Menu
cara menjaga lingkungan
News and Lifestyle

8 Cara Melestarikan Laut yang Bisa Kamu Lakukan

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.03

Melestarikan laut berarti telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. Banyak habitat dan spesies di laut yang hidup disana seperti berbagai macam jenis ikan, terumbu karang, cumi-cumi, udang, ubur-ubur dan masih banyak yang lainnya. Jadi apa kamu sudah coba melestarikan laut sebelumnya?

Lautan adalah ekosistem yang paling besar di bumi. Ekosistem di laut yaitu sebesar 71% dibandingkan dengan ekosistem daratan yang hanya 31%. Laut berfungsi untuk mengatur kadar suhu di bumi, karena laut dapat membawa suhu panas dari daerah khatulistiwa ke daerah kutub dan begitu pula sebaliknya. Apabila kita menjaga lingkungan dan laut dengan baik, maka suhu di semua wilayah akan stabil.

Nah, kalau kalian bingung harus mulai dari mana untuk meletarikan laut. Berikut ini ada 8 cara melestarikan laut yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Pahami baik-baik ya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Menghemat Air

hemat air

Gunakan lebih sedikit air sehingga nantinya tidak akan menyebabkan kelebihan limbah air yang kotor. Limbah air kotor dapat mengancam ekosistem laut, jika air kotor ini mengalir ke laut. Banyak dari kita tidak menyadari hal ini tetapi cara ini sangat penting untuk dilakukan. Kita perlu mengendalikan konsumsi air agar tidak berlebih, sehingga air kotor yang terbuang ke laut semakin berkurang.

2. Mengurangi Pemakaian Limbah Cair

limbah cair

Ketika menggunakan produk kimia, limbah cair usai penggunaannya akan terbuang ke laut.  Limbah ini dapat mengancam apabila mengandung zat kimia berbahaya. Maka dari itu, kita perlu membantu kelestarian laut dengan mengurangi penggunaan zat kimia beracun dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan produk yang bebas dari racun berbahaya dan buanglah limbah kimia dengan benar agar tidak mencemari laut.

3. Mendaur Ulang Sampah

daur ulang sampah

Laut sering menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Ini terjadi karena sampah di bumi sudah semakin menumpuk sehingga banyak orang memilih membuangnya ke laut. Padahal, tindakan itu sangat merusak dan mengancam kehidupan bawah laut. Usahakan memilah sampah dengan menyisihkan produk-produk tertentu yang dapat didaur ulang supaya jumlah sampah tidak menumpuk.

4. Mengurangi Penggunaan Plastik

sampah plastik

Laut di bumi saat ini sudah cukup tercemar karena banyaknya sampah plastik. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak menambahnya dengan mengurangi penggunaan plastik. Misalnya, jika kita ingin berbelanja kita bisa mengganti penggunaan plastik dengan tas ramah lingkungan untuk menaruh barang-barang belanja. Selain itu, kita bisa mengganti bahan plastik yang biasa digunakan untuk kemasan produk dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

5. Mengurangi Polusi Udara

polusi udara

Polusi udara yang mengakibatkan pemanasan global membuat suhu bumi meningkat, termasuk suhu pada permukaan laut. Akibatnya, hewan-hewan dan tanaman-tanaman laut bisa mati karena perubahan suhu yang ekstrim. Kita dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menghasilkan gas karbon. Sebagai gantinya, gunakan transportasi umum yang tersedia, berjalan kaki, atau bersepeda.

6. Mengurangi Penggunaan Energi

hemat energi

Penggunaan energi seperti listrik dan bahan bakar fosil dapat berdampak bagi ekosistem laut. Kelebihan energi yang digunakan dapat menyebabkan hujan asam, sehingga bisa merusak laut. Oleh karenanya, kita sebaiknya mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu di siang hari dan mencabut alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Kita juga bisa mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

7. Tidak Sembarangan Memancing Hewan Laut

memancing

Banyak hewan laut memang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Namun, perlu diingat bahwa tidak semuanya adalah hewan yang bisa kita ambil seenaknya. Ada hewan-hewan laut yang harus dilindungi dan dibiarkan hidup di habitatnya. Kita bisa membantu kelestarian laut dengan membiarkan hewan laut tetap berada di ekosistemnya dan hanya mengonsumsi hewan laut hasil tangkapan para nelayan.

8. Menjaga Kelestarian Habitat Laut

hewan laut

Laut adalah habitat bagi banyak hewan air di bumi. Sebagai sesama makhluk hidup, kita seharusnya menghargai habitat laut sebagai tempat tinggal hewan-hewan di bawahnya. Kita dapat melestarikan habitat laut dengan menjaganya secara hati hati dan tidak menggunakan bahan berbahaya ke laut, seperti bahan peledak atau zat kimia berbahaya.

Setelah mengetahui cara-cara merawat laut, kamu bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu melestarikan laut. Laut adalah ekosistem penting yang perlu dijaga keseimbangan alamnya, oleh karenanya sebaiknya kamu juga harus aktif merawat laut.

Nah, materi-materi seperti merawat laut juga bisa kamu pelajari di EF loh! Sambil belajar bahasa Inggris, kamu bisa menambah wawasan dengan mempelajari tentang lingkungan sekitar.  Kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru sambil belajar bahasa Inggris di EF.

Kebetulan sekali EF sedang ada promo spesial yang bisa kamu dapatkan di bulan ini. Segera daftarkan dirimu dan bergabunglah dengan tempat belajar yang super nyaman.

Jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Yuk lancar berbahasa Inggris bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben