Menu
aktivitas berbahasa
Education Advice

Aktivitas untuk Memperkaya Bahasa Anak Sejak Dini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.08

Sebagai orang tua, EF Parents tentu ingin membantu anak untuk mengembangkan kemampuan bahasa yang optimal. Kemampuan bahasa anak yang baik akan membantu mereka berkomunikasi dengan mudah, belajar dengan efektif, dan menjalin hubungan yang positif dengan orang lain. Bagaimana caranya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Saat anak-anak masih bayi, mereka berkomunikasi dengan tangisan. Seiring bertambahnya usia, si kecil mulai bisa mengeluarkan kata pertamanya. Percakapan antara orang tua dan anak akan membentuk kemampuan bahasa anak.

Ketika orang dewasa merespon celotehan anak kecil, anak kecil belajar bahwa dia bisa berkomunikasi. Hal ini membantu anak kecil mempelajari suara-suara kompleks yang membentuk ucapan. Nah, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak:

cerita bahasa inggris

Bermain Peran dan Bercerita

EF Parents, ajaklah anak bermain peran dengan berbagai profesi, seperti dokter, guru, penjual, pemadam kebakaran, polisi, dokter hewan, dan lain sebagainya. Buatlah skenario sederhana untuk permainan peran. Misalnya saat bermain peran sebagai dokter, ajak anak untuk memerika boneka yang sakit. Gunakan berbagai kosakata yang berkaitan dengan kesehatan untuk menambah kosakata si kecil. EF Parents juga bisa menggunakan kostum dan properti untuk membuat permainan peran lebih menarik.

Selain itu, EF Parents bisa menceritakan dongeng atau cerita fiksi lainnya kepada anak dengan suara yang menarik dan ekspresif. Gunakan bahasa yang kaya untuk membantu anak memahami bahasa. Buatlah cerita yang interaktif dengan melibatkan anak dalam cerita. Contohnya, tanyakan kepada anak apa yang akan terjadi selanjutnya dalam cerita. Gunakan boneka atau mainan untuk membantu menceritakan kisah.

Bermain Permainan Kata

Selanjutnya bisa memberikan anak petunjuk tentang suatu benda, hewan, atau tempat dalam bahasa Inggris dan Indonesia dan ajak mereka menebak apa itu. Gunakan berbagai kosakata dalam kedua bahasa untuk mendeskripsikan benda, hewan, atau tempat tersebut.

Gunakan kategori untuk membantu anak menebak kata. Contohnya, berikan petunjuk seperti "Ini adalah binatang berkaki empat yang suka menggonggong" untuk membantu anak menebak jawabannya. EF Parents juga bisa menggunakan gambar dan flashcard untuk membantu anak menebak kata.

Bernyanyi dan Bermain Musik

Pertama, EF Parents harus memilih lagu anak-anak yang memiliki lirik yang kaya akan kosakata dan ajak anak bernyanyi bersama. Lalu lakukan gerakan sederhana saat bernyanyi untuk membantu anak mengingat lirik lagu.

EF Parents juga bisa mengajak anak untuk menciptakan lagu sederhana dengan lirik yang mereka buat sendiri. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih kreatif dalam menggunakan bahasa. Jangan lupa pakai alat musik sederhana untuk mengiringi lagu yang diciptakan anak ya.

Menulis Cerita

Ajak anak untuk membuat cerita sederhana dengan gambar atau kata-kata. Membuat cerita sendiri membantu anak untuk lebih kreatif dalam menggunakan bahasa. EF Parents juga bisa memberikan anak contoh cerita sederhana untuk membantu mereka memulai. Bantu juga si kecil untuk merangkai cerita dengan memberikan mereka kosakata dan struktur kalimat yang sesuai. Atau, kamu juga bisa menggunakan buku cerita bergambar tanpa teks.

Memperkaya bahasa anak tidak harus formal dan membosankan. Aktivitas kreatif dan interaktif seperti di atas dapat membantu anak belajar bahasa dengan mudah dan efektif.

Luangkan waktu bersama anak dan lakukan aktivitas tersebut secara rutin. Dengan kesabaran dan ketekunan, EF Parents akan melihat perkembangan bahasa anakmu.

Ingatlah setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Pilihlah aktivitas yang sesuai dengan usia, minat, dan kemampuan anak. Jangan ragu untuk berkreasi dan bersenang-senang bersama anak dalam proses belajar bahasa.

Jika EF Parents membutuhkan bantuan untuk memperkaya kemampuan bahasa buah hati, kamu bisa mendaftarkan si kecil untuk ikut kelas demo gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Kesempatan terbatas!