru. Hal ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tapi juga memudahkan anak-anak untuk mengingat informasi. Konsep yang diajarkan melalui karakter atau cerita dapat menjadi lebih hidup dan relevan buat mereka.

Konten yang personalized

Setiap anak punya cara dan gaya belajar yang berbeda. Beberapa lebih responsif terhadap visual, sementara yang lain lebih suka belajar dengan pendekatan auditif. Video pembelajaran bisa diadaptasi untuk memenuhi berbagai gaya belajar, memastikan bahwa setiap anak bisa belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka.

EF parents, itu tadi beberapa keunggulan belajar dengan media video. Banyak kan manfaatnya? Nah, tugas kamu sebagai orang tua adalah menyediakan tontonan yang positif dan mengontrol apa yang mereka tonton.

Oh iya, tahukah kamu kalau pembelajaran di EF selalu memanfaatkan teknologi dan tren terkini yang membuat belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan untuk anak-anak? EF punya segudang video interaktif yang membuat belajar di kelas dan di rumah anti bosan!

Penasaran dengan metode belajar bahasa Inggris di EF untuk si kecil? Coba ikut kelas gratis, yuk! Di sini, anak-anak akan mendapat pengalam belajar yang menyenangkan sekaligus bertemu teman baru, lho! Segera ambil kuotamu dengan menuliskan nomor handphone pada form di atas.