Menu
Belajar Adjunct, Disjunct, dan Conjunct Bahasa Inggris
Grammar and Vocabulary

Adjunct, Disjunct, dan Conjunct dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.01.27

Yakin kamu sudah menguasai grammar bahasa Inggris dengan baik? Tahukah kamu bahwa adverbials dalam bahasa Inggris terbagi ke dalam adjunct, disjunct, dan conjunct? Psssttt, jangan khawatir karena Ben punya infonya buat kamu!

Grammar dalam bahasa Inggris mempunyai cakupan yang sangat luas. Hal ini tercermin pada topik yang akan Ben bahas kali ini. Di mana, kita akan mempelajari adverbials secara lebih mendalam dan mendetail, yaitu terkait adjunct, disjunct, dan conjunct. Penasaran? Cermati penjelasan berikut tentang adjunct, disjunct, dan conjunct dalam bahasa Inggris!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Adverbials secara umum didefinisikan sebagai kata keterangan yang memberi informasi tambahan terhadap kata kerja. Di luar itu, pengertian adverbials merujuk pada kata, frasa, atau klausa yang berfungsi sebagai keterangan dalam sebuah kalimat. Kamu mungkin pernah menjumpai posisi adverbials dalam sebuah kalimat berbeda-beda. Sejalan dengan hal itu, penggunaan adverbials dalam sebuah kalimat juga tidak selalu sama. Kamu dapat membedakan adverbials ke dalam tiga kategori, yakni: adjunct, disjunct, dan conjunct.

Adjunct

Adverbials dikatakan sebagai adjunct bila letaknya berada dalam satu kesatuan pada sebuah kalimat. Kamu juga dapat mengenali adverbials tertentu sebagai adjunct dengan melihat apa yang diterangkan. Jika adverbials yang digunakan menerangkan subjek, kata kerja, atau objek pada suatu kalimat, maka itu termasuk adjunct. Beberapa adverbials yang merupakan adjunct beserta fungsinya, diantaranya :

  • Menerangkan waktu : on Sunday, at 4 p.m., during the rainy season, dan sebagainya

  • Menerangkan frekuensi waktu : always, usually, rarely, dan sebagainya

  • Menerangkan tempat/arah : in the market, to the north, in front of the school, near the river, dan sebagainya

  • Menerangkan alasan/tujuan : due to the delay, for breakfast, dan sebagainya

  • Menerangkan cara : by bus, carefully, patiently, dan sebagainya

  • Ada pula beberapa adjunct lainnya, seperti : very, really, fully, just, only, dan sebagainya

Contoh :

  • Tom met Clara in front of the school. (Tom bertemu Clara di depan sekolah.)

  • She always wears a t-shirt. (Dia selalu memakai kaos.)

  • My grandmother is going to the downtown by bus. (Nenekku pergi ke pusat kota naik bus.)

Disjunct

Disjunct adalah adverbials yang mana letak keterangannya terpisah dari sebuah kalimat. Pasalnya, disjunct memiliki fungsi untuk menunjukkan sikap atau pendapat seseorang terhadap kalimat yang diungkapkan. Disjunct terdiri dari : frankly, fortunately, unfortunately, in my opinion, dan sebagainya.

Contoh :

  • Frankly, I'm allergic to ca. (Terus terang, saya seorang akrofobia.)

  • Fortunately, you were'nt hurt. (Untungnya, kamu tidak terluka.)

  • In my opinion, her appearance was perfect. (Menurut saya, penampilannya sangat sempurna.)

Conjunct

Conjunct merupakan adverbials yang berfungsi menghubungkan dua gagasan yang saling berkaitan. Oleh karena itu, conjunct biasanya terletak di awal klausa atau kalimat untuk menunjukkan adanya keterhubungan dengan klausa atau kalimat sebelumnya. Terdapat tiga macam conjunct yang biasa digunakan sebagai keterangan peghubung :

  • Coordinate conjunction : and, or, but, yet, for, nor, so

  • Conjunctive adverb : therefore, as a result, furthermore, moreover, however, nevertheless

  • Correlative conjunction : both...and, not only...but also, either...or, neither...nor

Contoh :

  • My little brother studied very hard for the final exam, so he got an A. (Adik laki-lakiku belajar sangat keras untuk ujian akhir, jadi dia mendapat nilai A.)

  • She wasn’t feeling good. However, she went to school. (Dia merasa kurang enak badan. Namun, dia berangkat ke sekolah.)

  • Tiffany is not only smart but also kind. (Tiffany tidak hanya pintar tetapi juga baik.)

Meskipun terkadang belajar grammar dalam bahasa Inggris terasa melelahkan dan membosankan, tapi kamu tidak boleh melewatkannya begitu saja. Kamu bisa menemukan cara belajar bahasa Inggris yang seru di EF! Di sini, kamu akan belajar dengan guru yang profesional, kurikulum yang terdepan, dan lingkungan yang suportif, sehingga mendukung kemampuan bahasa Inggrismu agar semakin berkembang.

Kami memiliki penawaran spesial khusus buat kamu. Hanya mulai dari 1 juta-an saja, kamu akan merasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan!

Dapatkan vouchernya dengan menekan tombol pink yang ada di bagian bawah layar gawaimu!

Kami tunggu di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben